10 Strategi Efektif untuk Sukses dalam Ujian Speaking IELTS

233

Kampung Inggris Bandung – Ujian Speaking IELTS, bagian yang tak bisa diabaikan dari keseluruhan tes IELTS, kerap menjadi sumber kegelisahan bagi banyak calon peserta. Walaupun disusun dalam format wawancara, ujian ini dapat memicu kecemasan pada sejumlah individu. Akan tetapi, dengan persiapan yang matang dan pendekatan yang tepat, Anda mampu menghadapinya dengan penuh keyakinan. Berikut beberapa panduan yang akan memandu Anda menuju penampilan optimal dalam tes Speaking IELTS:

 

1. Berkolaborasi dengan Rekan Belajar yang Berkualitas

Sebelum menjalani ujian Speaking IELTS, penting untuk berlatih dengan seseorang yang memiliki kefasihan berbahasa Inggris. Pilihlah teman atau rekan belajar yang memiliki keterampilan bahasa Inggris di tingkat lebih tinggi dari Anda. Kegiatan latihan ini akan membantu mengasah kemampuan berbicara serta meningkatkan kelancaran berbicara dalam bahasa Inggris. Tetapi, pastikan bahwa pasangan latihan Anda memiliki kemampuan yang tidak terlalu jauh di atas Anda, agar Anda tetap terdorong untuk berupaya lebih dan mempertahankan rasa percaya diri.

 

2. Menjadi Narator dalam Wawancara

Walaupun ujian Speaking IELTS terasa seperti percakapan antara Anda dan penguji, sebenarnya Anda berperan sebagai narator. Anda memiliki tugas untuk menjelaskan dan mengembangkan jawaban Anda dengan mendalam. Penguji hadir untuk mendengarkan jawaban Anda dengan seksama. Oleh karena itu, pandanglah diri Anda sebagai pengisah cerita atau penyampai informasi dengan jelas dan padat.

 

3. Menyikapi Pertanyaan dengan Cermat

Ketika dihadapkan pada pertanyaan dalam ujian Speaking IELTS, hindari memberikan respons dalam bentuk kalimat yang terlalu singkat. Alih-alih, kembangkan jawaban Anda dengan menggunakan struktur tata bahasa yang lebih kompleks. Manfaatkan klausa kondisional atau klausa waktu untuk menjaga alur berbicara Anda tetap terarah. Walaupun mungkin terdapat beberapa kekeliruan dalam pemilihan kata, penggunaan tata bahasa yang lebih kompleks akan meninggalkan kesan lebih kuat daripada kalimat yang sederhana dan terbatas.

 

4. Berbicara Seperti Anda Sedang Bercerita

Meskipun dianjurkan untuk berbicara berdasarkan pengalaman pribadi, Anda tidak terikat untuk hanya merujuk pada kisah nyata. Yang penting adalah Anda mampu menjalin narasi dengan bahasa yang efektif dan benar. Bangunlah cerita menarik dengan pilihan kosakata dan tata bahasa yang tepat.

 

5. Pengetahuan tentang Topik Bukanlah Faktor Tersier

Salah satu tantangan dalam ujian Speaking IELTS adalah tidak adanya informasi terkait topik pertanyaan sebelumnya. Walaupun Anda dapat mempersiapkan topik umum, kemungkinan Anda dihadapkan pada pertanyaan yang tak terduga. Penting diingat bahwa penguji lebih tertarik pada bagaimana Anda merespons daripada sejauh mana pengetahuan Anda tentang topik tersebut. Keterampilan Anda dalam mengembangkan jawaban menjadi lebih diutamakan daripada kedalaman pengetahuan tentang topik yang mungkin terbatas.

 

6. Aplikasikan Bahasa yang Lebih Kompleks

Manfaatkan kosakata tingkat lanjut dalam respons Anda. Penggunaan kata benda abstrak serta ide-ide kompleks akan meningkatkan peluang Anda meraih skor tinggi dalam ujian ini. Pemakaian bahasa yang lebih kompleks akan mencerminkan keterampilan berbahasa yang lebih tinggi di mata penguji.

 

7. Rencanakan dengan Matang sebelum Berbicara

Sama halnya seperti dalam wawancara pekerjaan, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu beberapa detik sebelum merespons pertanyaan. Praktik ini membantu Anda menyusun pikiran dengan lebih baik dan menghasilkan jawaban yang lebih terstruktur. Jika Anda merasa ragu karena keheningan, sampaikan pada penguji bahwa Anda perlu waktu beberapa saat untuk merumuskan jawaban.

 

8. Intonasikan dengan Benar, Pertahankan Nada yang Tepat, dan Sertakan Emosi

Cara Anda menyampaikan jawaban memiliki dampak besar. Hindari penggunaan nada yang monoton, karena dapat mengurangi kesan yang Anda tinggalkan pada penguji. Cobalah untuk mengungkapkan diri dengan berbagai variasi intonasi serta ekspresi emosi. Tindakan ini akan membantu Anda menjaga keselarasan dalam presentasi dan menanamkan kesan yang positif secara keseluruhan.

Baca juga Tips Belajar IELTS untuk Pemula Lengkap dan Detail

9. Peluklah Keyakinan Diri

Meskipun ujian Speaking IELTS dapat memicu perasaan tegang, selalu ingatlah bahwa hal ini wajar terjadi. Pertahankan rasa keyakinan diri meskipun kecemasan menghampiri. Kesannya sangat berarti dalam membangun hubungan dengan penguji. Keyakinan diri dapat tercermin dari penampilan fisik yang rapi, senyuman, serta jabatan tangan yang mantap.

 

10 Ikuti Kelas Persiapan IELTS

Pastikan Anda telah melakukan persiapan yang memadai sebelum menjalani ujian Speaking IELTS. Terlepas dari tingkat kemahiran berbahasa Inggris Anda, mengikuti kelas persiapan intensif akan meningkatkan peluang Anda meraih hasil yang memuaskan dalam ujian ini.

Dengan menerapkan panduan di atas, Anda akan lebih siap dan yakin saat menghadapi ujian Speaking IELTS. Ingatlah bahwa ini adalah kesempatan untuk menunjukkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris, dan Anda memiliki potensi untuk mencapai prestasi gemilang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here