4 Tips Yang Membuat Kamu Berani Berkarya Seperti Raditya Dika

0
866
profilpedia.com

Siapa sih yang gak kenal dengan sosok fenomenal yang satu ini, ya! dia adala Raditya dika yang merupakan salah satu sosok besar dalam jagat industri kreatif dan juga dunia hiburan di tanah air, beberapa Buku nya best seller, film nya terkenal dan bahkan beberapa film layar lebar nya tayang dua kali dalam setahun, followers di Twitter& instagram dan subscribder nya di medsos? Jutaan, !karna sosok yang satu ini multitalenta, mulai dari penulis, actor, komika, sutradara semua nya berakhir dengan kesuksesan, kren dan menginsprasi kan guys!

Dari berbagai  kesuksesan Raditya dika yang sudah dijabarkan diatas itu apa sih hal yang membuat raditya dika bisa berkembang  begitu pesat dari kreatifitas dan menghasilkan karir yang begitu gemilang dan juga kemampuanya  bisa disegala bidang seperti itu?temen-temen pasti sangat penasaran dan ingin tahu apa sih kiat-kiat yang harus dilakukan  hinga karya nya sampai diakui dan diapresiasi sangat baik oleh banyak orang?berikut tips yang kamu bisa pelajari dan kamu ikuti dari Raditya Dika!.

  1. Follow Your Passion

Kerjakanlah apa yang menjadi passion kamu, kalo kamu belum menemukan apa passion yang kamu miliki janganlah letih mencari, karna passion justru muncul dari hal yang tidak terduga dan menjadi sesuatu yang biasa, biasanya passion itu muncul dari hal kecil yang tanpa disadari muncul dari dalam benakmu, tanpa terasa tapi apa yan kamu lakukan itu membuatmu nyaman bahkan dalam keadaan tertekan sekalipun passion yang kamu miliki akan membanu.

kamu semua pasti tidak menyangka kalau raditya dika sudah menulis sejak dirinya masih duduk di bangku SMP, dan kebetulan juga dia juga memiliki teman sebangku yang juga suka menulis, itulah yang kemudian membuat raditya dika yakin kalau passion nya memang menulis, hingga cerpen pertama nya dimuat di majalah gadis yang berjudul “pesawat manisku”, ya sesuatu yang mungkin sekarang sangat jarang dilakukan oleh kawula muda, yang kurang egitu mengejar passion sejak kecil

Kemudian kerjakan apa yang kamu cintai yang kemudian kamu bisa hidup dari apa yang kamu kerjakan, cintailah pekerjaan kamu layaknya kamu mencintai pacar kamu sehingga kamu bisa mencintai diri kamu sendiri begitu katanya.

  1. Jadikanlah sebuah Kegelisahan Sebagai Inspirasi

setiap orang pasti mempunyai sebuah kegelisahan dalam menghadapi persoalan hidupnya, sebuah kegelisahan tidaklah melululu persoalan rumit ataupun besar, Tuangkan apa yang menjadi kegelisahanmu dan jadikanlah itu sebagai sebuah karya, hampir semua karya besar berasal dari rasa gelisah sang empu nya, contoh nya novel laskar pelangi  yang tercipta karna rasa gelisah andrea Hirata tentang pendidikan yang tidak merata, Avatar berawal dari james Cameron yang gelisah akan kolonialisasi, dan Malam minggu miko adalah karya yang di hasilkan karna seorang raditya dika yag tidak tahu malam minggu harus kemana karena menjomblo

Menurut Raditya Dika kegelisahan dapat dikategorikan ke dala m beberapa lapisan.

  1. Inner self, kegelisahan di dalam diri sendiri. Hal ini mencakup beberapa  karakter dan sifat di dalam diri kamu sendiri. Contoh: kamu itu orangnya pemalu, tapi kamu ingin bisa berani tampil di depan umum.

2. Outer self,  kegelisahan yang berasal dari luar diri. Biasanya kaitanya dengan bentuk fisik bahkan tampilan luar. Contoh: kamu gelisah karena hidung kamu mancung, sehingga selalu diejek.

3. The World Within. Kegelisahan yang ada di lingkungan sekitar . Contoh: Saya bingung kenapa sih setiap saya ditilang polisi, saya harus membayar ratusan ribu tapi bisa juga damai dengan lima puluh ribu bahkan kurang.

  1. Moments of Doubt

Momen penuh keraguan pasti setiap orang pernah memiliki masa nya, begitu juga dengan Raditya Dika, banyak juga yang mencibir karya nya. Bahkan pada awal-awal karirnya, talkshow buku kambing jantan pertamanya hanya dihadiri oleh tiga orang, dan semuanya anak SMP. Dan Talkshow keduanya juga hanya dihadiri 4 orang. “tiga orang anak SMP, dansatu lagi nyokap gue ujarnya, haha”.

Ujian itu pasti datang silih berganti, tinggal bagaimana kita saja menyikapinya.Cara untuk menghadapi sebuah Moments of Doubt yaitu  ada dua;

(1) Menurut radit kita tidak bisa membuat puas semua orang. Maka berhentilah untuk mengejar kepuasan semua orang, fokuslah pada kreativitas yang kita mliki untuk memberikan yang super terbaik kepada orang-orang yang benar-benar peduli pada kita

(2) Menurut Radit juga, kuncinya adalah kita harus mendasari karya kita itu dengan passion.  Yang kita miliki, Asalkan mencintai apa yang kita kerjakan dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya respon orang lain bukanlah menjadi penentu untuk berhenti atau jalan terus dengan passion yang dimiliki itu membuat kamu tidak akan pernah lagu lagi akan cemoohan orang dalam menilai karya kita.

  1. Bebaskan Dirimu Dari semua Rasa Takut

Kita harus membebaskan diri dari rasa takut yang membelenggu, karna kita akan stuck dan tidak akan menghasilkan karya apapun, kita akan menjadi katak dalam tempurung rasa takut yang terus menerus menghantui,. The First Draft is always crap,bad. Script dari film Malam Minggu Miko ditulis hampir sampe 2-3 kali sebelum di diproduksi.

Lalu  Kita yang belum menjadi sesuatu apalagi, jadi bebaskan dirimu dari rasa ketakutan berkarya yang hasilnya jelek. Teruslah untuk berkarya dan kitapun akan tumbuh dengan sendirinya, tidak ada sukses tanpa gagal..

Salam kreatif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here