5 Cara Ampuh Lanjut Kuliah S2 Tanpa Membobol Tabungan Orangtua!

1
783
Sumber Gambar : manchesterstudentsunion.com

1.  Beasiswa dari pemerintah atau swasta.

Dengan keinginan kamu yang kuat untuk melanjutkan studi S2, kamu bisa mencari beasiswa baik beasiswa yang disediakan pemerintah, baik beasiswa LPDP atau DIKTI, maupun beasiswa yang disediakan oleh pihak swasta, ataupun Sponsor penyelenggara beasiswa lain nya, memang meskipun sulit ada baik nya kamu mencoba, karena ini merupakan salah satu cara kamu bisa melanjutkan studi tanpa membobol uang orang tua.

Kamu bisa mencari berbagai info beasiswa terkait melalui website, biasa nya dari pihak penyelenggara akan mempublikasikan beasiswa yang ditawarkan melalui website nya, atau untuk kamu pencari beasiswa melalui sponsor/swasta bisa juga membuka website nya seperti beasiswa yang disediakan oleh Pt.Djarum Dll.

2. Cari beasiswa dari negara luar, banyak negara yang memberikan beasiswa penuh.

Selain Beasiswa yang disediakan oleh pihak swasta maupun pemerintah kamu pun bisa apply beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai Negara, biasa nya kampus-kampus di berbagai Negara menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional yang berprestasi, contohnya beasiswa Erasmus, beberapa Negara maju di eropa memiliki dana yang ditujukan untuk pelajar khususnya Internasional untuk melanjutkan pendidikan tanpa biaya sepeserpun, bisa di coba nih guys.

3. Ikut program riset yang diadakan oleh dosen.

Kamu bisa mengikuti Program Riset dari dosen pengajarmu, dan ini bisa menjadi keuntungan sendiri buatmu, karena biasa nya beasiswa akan mencari orang yang sudah mempunyai publikasi karya ilmiah, dengan mengikuti riset dosen kamu memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa melaluinya, dan dengan mengikuti riset dosen tentu nya membuat kamu bisa menghemat.

4. Mengambil pinjaman dari bank dengan jangka waktu tertentu dan bunga yang rendah.

Kamu pernah mendengar kisah dari Merry riana? Dia pada dulu nya menghidupi semua kebutuhan hidup mulai dari makan sampai kuliah dengan mengandalkan pinjaman dari Negara singapura yang kemudian berhasil Merry Riana Bayar setelah dia lulus dan bekerja,kisah inspiratif Merry Riana Bisa saja kamu coba loh guys.

Pinjaman dari bank dengan bunga yang rendah bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin melanjutkan studi tanpa merepotkan orang tua, tapi inget satu hal ya guys, kamu harus bersungguh-sungguh dalam menjalankan perkuliahan, dan kamu pun harus mentargetkan mendapatkan pekerjaan dengan fee yang lumayan besar, jadikan pinjaman dari bank ini sebagai motivator Untukmu!

5. Cari pekerjaan yang memberikan beasiswa untuk melanjutkan studi.

Kuliah sambil Bekerja bukanlah satu-satunya solusi, bahkan kamu setelah menamatkan jenjang sarjana kamu bisa bekerja terlebih dahulu, dan pastikan kamu sudah bekerja di sebuah perusahaan besar yang memiliki nama besar dan memperhatikan karyawan nya.

Kamu bisa mengambil keuntungan dari sini, karna peluang kamu untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 terbuka sangat lebar, banyak kok guys perusahaan besar yang rela menggelontorkan dana besar demi membiayai studi karyawan nya, jadi cara mana yang bakal kamu pilih untuk melanjutkan studi tanpa membebani orang tua guys??

1 COMMENT

  1. Poin 4 ini sebenarnya out of the box dan penuh resiko karena pendidikan itu bisa jadi konsumer tapi bisa juga produktif. Karena setelah lulus belum tentu dapat langsung kerja dan artinya lebih sulit mengembalikan pinjaman. Namun, bisa juga setelah lulus s2 jenjang karir meningkat (kalau sudah bekerja), alhasil penghasilan meningkat dan lebih mudah mengembalikan pinjaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here