5 Hal Kecil Mendasar Yang Harus Diperhatikan Saat Seleksi Beasiswa LPDP

0
756
via aeymanusia.wordpress.com

Siapa sih yang tidak tahu Beasiswa LPDP? Beasiswa yang memiliki gengsi tinggi  dari pemerintah Indonesia Ini jumah nya setiap tahun makin meningkat, beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 yang menawarkan mu baik itu sekolah dalam negeri maupun luar Negeri ini memang salah satu favorit bagi mereka para sarjana, dan kamu mungkin salah satu yang masih berjuang untuk mendapatkan Beasiswa ini.

Banyak yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan beasiswa ini untung-untungan karena walaupun kamu Pintar dan memiliki kepribadian unggul pun tidak cukup untuk lolos beasiswa ini, karena hampir semua yang apply beasiswa ini memiliki kualitas yang hampi sama, Nasib memnag sangat berperan sangat penting tapi bukan yang jadi utama.!

Karna yang paling utama adalah saat kamu mempersiapkan sebaik mungkin bahkan kamu harus mempersiapkan sesempurna mungkin, anggaplah ini sebuah pertandingan yang harus kamu menangkan dan bukan hanya pasrah, bukakah doa bisa terkabul kalau kita berusaha dengan keras?berikut hal kecil yang mungkin membantu mu untuk lolos LPDP.

  1. Kamu harus mempelajari Visi LPDP!

LPDP memiliki Visi “Menjadi lembaga pengelola dana terbaik di tingkat regional untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.”

Pada inti nya kemanapun kamu pergi dan kemanapun kamu melangkah kamu harus tahu tujuanya, begitu juga dengan LPDP, kamu ingin mendaftar beasiswa ini tapi kamu tidak tahu tujuan dari Program ini, kamu jangan sampai mengabaikan visi misi yang menjadi Patokan LPDP bukan hanya jarus hafal loh guys, tapi kamu harus meresapi dan harus bisa berkontribusi nyata kamu harus menjadi kriteria yang sesuai untuk terpilih sebagai awardee dari LPDP lalu sesuaikah tujuan kamu dengan Visi untuk melanjutkan pendidikan melalui LPDP??.

  1. Jangan sampai meremehkan pengisian data

Mengisi form pendaftaran Online mungkin terlihat sangat sepele, padahal apa yang kamu input akan dinilai secara Utuh, saat mengisi pengalaman Organisasi misalkan, sebutkan secara mendetail, dan kepanitian yang kamu ikuti jelaskan secara detail, jual dirimu semenarik mungkin di proses ini, pastikan juga tidak Typo dan lakukan sesempurna mungkin sejak awal tahapan.

  1. Essai Beasiswa Buatanmu harus Niatkan untuk di Buatkan sebaik mungkin.

Ada dua Tema esai yang harus kamu buat, yaitu Rencana studi yang akan kamu canangkan, dan Peranku Untuk Indonesia, Selain Itu juga kamu akan diminta Untuk mengisi Esai On the Spot mengenai Tema tertentu yang sudah disiapkan oleh pihak panitia LPDP.

Rencana Studi yang kamu tulis harus jelas dan tidak mengambang yang akan mengurangi poin penilaian,  dan rencana penelitian mu juga harus signifikan dengan keadaan yang sedang Indonesia butuhkan dewasa ini, yang kamu tulis ga perlu muluk-muluk kok guys, cukup kongket dan masuk akal.

  1. Prestasi akademismu tidak cukup guys, pengalaman publikasi dan Kepedulian sosialmu akan membuat Bobotmu Kurang

Pengalaman publikasimu menjadi salah satu poin terpenting yang dinilai dalam seleksi LPDP, sebaik nya untuk kamu yang saat ini belum lulus sebaik nya kamu mulai berusaha memperbanyak publikasimu khusus nya di bidang ilmiah,  karena semua aspek yang disebutkan diatas sangat penting untuk menambah bobot Poin mu, jadi sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar LPDP  sebaik nya kamu aktif di berbagai organisasi dan kegiatan social misalnya menjadi relawan atau organisasi social lainya.

  1. Tidak meyakinkan saat LGD dan sesi wawancara juga menjadi alas an utama Kamu gagal.

Banyak dari calon Awardee LPDP gagal di tahapan ini, wawancara memang keliatan nya sangat mudah, tetapi ingat tahapan wawancara tidak seperti apa yang kamu bayangkan kebanyakan, pewawancara pada tahapan ini terdiri dari akademisi professional di bidang nya dan juga Psikolog.

Jika kamu terlihat kurang meyakinkan di mata Interviewer, saat wawancara berlangsung itu juga sudah menjadi lampu merah untuk mu guys, sang psikolog menilai mu dari kegugupan mu, dan beberapa kepribadian dari jawaban mu yang bertele-tele atau lugas dalam menjawab, kamu tidak perlu menutupi kekurangan kok kamu hanya perlu mengurangi rasa gugup.

Dan di tahapam LGD atau Leaderless Group Discussion kamu juga harus pintar menempatkan diri, jangan terlalu mendominasi ataupun menjadi pihak yang di dominasi, buatlah diskusi berjalan seimbang bagi semua pihak dan terkesan lebih Smooth.

Perjuangan untuk menggapai beasiswa dalam semua beasiswa yang ditawarkan selain LPDP memang sangat berat dan tidak mudah, jangan anggap remeh semua persyaratan dan berikan yang ekstra terbaik dari setiap tahapan nya, semangat berjuang ya guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here