5 Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Untuk Menjadi Mahasiswa Baru

0
152
kudo.co.id

Apabila kamu sudah memutuskan untuk menjadi mahasiswa dan siap masuk pada salah satu perguruan tinggi yang sangat kamu inginkan, maka kamu harus menyimak 5 hal penting yang membuat langkah kamu makin siap untuk hidup dalam lingkungan kampus yang sedikit berbeda dengan kehidupan diwaktu masih SMA atau SMK yang mungkin penuh dengan kebahagiaan dan tentunya kesenangan yang mungkin akan kamu dambakan kembali.

1. Manajemen Waktu

Kamu harus mulai mengatur waktu dengan sangat baik pada seluruh aktifitas termasuk tidur, karena kehidupan kampus akan membuat kamu harus sibuk dengan tugas, makalah, laporan dan presentasi yang datang dari berbagai dosen di kampus yang membuat kamu terkadang tidak bisa tidur 1 atau 2 hari. Disiplin dalam menerapkan menajemen waktu dalam keseharian selama menjadi mahasiswa sangat penting agar semua tugas kuliah dapat terselesaikan dengan maksimal dan lulus dengan tepat waktu.

2. Belajar menghemat

Jika kamu di waktu SMA XII atau SMK XII masih cenderung boros dalam segi keuangan makan kamu harus mulai belajar berhemat di masa kuliah. Salah satu contoh yang mungkin kamu lakukan di masa SMA adalah sering membeli hp atau tablet yang baru dan selalu ingin gadget yang terbaru. Segera rubah pola tersebut karena karena dalam perkuliahan kamu akan belanja berbagai macam buku yang harganya juga cukup luar biasa mahal dan jauh berbeda dengan novel yang mungkin bisa anda beli dengan harga kurang dari 100 ribu.

3. Hilangkan Kebiasaan Mencontek

Jika semasa sekolah kamu sering dan sangat suka mencontek dalam mengerjakan tugas atau istilahnya copy paste sebaiknya kamu harus mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut. Mulailah belajar dengan baik dan membuat sesuatu tanpa mengedit, mencontek atau memanipulasi tugas teman kamu karna kehidupan di kampus tidak menerima unsur plagiasi atau mencontek hasil karya orang lain.

4. Mental

Jika kamu bertekad penuh menjadi mahasiswa maka mental dalam diri yang masih mental SMA  harus mulai dirubah dan siapkan dengan sangat baik untuk menyambut kehidupan kampus yang menuntut untuk bisa berorganisasi dan menyelesaikan tugas dari dosen yang bahkan tersemat kata “Dosen Killer” yang membuat mahasiswa kadang kepayahan meladeni dosen tersebut yang biasanya memberi tugas sulit atau bahkan terkenal galak dan juga suka menghukum mahasiswa dengan tugas yang membuat hati kebanyakan mahasiswa sangat kesal dengan ulahnya.

5. Percaya Diri

Hilangkan sifat pemalu dalam diri kamu, lawan sifat pemalu tersebut. Ingat jika orang pemalu tidak akan memiliki jaringan yang luas dalam artian teman yang banyak. Di dunia kampus akan lebih mengenal banyak orang sehingga jaringan teman yang kamu miliki pun semakin luas dan memungkinkan untuk masuk dunia kerja sangat mudah karena jaringan yang kamu miliki. Ikuti lah semua kegiatan yang ada di kampus namun jangan pernah bolos kuliah dan tidak mengerjakan tugas kuliah.

Nah, bagi kamu calon mahasiswa semoga tulisan ini bisa membantu untuk kelancaran studi kamu dan tetap semangat melanjutkan studi. Kejarlah cita-citamu jangan pantang menyerah.

 

Source: indbeasiswa.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here