5 Kata Bahasa Inggris yang Serupa Tapi Tak Sama

0
100

Seperti yang kita tahu, di dalam bahasa indonesia terdapat beberapa kosa kata yang sama namun memiliki arti yang berbeda. Hal ini tak hanya terjadi di bahasa indonesia. Bahasa inggris pun memiliki banyak kosa kata yang serupa namun berbeda arti. Di bawah ini kita akan membahas 5 kata bahasa inggris yang serupa tapi tak sama.

1. Date
Kata yang satu ini mungkin tidak asing untuk kamu. Tapi kamu sadar ga sih kalo kata ini memiliki beberapa makna? ‘Date’ bisa berarti tanggal, bisa juga kencan, dan juga kurma.

Example:
What’s the date today?
Tanggal berapa sekarang?
She is on a date with his boyfriend right now.
Dia sedang berkencan dengan pacarnya.
Dates is a a sweet fruit.
Kurma adalah buah yang manis.

2. Watch
Kata yang satu ini mempunyai makna yang berbeda sesuai dengan posisi kata tersebut, entah sebagai verb (kata kerja) atau sebagai noun (kata benda). Jika ‘watch’ sebagai posisi verb (kata kerja) maka maknanya ‘menonton’. Namun apabila ‘watch’ berposisi noun (Kata benda) maka memiliki makna ‘jam’.

Example:
I watch the badminton cup on my television.
Saya menonton pertandingan bulu tangkis di TV saya.
I bought a new watch yesterday.
Saya membeli jam baru kemarin.

3. Second
Sama seperti watch, kata yang satu ini juga memiliki makna yang berbeda sesuai dengan posisinya. Apabila kata ‘second’ sebagai adjective (kata sifat) dan adverb (kata keterangan), maka kata ini memiliki makna ‘kedua’. Namun apabila posisinya sebagai noun (kata kerja) maka kata ‘second’ memiliki makna ‘detik’.

Example:
– One minute consists of 60 seconds.
Satu menit terdiri dari 60 detik.
– I need a second chance to change everything.
Aku membutuhkan kesempatan kedua untuk merubah semuanya.

4. Right
Kata yang satu ini memiliki dua makna meski berada di posisi yang sama. Apabila kata ‘right’ ditemukan sebagai adjective (kata sifat), kamu harus perhatikan konteks kalimatnya untuk mengetahui makna mana yang dimaksud oleh kata yang satu ini. Di dalam posisi adjective (kata sifat), ‘right’ bisa bermakna ‘benar’ ataupun ‘kanan’.

Example:
– This is the right thing to do.
Ini hal yang benar untuk dilakukan.
– Turn on the right
Belok kanan.

5. Mine
Hati-hati dengan kata yang satu ini. Meski memiliki kepenulisan dan cara baca yang sama, namun artinya bisa berbeda jauh sesuai dengan posisi nya saat itu. Apabila kamu menemukan ‘mine’ sebagai pronoun (kata ganti) maka artinya ‘milikku’. Jika kamu menemukan ‘mine’ sebagai verb (kata kerja) artinya ‘menambang’. Sedangkan apabila kamu menemukan ‘mine’ sebagai noun (kata benda) maka artinya ‘ranjau’. Satu kata dalam tiga posisi maka akan menghasilkan makna yang berbeda-beda yaa.. Jangan sampai salah menggunakannya!

Example:
– This book is mine!
Buku ini adalah milikku!
– He came to the area to mine the coal.
Dia datang ke area itu untuk menambang batu bara
– Those people hit a mine in a military camp.
Orang-orang itu menginjak ranjau di kamp militer.

Nah.. itu dia tadi 5 kata bahasa inggris yang serupa namun tak sama. Gimana? Menarik ga sih? Coba kamu sebutkan kata-kata apalagi yang memiliki cara baca dan kepenulisan yang sama namun ternyata memiliki arti yang berbeda! Boleh sharing di kolom komen ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here