5 Museum di Bandung Ini membuatmu makin Pintar!

0
1910
gambar: museumgeologi.wordpress.com

Kota Bandung selain Terkenal dengan Kuliner dan Taman Tematik nya, juga memiliki Jumlah Museum yang Cukup lumayan banyak untuk menambah pengetahuan warga nya, museum yang berada di kota bandung tidak hanya didirikan oleh pemerintah, tetapi oleh swasta dan individu, dan bukan hanya museum yang bernilai sejarah atau kedaerahan saja tapi berbau seni dan dan kesenangan pun ada. Berikut Museum di Bandung yang seru dan bisa menambah wawasanmu

1. Museum Pendidikan Nasional

Museum Pendidikan Nasional UPI,via  upi.edu

Museum yang berada di Lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia ini buka pada selasa-minggu dengan tiket awal hanya sebesar Rp. 5000, museum yang memiiki lima lantai yang memiliki taman dan outdoor café pada lantai teratas nya ini memiliki ciri dan fasiitas masing-masing pada setiap lantai nya.

Dengan memiliki bangunan yang futuristic, kesan kuno pada museum pun tidak akan kamu temui di museum ini, Sesuai dengan namanya museum pendidikan ini merekam semua cerita tentang riwayat pendidikan di Indonesia dari zaman colonial hingga sekarang, lalu dengan Sejarah kampus UPI sejak diresmikan pada 1954 hingga proyeksi di masadepan.

2. Museum Geologi

gambar: museumgeologi.wordpress.com

gambar: museumgeologi.wordpress.com

nah kalau museum ini semua yang terkait dengan sejarah geologi maupun kebumian di Indonesia sejak zaman kolonial belanda sampai sekarang, museum yang sangat terkenal di jabar ini memiliki beberapa ruang khusus yaitu diantara nya, ruang sejarah kehidupan, ruang geologi Indonesia dan ruang sumber daya geologi

kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp.2500 Rp loh untuk memasuki museum ini, museum ini tidak hanya menampilkan geologi pulau-pulau yang ada di indonesia. Tetapi juga benda yang di hasilkan di dalam perut bumi seperti fosil Dinosaurus maupun Fosil manusia Purba yang berasal dari Indonesia.

3. Museum Konferensi Asia Afrika

gambar: id.indonesian-stuff.barlians.com

Kamu mungkin masih ingat pada 2015 lalu peringatan Konferensi Asia Afrika yang menginjak 60 tahun begitu ramai dan semarak, Museum ini  bertempat di gedung merdeka diabadikan menjadi museum KAA yang juga berada di lokasi yang sama yaitu jalan asia afrika bandung.

Dalam museum ini menyajikan  beberapa koleksi berupa benda dan foto documenter selama peristiwa Konferensi kolombo, konferensi Bogor sampai Konferensi Asia Afrika berlangsung, bukan hanya itu guys, dalam museum ini pun terdapat beberapa dokumentasi yang melatarbelakangi lahirnya konferensi Asia Afrika dan dampak Konferensi Asia Afrika bagi dunia internasional.

4. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga gambar: en.wikipedia.org

Museum Sri baduga yang diambil dari nama raja pakuan pajajaran berada tepat berhadapan dengan lingungan area monument bandung lautan api di jalan BKR nomor 185, museum ini berisi sejarah penduduk dan daerah bandung pada khusus nya dan masyarakat sunda pada Umum nya, dan juga memiliki koleksi barang-barang seni budaya di jawa barat.

Selain itu kamu pun akan diperkaya dengan wawasan tentang biologi, etnografi sampai arkeologi dan seni sunda di museum sri baduga ini, dan kalau kamu mengunjungi museum ini dapat juga menyaksikan pertunjukan wayang golek pada waktu yang sudah ditentukan.

5. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit, gambar: id.wikipedia.org

Museum yang Pada awalnya dibangun memiliki Fungsi sebagi markasi Divisi Siliwangi pertama di Bandung ini memiliki tujuan sebagai pengingat dan pewarisan dari semangat perjuangan 45 kepada generasi muda, museum ini beralamat di Jalan Lembong No. 38.

Museum mandala wangsit siliwangi ini memiliki koleksi yang terdiri dari beberapa benda bersejarah pada masa perjuangan merebut kemerdekaan, diantara nya ada senjata seperti keris, pedang, kujang, tombak, panah , samurai dan beberapa jenis senjata apidan dilengkapi lukisan dan diorama yang menggambarkan kejadian pada masa lalu.

Nah guys dijamin seru dan menambah wawasan deh , jadi sudah ada rencana untuk mengunjungi museum yang mana guys??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here