5 Pelajaran Dasar dalam Belajar Bahasa Inggris

389

Les Bahasa Inggris untuk Mahasiswa – Sebagai pemula yang ingin belajar mengenai bahasa inggris, pastinya kamu harus memulai pembelajaran yang dimulai dari hal dasar lebih dulu. Meskipun kamu punya cara untuk memulai belajar bahasa inggris tanpa dimulai dari dasar, maka akan sangat sulit bagi kamu untuk cepat menjadi mahir.

Maka cara terbaik untuk belajar bahasa inggris sebagai pemula adalah dimulai dari beberapa materi dasarnya. Nah melalui kesempatan kali ini, kita akan mencoba mengulas mengenai beberapa materi dasar yang penting untuk kamu pelajari sebagai pemula dalam belajar bahasa inggris.

 

5 Pelajaran Dasar dalam Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris sebagai seorang pemula sama halnya dengan menaiki anak tangga yang dimana kamu harus memulainya dari tangga yang paling bawah sampai akhirnya menyelesaikan tangga teratas untuk mencapai finish.

Setidaknya ada 5 materi dasar yang memang sangat perlu untuk kamu pelajari dalam belajar dalam bahasa inggris yaitu tenses, listening, Reading, Writing dan Grammar.

 

1. Pelajari Bentuk Kata (Tenses)

Tenses atau bentuk kata merupakan elemen yang menjadi dasar penting dalam belajar bahasa inggris. Tenses merupakan bentuk kata kerja dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk menunjukkan suatu kondisi waktu kejadian dan peristiwanya. Waktu yang dimaksud dalam hal ini adalah waktu yang menunjukkan masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Tenses ini sudah menjadi pelajaran yang paling dasar yang akan kamu pelajari dalam belajar bahasa inggris, maka tidak heran pada kursus atau sekolah bahasa inggris, tenses ini kerap menjadi materi pendahuluan. 

 

2. Mendengarkan (Listening)

Setelah berhasil menguasai 16% materi belajar bahasa inggris dari tenses, maka selanjutnya kamu perlu belajar mengenai materi listening. Listening atau mendengarkan ini merupakan salah satu skil berbahasa inggris yang penerapannya dilakukan dengan cara memperbanyak mendengarkan kosakata di dalam kalimat berbahasa inggris. 

Dengan mempelajari listening ini, maka secara perlahan kemampuan berbicara kamu akan ikut meningkat, dan kebiasaan tersebut akan menciptakan kemampuan kamu dalam meniru cara berbicara dalam berbahasa inggris.

 

3. Membaca (Reading)

Ketika materi listening sudah kamu pelajari, maka materi dasar lainnya yang perlu kamu pahami adalah reading atau membaca. Reading atau membaca ini akan memberikan kamu dua manfaat, dimana meningkatkan kemampuan menulis dan melatih kamu berbicara.

Penataan atau ejaan dari tiap kata yang kamu baca akan melatih pikiran kamu untuk mengingat dan mengenali penulisan kata yang benar dan tepat. Di sisi lain, membaca juga secara tidak langsung akan membuat kamu mengucap tiap kata atau kalimat yang kamu baca. Hanya saja, untuk menyempurnakan kemampuan berbicara kamu harus dibarengi dengan listening atau mendengarkan.

 

4. Menulis (Writing)

Melewati materi belajar listening dan reading, maka di materi writing ini, kamu akan mempraktekan pengetahuan yang secara tidak langsung kamu peroleh dari materi sebelumnya. menulis atau writing ini menjadi materi dasar yang juga sangatlah penting, karena ketika kamu memutuskan untuk mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat, kemampuan menulis dan mendengarkan menjadi dasar penentu keberhasilan kamu mengikuti tes.

Intinya, writing ini menjadi salah satu penerapan dari tiga skill yang sudah dijelaskan sebelumnya. Setelah memahami tenses dalam bahasa Inggris, mendengarkan kalimat-kalimat bahasa Inggris serta membaca kalimat berbahasa Inggris, selanjutnya adalah mempraktekannya ke dalam tulisan.

 

5. Berbicara (Speaking)

Sebagai materi final, kamu harus belajar tentang speaking atau berbicara. Berbicara ini dapat dikatakan sebagai bentuk praktek dari kemampuan kamu menguasai 4 materi dasar sebelumnya. pada tahapan ini, kamu dapat melibatkan orang lain untuk mendapatkan timbal balik dari pembicaraan yang kamu lakukan.

Apabila kamu masih merasa kurang percaya diri, kamu bisa melatih atau meniru cara bicara native speaker dengan Teknik Speech Shadowing. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek artikel sebelumnya yang berjudul Jago Bahasa Inggris dengan Teknik Speech Shadowing.

Setelah menguasai beberapa materi dasar tersebut, kamu bisa melanjutkan pembelajaran kamu dengan materi materi selanjutnya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Nah itulah beberapa materi dasar belajar bahasa inggris yang pastinya tidak boleh untuk kamu lewatkan saat belajar sebagai pemula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here