5 Penyebab Susah Mengikuti Belajar Kursus Bahasa Inggris

122

Kampung Inggris Bandung – Tidak dapat  dipungkiri jika ikut kursus bahasa inggris bukanlah hal yang bisa dikatakan sebagai satu hal yang mudah. Mengingat dari kecil kita sudah diajarkan menggunakan bahasa indoensia, maka ketika belajar bahasa inggrism semuanya akan dimulai dari hal hal dasar, sebagaimana ketika awal kita belajar bahasa dari ibu. Namun di sisi lain, terdapat beberapa hal yang bisa membuat kursus atau belajar bahasa inggris itu menjadi terasa lebih sulit dari pada umumnya.

 

5 Penyebab Susah Mengikuti Belajar Kursus Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris merupakan tantangan bagi banyak warga Indonesia yang sejak lahir menggunakan bahasa daerah atau bahasa Indonesia. Meskipun sudah ada pembelajaran bahasa Inggris sejak sekolah dasar, banyak orang yang masih merasa kesulitan untuk menguasainya. Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa seseorang sulit mengikuti kursus bahasa Inggris

 

Mindset yang Keliru

Mindset atau pola pikir seseorang memainkan peran penting dalam proses belajar bahasa Inggris. Jika seseorang memiliki pandangan positif dan percaya bahwa belajar bahasa Inggris tidaklah sulit, mereka akan lebih termotivasi dan percaya diri dalam menghadapi materi pembelajaran. 

Namun, jika mindset sudah negatif, seperti beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah hal yang sulit dan tidak mungkin dikuasai, hal ini akan menghambat kemampuan belajar. Hanya mengandalkan metode hafalan dari buku juga tidak cukup efektif karena pembelajaran bahasa Inggris melibatkan pemahaman dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kurang Motivasi

Kurangnya motivasi merupakan faktor lain yang menyebabkan kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Banyak orang beranggapan bahwa kemampuan berbahasa Inggris hanya berguna jika mereka ingin berlibur ke luar negeri. 

Namun, keterampilan bahasa Inggris memiliki manfaat yang lebih luas, terutama dalam dunia kerja. Banyak perusahaan global memerlukan karyawan yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan klien internasional atau untuk kolaborasi dengan tim dari berbagai negara. Tanpa kemampuan bahasa Inggris yang memadai, kesempatan karier bisa terbatasi.

 

Waktu Belajar Terbatas

Bagi para pelajar dewasa, terutama yang sudah bekerja, keterbatasan waktu menjadi masalah dalam belajar bahasa Inggris. Aktivitas pekerjaan dan tanggung jawab lainnya bisa menyita banyak waktu sehingga sulit untuk fokus pada kursus bahasa Inggris. 

Selain itu, jika lingkungan sekitar tidak mendukung penggunaan bahasa Inggris, misalnya percakapan sehari-hari selalu menggunakan bahasa Indonesia, maka kesempatan untuk berlatih bahasa Inggris akan semakin terbatas.

 

Bingung Mulai Belajar dari Mana

Banyak orang yang berkeinginan belajar bahasa Inggris, tetapi mereka bingung tentang harus memulai dari mana. Terlalu banyak pilihan sumber belajar, seperti buku, film, lagu, dan aplikasi, kadang-kadang membuat orang kesulitan untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat. 

Namun, mengintegrasikan berbagai metode belajar, seperti menonton film berbahasa Inggris, mendengarkan lagu, membaca, dan berbicara dengan penutur asli dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara menyeluruh.

Baca juga Manfaat Kursus Bahasa Inggris Karyawan Untuk Perusahaan

Salah Memilih Tempat Kursus

Pemilihan tempat kursus yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Meskipun ada banyak tempat kursus bahasa Inggris, tidak semuanya sama dalam kualitas dan pendekatannya. 

Pilihlah tempat kursus yang memiliki reputasi baik dan memiliki metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar Anda. Tempat kursus yang profesional dan terpercaya akan memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat, membantu Anda mencapai kemajuan dalam belajar bahasa Inggris.

Dengan menghindari beberapa hal yang bisa membuat kursus menjadi lebih sulit seperti yang telah dijelaskan di atas, pastinya proses belajar bahasa inggris nantinya bisa berjalan menjadi lebih mudah dari yang mungkin dirasakan saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here