5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Bandung Raya

0
939
kampus telkom university
Sumber foto :Telkom University, Bandung. Foto: Dok. Humas Telkom University

Lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan harapan setiap orang yang ingin melanjutkan studi ke pendidikan tinggi. Berbagai seleksi pun diikuti, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN bahkan SMPN (Seleksi Masuk Politeknik Negeri).

Meski beragam upaya telah dilakukan dengan hasil yang tidak sesuai harapan, jangan sampai hal tersebut mengendurkan semangat kamu untuk melanjutkan studi.

Keputusan terbaik yang dapat kamu ambil adalah menunda satu tahun sambil belajar lebih giat agar dapat mengikuti seleksi masuk PTN di tahun berikutnya (gap-year).

Opsi lain yang dapat menjadi pertimbangan adalah dengan cara masuk ke Perguruan Tinggi Swasta.

Toh, pada akhirnya tujuan kamu adalah belajar, melanjutkan studi dan meningkatkan kompetensi terlepas dimana pun kampus yang kamu pilih.

Baik kuliah di PTN maupun PTS, kalau kamu tidak serius dalam belajarnya, ya bakalan susah untuk mengembangkan diri.

Maka dari itu, memilih untuk melanjutkan studi di PTS pun bukanlah pilihan yang buruk. Bisa jadi justru itulah pilihan yang terbaik untukmu, soal skill dan kompetensi kan kembali lagi ke masing-masing individu serius atau tidaknya dalam belajar.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya bermaksud membagikan daftar PTS yang dapat menjadi pilihan untukmu dalam melanjutkan studi, khususnya di Bandung Raya.

Berikut ini 5 daftar Perguruan Tinggi Swasta di Bandung Raya.

  1. Telkom University

Telkom University merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik yang ada di Bandung.

Bagaimana tidak, selama dua tahun berturut turut, Telkom University memperoleh predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik No.1 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2019 dan 2020.

Secara akademik, Telkom University membuka 37 Program Studi dari 7 Fakultas yang berbeda. Ketujuh fakultas tersebut antara lain

  1. Fakultas Teknik Elektro
  2. Fakultas Rekayasa Industri
  3. Fakultas Informatika
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  5. Fakultas Komunikasi dan Bisnis
  6. Fakultas Industri Kreatif
  7. Fakultas Ilmu Terapan

2. Universitas Pasundan (UNPAS)

Universitas Pasundan (UNPAS) telah berdiri sejak tahun 1960. Salah satu universitas tertua yang ada di Bandung.

UNPAS juga dapat dikategorikan sebagai PTS terbaik, selain karena telah mendapatkan akreditasi A, UNPAS juga meraih peringkat ke-8 Perguruan Tinggi Swasta Se-Indonesia versi UniRank 2021.

UNPAS memiliki 6 fakultas yang berbeda pada programm sarjana antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS)

Selain itu, UNPAS juga membuka program pascasarjana untuk Magister dan Doktoral.

3. Universitas Islam bandung (UNISBA)

Kampus yang berada di Tamansari ini juga dapat menjadi pilihan buat kamu yang ingin kuliah di Bandung. UNISBA sangat dekat dengan pusat kota dan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia.

UNISBA pada awalnya didirikan pada 15 November 1958 oleh sejumlah tokoh umat Islam Jawa Barat yang pada saat itu menjadi anggota Konstituante.

Gagasan mereka adalah membentuk kader pemimpin umat yang faqih fiddin (memahami/mempelajari agama) di masa mendatang, kemudian diwujudkan melalui pendirian Perguruan Islam Tinggi (PIT). Ini yang menjadi cikal bakal berdirinya UNISBA.

Karena telah berdiri sejak lama, UNISBA telah mengalami banyak sekali perkembangan dari segi kualitas akademik, sumber daya manusia hingga sarana dan prasarana.

UNISBA telah membuka 10 Fakultas untuk Program Sarjana diantaranya:

  1. Fakultas Syariah dengan Program Studi Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.
  2. Fakultas Dakwah dengan Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
  3. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan PG PAUD
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Psikologi
  6. Fakultas MIPA dengan Program Studi Statistika, Matematika dan Farmasi
  7. Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Industri, Perencanaan Wilayah & Kota/Planologi dan Teknik Pertambangan
  8. Fakultas Ilmu Komunikasi
  9. Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Program Studi Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Manajemen.
  10. Fakultas Kedokteran

 

4. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Selanjutnya kampus yang mencetak para ahli komputer di Indonesia yaitu UNIKOM, telah berdiri sejak tahun 2000. Alamat UNIKOM berada di Jl. DIpati Ukur No. 102, Bandung.

Buat kamu yang suka dengan teknologi, boleh coba masuk UNIKOM, karena UNIKOM berupaya menghasilkan lulusan yang unggul di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

UNIKOM tidak hanya membuka jurusan yang berkaitan dengan teknologi. Ada juga jurusan-jurusan dari rumpun keilmuan yang lain. Total, UNIKOM memiliki 6 Fakultas yang berbeda, antara lain

  1. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Desain
  6. Fakultas Sastra

5. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Universitas Katolik Parahyangan atau orang-orang lebih mengenalnya dengan singkatan Unpar merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Bandung, kampus utamanya berada di Ciumbuleuit.

Tonggak awal berdiriya Unpar dimulai tahun 1955, pada saat itu didirikan Akademi Perniagaan oleh Keuskupan Bandung. Kemudian, akademi tersebut ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan yang sekarang menjadi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan.

Unpar merupakan perguruan tinggi Katolik pertama yang ada di Indonesia serta menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Jawa Barat.

Oleh karena itu, reputasi alumninya banyak diakui masyarakat. Unpar memiliki beragam program studi dari 7 fakultas yang berbeda untuk tingkat sarjana. Selain itu, Unpar juga membuka 12 program sekolah pascasarjana untuk program magister dan doktoral.

 

Itulah beberapa Perguruan Tinggi Swasta terbaik yang ada di Bandung Raya. Masih banyak kok kampus lain yang tidak kalah bagusnya dan bisa menjadi pertimbangan untukmu.

Misalnya Institut Teknologi Nasional (Itenas), Universitasy Widyatama, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Islam Nusantara, Universitas Langlangbuana, dan masih banyak lagi.

Sekian untuk tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here