5 Program Exchange Keliling Eropa & Asia 2018 Harus Kamu Coba!

0
14502
futuready.com

Pertukaran pelajar atau biasa disebut dengan exchange program adalah salah satu cara agar bisa merasakan studi di luar negeri. Program exchange ke luar negeri tersedia dalam banyak pilihan dan juga bisa diambil oleh pelajar SMA juga mahasiswa semester awal. Jadi persiapkan diri kamu untuk menjadi salah satu pelajar yang mendapatkan program pertukaran pelajar.

Namun ada beberapa orang yang akan mengatakan bahwa pada akhirnya hanya akan menganggu konsentrasi dalam menempuh studi yang sedang dijalani padahal dengan keikutsertaan program pertukaran pelajar dapat mendukung studi yang sedang ditempuh. Mahasiswa yang mendapatkan kesempatan ini  jumlah sksnya bisa diakumulasikan yang sudah ditempuhnya dengan sks yang ditempuh di luar negeri, jadi semakin memberikan efek positif dalam hal studi yang sedang ditempuh.

Pelajar SMA juga berkesempatan mengikuti program exchange, dengan mengikuti program ini nantinya akan bisa membuka jalan untuk melanjutkan studi di negara tempat mengikuti program exchange. Pengalaman baru dengan memiliki kesempatan untuk bisa merasakan perbedaan proses belajar di luar negeri juga adalah satu hal yang sangat bisa didapatkan ketika mengikuti program seperti ini.

Jangan pernah ragu ketika suatu saat kamu memiliki kesempatan mendapatkan program exchange karena banyak keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan yang akan berdampak positif dalah studi kamu selanjutnya. Ini dia beberapa program-program exchange yang bisa diambil oleh mahasiswa maupun pelajar dari Indonesia.

1. International Student Festival in Trondheim (ISFIT) – Norwegia

Bukan program yang bisa mengikuti kegiatan sekolah atau kuliah di Norwegia, namun ada 18 seminar yang ditawarkan selama program ini berlangsung. Program ini adalah festival pelajar internasional terbesar di dunia. Ada total 400 pelajar dari seluruh dunia setiap 2 tahun sekali akan mengikuti program ini. Ruang lingkup topik internasional meliputi politik, sosial, dan berbagai hal lainnya. Penyelenggaraan ISFIT berada di Trondheim, Norwegia, berbagai presentasi budaya akan ditampilkan dengan begitu akan mengenalkan para pelajar internasional kepada berbagai budaya di dunia.

Informasi lebih lanjut tentang program ini silakan klik link http://www.isfit.org/.

2. Encompass Trust – Inggris

Salah satu Negara popular dan Negara impian bagi kamu yang memburu beasiswa ataupun program exchange. Program ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba tinggal dan belajar di Inggris dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. Mulai tahun 2003 program ini sudah berlangsung dan terbukti berhasil mempertemukan berbagai latar belakang budaya, agama, dan masyarakat dari berbagai Negara yang terlibat dalam program ini. Program ini dirancang dengan misi untuk menghilangkan dan melawan stereotype negatif yang mungkin sudah menjalar pada diri para remaja. Beberapa negara yang menjadi bagian dari program ini meliputi Palestina, Indonesia, Israel, Inggris, dan Amerika. Presentasi budaya, diskusi kelompok, serta berbagai aktifitas lain yang sangat menyenangkan akan dilakukan semua peserta program ini dalam waktu 10 hari. Biasanya acara diadakan di kawasan London, Inggris serta juga Wales atau Skotlandia.

Informasi bisa kamu buka di http://www.encompasstrust.org/

3. Youth for Understanding (YFU) – Jerman

Youth for Understanding (YFU) merupakan sebuah organisasi nirlaba berskala internasional dengan program pendidikan yang ada diseluruh dunia berjumlah 64 negara di dunia. Sejak tahun 1951, YFU sudah menyelenggarakan dan membuktikan kesuksesannya dalam mengelola program pertukaran pelajar diseluruh dunia. YFU menjadi organisasi terbesar dan tertua dalam hal pertukaran pelajar di dunia. Program ini memiliki fokus pada segi budaya karena budaya diyakini sebagai hal yang paling penting kaitannya dengan peningkatan keterampilan mahasiswa di lingkup internasional. Lebih dari 50 negara sudah dicakup oleh YFU dalam program yang berlangsung selama 1 tahun. Pelajar yang mendapatkan YFU di Indonesia memungkinkan untuk mengikuti program pertukaran pelajar di negara-negara antara lain Jepang, China, Korea, Australia, Turki, Serbia, Amerika, Mexico, Jerman, Belanda, Switzerland, Perancis, Austria, Belgia, Estonia, dan Lithuania. Banyaknya Negara yang terlibat dalam program ini maka akan semakin menarik untuk mengenal budaya dari Negara-negara di dunia.

Kamu bisa mencari info selengkapnya di http://www.yfu.or.id/, atau kamu bisa kunjungi https://www.yfu.org/

4. Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP) – Korea Selatan

Bagi kamu yang suka sekali dengan lagu dan drama Korea harus coba kesempatan program exchange ini, yaitu IKYEP. Kementrian Pemuda dan Olahraga RI serta Kementrian Kesetaraan Gender dan Keluarga dari Korea Selatan menyelenggarakan program resmi ini sejak tahun 2008 dengan MOU ditandatangani pada tahun 2009. Program IKYEP ini biasanya diadakan selama 20 hari yaitu 10 hari di Indonesia dan 10 hari di Korea Selatan yang dilangsungkan pada bulan November. Berbagai kegiatan dalam program ini meliputi kunjungan kehormatan ke pusat-pusat kegiatan pemuda, pengenalan budaya, merasakan tinggal dengan keluarga, dan banyak lagi yang lain. Tentunya sangat menarik untuk bisa mengikuti program pertukaran pelajar ini.

Kamu mau dapatkan info lebih lanjut, Silakan buka di http://ikyep.org/

5. Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP) – ASEAN

Misi utama program SSEAYP adalah untuk mempererat hubungan persaudaraan dan toleransi dari pada pemuda yang tinggal di 10 negara ASEAN serta Jepang. Hasil pemikiran dan diskusi yang akan menghasilkan perluasan sudut pandang dari para peserta akan dijadikan sebagai satu tujuan dalam kaitannya untuk mempererat serta memperkuat semangat dan hubungan kerjasama internasional antar negara. Seperti nama dari program ini, kapal adalah media atau alat transportasi yang disediakan untuk program ini. Jadi selama didalam kapal dapat dimanfaatkan untuk berbagi cerita dan juga saling mengenal. Dari saling berkenal dan berbagi cerita sehingga muncul diskusi antara para peserta dari negara lain baik ketika berada didalam kapal maupun ketika di negara-negara yang dikunjungi.

Kamu bisa menemukan informasi pada link ini http://www.sseaypindonesia.org/ atau di http://www8.cao.go.jp/youth/kouryu/h14/sseayp/sseayp-main-e.html

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here