5 Rekomendasi Buku Tentang Pengembangan Diri Yang Wajib Kamu Baca

0
438
sumber : freepik/self development

Membaca buku adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain menambah wawasan, membaca buku juga menjadi pengisi waktu luang dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Tugas kuliah yang menumpuk, pekerjaan kantor yang banyak seringkali membuat kita pusing. Kamu perlu rehat sejenak dan me-refresh otak sehingga dapat meningkatkan fokus untuk kembali mengerjakan tugas-tugas yang banyak tersebut.

Aktivitas selama rehat dapat kamu isi dengan membaca buku yang bermanfaat terutama bagi pengembangan diri. Nah, kali ini saya akan memberikan 5 rekomendasi buku tentang pengembangan diri yang wajib kamu baca sebagai berikut.

  1. Atomic Habit – James Clear

Kita kerapkali melihat kesuksesan sebagai sesuatu yang glamor, mewah dan keren. Akan tetapi, kita melupakan hal-hal dibalik kesuksesan itu, ada waktu dimana kita menunggu berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun melakukan percobaan yang kadang berujung kegagalan.

James Clear, dalam karyanya yang berjudul Atomic Habit tersebut menjelaskan bagaimana kebiasaan kecilĀ  berdampak besar bagi hidup kita.

Menurut James, Habit atau kebiasaan adalah produk yang dihasilkan dari rutinitas sehari-hari bukan perubahan yang hanya berlangsung sekali seumur hidup.

“Ancaman terbesar untuk sukses bukanlah kegagalan, melainkan rasa bosan”

Bosan melakukan hal yang sama berulang-ulang, padahal kesuksesan bukan terjadi satu malam. Ada repetisi dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang memerlukan komitmen dan konsistensi. Kita mendapatkan hasil dari hal yang kita ulangi.

Banyak contoh praktis di dalam buku tersebut yang dapat diterapkan dalam hidup kita. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang sepele, merapikan tempat tidur dengan konsisten setiap hari, misalnya.

Jika kamu tidak mengerjakan hal kecil dengan benar, maka kamu tidak akan bisa mengerjakan hal yang lebih besar dengan benar.

Seandainya kamu mengalami hari yang buruk, setidaknya kamu masih disambut oleh kamar tidur yang rapi, yang telah kamu rapikan sendiri.

Itu buku pertama yang direkomendasikan untuk kamu baca, buku tentang pengembangan diri yang dilakukan melalui kebiasaan-kebiasaan kecil.

  1. The Intelligent Investor – Benjamin Graham

Kamu tidak hidup untuk hari ini saja, melainkan ada masa depan yang perlu kamu persiapkan salah satunya melalui investasi.

Buku tentang investasi yang direkomendasikan adalah The Intelligent Investor karya Benjamin Graham. Investor yang sangat terkenal di dunia, Warren Buffet, bahkan mengatakan buku ini merupakan buku investasi saham yang terbaik.

Syarat yang diperlukan oleh seseorang yang akan berinvestasi menurut Benjamin Graham adalah kemampuan membuat keputusan dan mengendalikan emosi yang dapat merusak. Investasi tidak membutuhkan IQ yang tinggi, informasi orang dalam atau bahkan keberuntungan.

Dalam buku tersebut, kamu akan mempelajari tentang dasar-dasar investasi, psikologi investor, strategi dan analisis yang diperlukan dalam investasi.

Oleh karena itu, buku The Intelligent Investor wajib kamu baca sebagai modal keilmuan dalam berinvestasi.

  1. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson

Buku yang sangat populer beberapa tahun ke belakang ini adalah karya dari seorang blogger yaitu Mark Manson.

Beberapa dari kalian pasti ada yang penasaran dan bingung dengan judul buku ini. Apakah buku ini mengajak kita untuk bersikap bodo amat?

Jawabannya ya, Mark Manson mengajak kita untuk bodo amat menyikapi sesuatu yang memang tidak untuk dipermasalahkan.

Kita berhak cuek dan masa bodoh dalam mengejar sesuatu yang diinginkan. Melalui buku ini, kamu akan disajikan pembahasan yang ringan dan relate dengan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat masuk dalam rekomendasi buku yang perlu kamu baca.

  1. Malas Tapi Sukses – Fred Gratzon

Sudah diajak bodo amat, sekarang diajak bermalas-malasan. Aduh.

Tapi tunggu dulu, Fred Gratzon dalam buku Malas Tapi Sukses ini tidak mengajak kita untuk malas dalam arti tidak melakukan aktivitas apapun.

Akan tetapi, Fred memberikan cara pandang baru tentang kemalasan. Ia menjelaskan suatu jenis baru dari kemalasan yang menjurus pada kinerja tanpa susah payah.

Selain itu, ia juga berhasil membuktikan kekeliruan pendapat yang mengatakan bahwa kesuksesan hanya lahir dari kerja keras semata.

Nah, penasaran kan, makanya buku ini layak untuk kamu baca.

  1. $100 Startup – Chris Guillebeau

Rekomendasi buku terakhir adalah karyanya Chris Guillebeau yang berjudul $100 Startup. Buku ini sangat cocok untuk kamu yang senang dengan dunia bisnis.

 

Kamu tidak hanya diberikan pemahaman umum tentang bisnis, tetapi kamu juga diberikan contoh ide-ide bisnis yang sangat keren.

Chris Guillebeau banyak bercerita tentang bagaimana ia membangun bisnis hanya dengan modal $100 dollar saja.

Itulah beberapa buku rekomendasi tentang pengembangan diri yang wajib untuk kamu baca. Kalau kamu punya rekomendasi buku lain, silakan tulis di kolom komentar ya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
pengembangan diri bagi umum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here