5 Tips dan Trik Membaca Buku dalam Bahasa Inggris

0
80

 

Ada banyak sekali cara untuk mempelajari Bahasa Inggris. Salah satu cara yang paling disukai oleh pemula adalah dibantu dengan media!

Nah, media untuk mempelajari Bahasa Inggris itu banyak sekali loh. Beberapa media yang paling digemari orang untuk mempelajari Bahasa Inggris adalah film, game dan buku!

Pada kesempatan ini, desainggris.com akan memberikanmu beberapa tips dalam membaca buku cerita (novel) untuk kalian yang masih pemula dalam belajar Bahasa Inggris!

Apa aja sih tips nya? Dibaca yuk dibawah!

 

  • Mulailah dari Bacaan yang Enteng!

 

Banyak orang yang takut membaca buku karena terkadang buku memang terlihat mengintimidasi. Stigma ini berkembang karena, tidak jarang, buku memiliki halaman yang banyak dan penggunaan katanya pun ribet.

 

Karena itu buku-buku yang ditargetkan untuk anak-anak ataupun ABG mungkin bisa menjadi opsi untuk kalian si pemula!

 

Pada umumnya, buku-buku yang ditargetkan untuk anak muda itu memang lebih mudah untuk dipahami daripada buku yang ditargetkan untuk pembaca dewasa. Hal ini terjadi karena penggunaan kata yang dipakai merupakan kata sehari-hari.

 

Pernahkah kamu mendengar judul-judul buku ini: The Fault in Our Stars, Harry Potter, To Kill a Mockingbird, The Hunger Games, To All The Boys I’ve Loved Before? Buku-buku tersebut merupakan beberapa judul buku bergenre Young Adults yang sangat populer dan juga gampang dimengerti!

 

Jadi, kalau tertarik untuk mengikuti saran ini. Mungkin kamu bisa mencoba membaca beberapa buku diatas!

 

 

  • Jangan Takut untuk Mencari Tahu Arti dari Kata yang Tidak Dimengerti!

 

Banyak pelajar Bahasa Inggris yang suka bertanya pertanyaan ini “kalau aku baca buku Bahasa Inggris dan gak ngerti artinya – aku harus gimana ya?” Nah ini jawabannya!

 

Dalam dunia yang modern ini, banyak dari kita yang difasilitasi dengan Internet. Jadi, jika kamu menemui kata atau umpama yang kamu tidak mengerti – kamu boleh banget untuk berhentimembaca dan mencari arti dari hal tersebut di Internet. 

 

Jika kamu sudah tahu jawabannya, biar tidak lupa dan harus mencarinya kembali – kamu juga bisa menulis kata dan artinya di catatan kamu loh! Boleh catat dibuku ataupun di ponsel genggammu.

Selain agar tidak harus mencari arti dari kata itu lagi, melakukan hal ini juga dapat membantumu untuk mengingat vocabulary dengan lebih baik!

 

 

  • Jika Kamu Pembaca E-Book, Bacalah dari E-Readers dengan Build-in Dictionary

 

Opsi ini merupakan opsi alternatif untuk kalian yang lebih suka membaca e-book. Tujuannya masih sama dengan poin sebelumnya yaitu agar kamu dapat mengerti kata yang sebelumnya tidak kamu ketahui. 

 

Opsi ini, tentunya, lebih gampang dari opsi sebelumnya. Kamu hanya perlu untuk install sebuah e-reader yang sudah ada build-in dictionarynya! Jika kamu sudah melakukannya, kamu tinggal meng-highlight kata yang kamu tidak ketahui dan voila! Kamu akan langsung tahu artinya!

 

Perangkat ini memang sangat mudah untuk dipakai. Tetapi karena alasan itulah, banyak orang yang merasa mereka menjadi malas dan lama dalam mengingat suatu kata baru.

 

Jadi, semuanya kembali kepada pilihan masing-masing. Kalau kamu lebih milih opsi nomor 2 atau 3?

 

 

  • Tantanglah Dirimu untuk terus Membaca!

 

Beberapa tahun kebelakang ini, banyak sekali orang yang melakukan reading challenge atau book challenge. Hal ini dipercaya manjur untuk membuat kamu merasa tertantang dan terus membaca.

 

Uniknya, setiap orang bisa membuat reading atau book challengenya sendiri – tergantung dengan goals yang ingin dituju! Inilah beberapa ide reading atau book challenge yang bisa kamu gunakan:

  • Membaca novel Bahasa Inggris, paling tidak, 1 buku perbulan.
  • Dalam sehari harus membaca, minimal, lima halaman.
  • Berhasil membaca 3 buku dengan genre yang berbeda-beda dalam sebulan.

Sesuaikan challenge dengan kebutuhanmu masing-masing ya!

Sebetulnya, bukan hanya untuk pemula, banyak sekali orang yang tidak menyelesaikan bacaannya. Jadi, gak usah sedih, karena ini hal yang wajar banget terjadi. Tetapi jangan nyerah gitu aja yuk – tantanglah dirimu untuk menyelesaikan buku bacaanmu!

 

 

  • Membaca Ulasan Singkat mengenai Buku yang Telah Kamu Baca

 

Setelah membaca, cobalah untuk baca ulasan orang mengenai buku tersebut. Hal ini dapat membantu kamu untuk melihat seberapa besar pemahaman kamu mengenai buku itu dibanding dengan pemahaman orang lain.

 

Mungkin, kamu juga akan terpacu untuk menulis ulasan kamu sendiri nantinya. Mengungkapkan opini merupakan salah satu cara yang baik dalam belajar Bahasa Inggris – jadi kamu tidak akan rugi jika melakukannya.

 

Nah, itulah 5 tips dan trik mengenai cara membaca buku Bahasa Inggris bagi pemula. Pada awalnya memang susah, tetapi kalau kamu sering membaca – percaya deh, lama-lama akan terasa gampang!

Good luck!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here