5 Universitas di Jerman dengan Jurusan Teknik dan Teknologi Terunggul

0
949
de-online.ru

Salah satu negara di kawasan Eropa yang sudah tidak perlu diragukan lagi dalam berbagai hal yang salah satunya tentang kualitas pendidikan khususnya pada bidang teknologi dan Teknik adalah Jerman. Sejak terjadinya Perang Dunia II sebenarnya banyak ide brilian dalam hal teknologi dan teknik yang ditemukan oleh orang-orang Jerman namun perlahan redup sebelum berkembang karena pihak Jerman berhasil dikalahkan.

Namun hal tersebut tidak membuat Jerman tertinggal dalam hal teknologi dan teknik, hal tersebut dapat dibuktikan pada masa kini ternyata Jerman masih unggul dalam bidang teknik dan juga teknologi. Bukti tersebut diperkuat dengan adanya beberapa universitas di Jerman yang dijadikan pilihan utama oleh mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia yang ingin melanjutkan studi khususnya pada bidang teknik atau teknologi. Sama seperti mahasiswa Indonesia bias juga mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di universitas-universitas berikut ini jika memang sangat tertarik untuk menekuni bidang teknik dan teknologi.

5. Karlsruher Institut fur Technologie (link)

Masuk ke dalam peringkat 10 besar universitas di kawasan Eropa pada program Teknik dan Sains. Adapun kualitas pengajaran di Karlsruher Institut fur Technologie sejalan dengan kualitas penelitian disana yaitu dalam tingkatan yang tinggi. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menjadikannya terkenal di dunia dalam sains dan teknik. Ada pula berbagai jurusan pada bidang sains dan teknik yang berkualitas, di KIT juga tersedia penelitian ekstensif kelas dunia dalam bidang teknologi nuklir. Pada universitas ini juga menyediakan pilihan program dalam bahasa Inggris yang lagi-lagi menambah daya tarik mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi di KIT.

4. Technische Universitat Munchen (link

Lokasi universitas berada di kota Munchen, Technische Universitat Munchen merupakan sebuah universitas bergengsi dengan berbagai program pelatihan yang ditawarkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Hal yang menarik dari universitas ini adalah bahwa universitas ini sanggup menarik minat penyandang dana dalam jumlah besar untuk keperluan riset dan proyek. Investor terbesar di universitas ini salah satunya adalah Dewan Riset Eropa (European Research Council) yang sangat dermawan dalam menjamin berbagai kegiatan berbau sains dan teknologi untuk menciptakan banyak peluang di kemudian hari. Kerja sama lainnya dengan Cambridge University, National University of Singapore, Nanyang Technological University, University of California at Berkeley, MIT, dan sebagainya guna menjamin tersedianya dan terbukanya kesempatan untuk lebih mengembangkan diri dan juga bidang ilmu yang terkait dengan sains dan teknologi.

3. Technische Universitat Berlin (Link

Daftar universitas terbaik dengan Jurusan teknik dan teknologi yang terunggul  di Jerman selanjutnya adalah Technische Universitat Berlin. Universitas ini menganut dan mengikuti semua tren modern dalam hal atau bidang pendidikan ilmu teknik. Bagi mahasiswa baru di universitas ini akan sangat didukung secara aktif dan intensif oleh pihak universitas supaya mampu untuk lebih mengembangkan teknologi tinggi sesuai bidang dan minat khusus masing-masing. Satu hal lain lagi yang menarik dari universitas ini bahwa ada 10 penerima Nobel Prize dari universitas ini. Mendapatkan peringkat 44 di dunia pada bidang Teknik dan Teknologi. Universitas ini menjadi salah satu anggota dari the Association of European Engineering Universities yang hal ini sangat memungkinkan mahasiswanya untuk mendapatkan gelar ganda.

2. Technische Universitat Dresden (link)

Universitas ini mendapatkan peringkat kedua dari 5 besar universitas terbaik di Jerman dalam bidang sains dan teknologi adalah Technische Universitat Dresden. Universitas ini pun menjadi pendidik mahasiswa teknik terbesar di Jerman yang mayoritas dari mahasiswanya adalah mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia. Hal tersebut disebabkan karena universitas ini memberikan peluang luar biasa dalam hal penelitian dengan kurikulum interdisipliner. Universitas ini menjadi pelopor 2 jurusan yaitu jurusan nanoteknologi dan mikroeletronika. Lebih hebatnya lagi di universitas ini tersedia 10 pusat penelitian untuk jurusan-jurusan seperti teknik informatika, logistik & transportasi, mesin, teknik elektro, dan tentu saja pada nanoteknologi dan mikroelektronika.

1. RWTH Aachen (link)

Peringkat teratas universitas dengan jurusan teknik dan teknologi adalah Rhine-Westphalian Technical University in Aachen. Universtas ini merupakan salah satu institusi penelitian ternama di Eropa. Salah satu orang Indonesia yang pernah menempuh pendidikan disana adalah BJ Habibie. Usia universitas ini sudah lebih dari 100 tahun dari awal didirikan sehingga membuat RWTH Aachen tidak perlu diragukan lagi dalam hal kualitas pendidikannya. Universitas ini memberikan spesialisasi pada sains dan teknik dengan memberikan berbagai program pelatihan serta praktek guna mempersiapkan mahasiswanya agar siap bekerja setelah lulus nanti. Tidak perlu diragukan lagi bagi alumni dari universitas ini banyak dicari oleh berbagai pihak karena jaminan kemampuan dan ilmunya dalam bidang sains dan teknik baik itu di kawasan Eropa maupun secara internasional di dunia.

Jadi, mulai persiapkan diri kamu dan tentukan mana pilihan utama untuk melanjutkan studi pada bidang sains dan teknik di Jerman?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here