Ini Dia, 6 Alasan Mengapa Kamu Kudu Belajar Bahasa Internasional, Cekidot Gan!!

0
178
billingual via tumblr

Banyak yang beranggapan bahwa mempelajari bahasa inggris dan bahasa asing lainnya itu merepotkan dan hanya akan berguna bagi mereka yang akan melanjutkan studi ke luar negeri. Waduhh itu salah besar guys, sejak tahun 2015 kawasan ASEAN termasuk Negara kita Indonesia sudah menjalankan kerjasama Internasional dan terintegrasi lebih lanjut menjadi MEA (masyarakat Ekonomi Asean) dimana adanya kemudahan aliran investasi, produk dan arus pertukaran tenaga kerja (ada persaingan kerja) diantara negara se-Asia Tenggara.

Pastinya, dengan semakin terbukanya Indonesia dalam kerjasama internasional maka hanya mereka yang berkompetensi/ skill tinggi dan menguasai bahasa internasional yang akan mendapatkan kesempatan lebih dalam dunia kerja di era global. Karena perusahaan di Indonesia-pun kini terus mempersiapkan diri go internasional memanfaatkan peluang MEA.

Nah, masa sih kita mau hidup maju dan karir bagus di era global (MEA) tidak bisa bahasa internasional? Ga harus mempelajari banyak bahasa negara ASEAN seperti, Thailand atau Vietnam yang lumayan susah dipelajari, dengan memantapkan bahasa internasional seperti bahasa inggris kita tentu nya akan mudah menghadapi persoalan bahasa dalam dunia kerja ataupun perkuliahan.

Berikut 5 hal penting yang kamu dapat saat belajar bahasa asing :

1. Semakin memudahkanmu menggapai cita-cita kerja di perusahaan multinasional bahkan studi ke luar negeri.


via njeducationaltalentsearch.com

Nah ini dia, pasti kalian yang baru saja menyelesaikan studi S1 pasti memiliki angan-angan untuk melanjutkan studi di luar negeri, nah tentu nya syarat pasti kamu diharuskan menguasai berbagai bahasa, yah minimal bahasa inggris lancar dengan TOEFL diatas rata-rata. Nah kalau sudah begini baru sadar kan betapa pentingnya mengerti bahasa lain selain bahasa Indonesia?

Bagi sebagian dari kalian juga pastinya harus siap jika mendapatkan kesempatan karir dalam skala internasional. Tentunya penguasaan bahasa inggris akan membantu kamu lebih dekat menuju cita-cita.

2. Membuat kecerdasan dan konsentrasimu semakin meningkat


Meningkatkan daya konsentrasi via www.anim-educ.fr

Meskipun seringkali tanpa kamu sadari, tetapi pada dasar nya orang yang menguasai dwibahasa memerlukan hanya sepersekian detik dalam menentukan bahasa yang didengarnya, nah hal ini juga yang membuat para bilingual tidak mudah untuk terpecah konsentrasi nya.

Contoh nya dalam belajar, meskipun lingkungan sekitar berisik maupun banyak factor yang menyebabkan konsentrasi pecah tetapi orang bilingual memiliki kecenderungan untuk tetap kebali fokus, terlebih pada pekerjaan yang detail.

Dari hasil penelitian pun menyatakan bahwa otak dari orang bilingual, memiliki aliran darah lebih tinggi pada otak nya saat mendengarkan sebuah kosakata, itu berarti orang bilingual lebih fokus terhadap sesuatu, kepekaan dan daya sensitive lebih tajam jika dibandungkan mereka yang non billingual

3. Mengubah sudut pandangmu dalam melihat dunia
Merubah perspektif via i0.wp.com

Linguistic atau bahasa, bukan melulu soal bahasa inggris ataupun bahasa asing lain nya, perbedaan bahasa antar suku maupun perbedaan bahasa antar daerah di nusantara juga pasti akan membuatmu merubah sudut pandang tentang dunia, bahwa banyak hal yang masih banyak yang harus dipelajari di luar sana.

Salah satu contoh mudah adalah perbedaan arti makna dalam beberapa bahasa di nusantara, seperti gedang dalam bahasa sunda berarti papaya tetapi dalam bahasa jawa berarti pisang.

4. Bisa mencegah berbagai penyakit di usia senja
Mencegah penyakit penuaan via bigpicture.ru

Momok yang sangat menakutkan disaat kita lanjut usia sangatlah beragam, diantara nya Alzheimer, pikun dll, tapi tahukah kamu jika kamu mempunyai kemampuan dwibahasa, maka ketahanan seseorang dalam segala penyakit penuaan terhadap otak bisa dihindari ??

Seorang pakar neuropsikolog dari universitas California melakukan penelitian terhadap 44 lansia yang menguasai berbagai bahasa, 40 orang ternyata memiliki kecenderungan  menunjukan sebuah gejala demensia ataupun gejala Alzheimer satu tahun lebih lambat daripada mereka yang menguasai hanya satu bahasa saja. Wow! Luar biasa bukan.

5. Kecerdasanmu akan semakin meningkat

Membuatmu semakin cerdas via tumblr

 

Menguasai dwibahasa/lebih dari satu bahasa ternyata bisa menguatkan otak kamu loh gengs, kecerdasan kamu akan semakin bertambah perlahan-lahan, bahkan hebatnya dengan mempelajari beberapa bahasa akan membuatmu menjauh dari penyakit demensia atau Lupa yang tentu nya menjadi momok di masa tua nanti.

Ternyata hal ini sudah ada penelitian nya loh guys, ketika kamu menguasai satu bahasa asing bahkan lebih, otak akan secara teratur memilih bahasa mana untuk di gunakan, nah pada proses ini kemudia sel-sel otak perlahan-laahan dan konstan menguat, dan tentunya mempengaruhi kecerdasan.

Lalu banyak bukti lain loh guys, bahwa orang yang menguasai bilingual itu lebih cerdas dari mereka yang hanya menguasai  satu bahasa(monolingual), contoh nya orang yang menguasai dua bahasa atau lebih lebih memiliki kecenderungan untuk memecahkan teka-teki lebih cepat daripada yang monolingual

6. Membuat Hidupmu Lebih Percaya Diri dan Mudah Bergaul

Mempunyai ketrampilan dalam bidang komunikasi akan membantu kamu lebih percaya diri dan mudah bergaul. Apalagi jika hal itu adalah ketrampilan berbicara bahasa inggris, tentunya kamu akan mudah berbicara dengan teman sebaya, orang yang lebih dewasa baik dalam dunia sekolah, perkuliahan, pekerjaan hingga kehidupan sosial yang kini semua serba berstandar internasional.

Nah guys, itulah beberapa hal mengenai pentingnya kita untuk belajar bahasa asing, sangat banyak manfaat yang akan kamu dapatkan , anggap saja sebagai investasi kamu di masa yang akan datang, ayo mulai sekarang mantapkan hati kamu untuk semakin mendalami bahasa asing minimal bahasa inggris, semoga tips diatas membantumu untuk semakin ter motivasi ya guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here