“Ngeunah Bray!!” 6 Kuliner Khas Bandung Ini Membuat Kamu Gagal Move On

0
1077
via seseblakan.com

Kota Bandung, sebuah kota wisata pegunungan yang menjadi surganya penikmat kuliner, bukan tanpa sebab karena baik di tengah kota hingga diberbagai sudut kota Bandung memiliki tempat syahdu untuk memanjakan lidah baik itu warga lokal, mahasiswa hingga para pelancong yang datang ke kota Bandung. So Sweet-nya lagi sambil makan ditemenin si Dia dengan suasana Bandung yang selalu diiringi gerimis sore hari….

Tidak harus makan di restoran mahal loh guys, Bandung sebagai kota wisata cukup lengkap banyak jajanan ala-ala kaki lima pun justru memiliki rasa sejuta pesona yang membuat kamu gagal move on dari kota ini, gak percaya??.

Oya, favorit kamu yang apa? Seblak Gerlong? Baso Ikan BIP ? Surabi Imut Setiabudhi? Bistik AA? Batagor King? Tahu Susu Lembang? Cuanki Pasar Baru? Es Cendol Elizabeth? atau yang mana ? Jangan baper ya pasti jadi kangen Bandung. Berikut kita ulas satu-satu beberapa yang paling hits aja ya ;

  1. Surabi Bandung yang memiliki “Aneka Rasa” termasuk rasa yang tertinggal

    Surabi khas beraneka rasa via parisvanjava.web.id

Kalau eropa atau amerika punya pancake, Bandung gak mau kalah bray, ini dia pancake asli nusantara, yap betul nama nya surabi, pada awal nya surabi hanya terbuat dari adonan tepung beras dan di bakar dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari tanah liat kemudian di panggang dengan bara api.

Nah di Bandung ada yang unik surabinya ada yang dibuat imut dan ada yang jumbo beraneka rasa mulai dari rasa buah-buahan, ayam, BBQ, sayurah hingga rasa cinta yang tertinggal juga ada loh…

Setelah surabi di panggang beberapa saat, biasa nya  surabi tradisional hanya ditambahkan topping dari gula merah , telur maupun parutan kelapa, tetapi seiring dengan berkembangnya kuliner di nusantara, kini surabi memiliki pilihan topping untuk disajikan, mulai dari kamu yang suka sosis, bisa ditambahkan untuk topping nya, keju coklat dll banyak deh guys.

Di Bandung ada Surabi Setiabudhi yang cukup laris diburu oleh wisatawan lokal hingga malaysia dan singapur.

  1. Kamu pecinta citarasa Pedas?Cobain deh seblak basah dengan rasa pedas menggelegar ini
    seblak pedas via seseblakan.com

Kuliner yang satu ini memang sedang sangat booming nih di jawa barat, khusus nya di Bandung sebagai kota yang mempopulerkan seblak , di Bandung sendiri seblak memiliki cita rasa dan jenis yang beragam,dan juga blum tentu di kota lain memiliki cita rasa seperti seblak bandung, cobain cita rasa pedasnya braayy!

Sejauh ini seblak yang enak tersebar dan biasanya lokasi dekat kampus jadi deh dikenalnya sebagai seblak gerlong, seblak pedas dago, hingga seblak setan jatinangor.

  1. Suasana dingin dan syahdu nya bandung bakal semakin mantap dengan cuanki hangat ini bray!

    Cuanki via alchemisite.wordpress.com

Kota bandung yang memiliki hawa dingin tentu nya memiliki daya tarik akan kenyamanan suhu dan udara nya, nahh saat seperti itu tentu nya kamu pasti butuh teman untuk menghangatkanmu bray, cocok nya kamu menyantap kuliner yang satu ini, cuanki yang berisi tahu dan bakso khas ini juga bisa kamu kombinasikan dengan Mie instan yang membuat  suasana dingin semakin nikmat.

Kata cuanki ini memiliki arti loh guys, yaitu merupakan singkatan dari cari Uang dengan berjalan kaki jadi deh nama cuanki, memang istilah ini muncul dan berkembang karna biasanya para pedagang kuliner ini didagangkan dengan cara berkeliling dengan pikulan sambil berjalan kaki.

Namun biasanya yang cukup dikanela cuanki yang jualan di sekitar mesjid raya bandung dan sekitaran pasar baru.

  1. Nah ini dia guys, masterpiece kuliner khas bandung Batagor! Salah satu makanan ikonik bandung

    Batagor via www.resepkuekeringku.com

Kuliner yang merupakan singkatan dari Bakso tahu goreng ini memang banyak ditemui di hampir seluruh jawa barat dan beberapa provinsi lain, tapi soal cita rasa batagor bandung memang yang paling juara.

Di bandung sendiri kamu bisa mendatangi outlet penjual batagor yang sudah terkenal kelezatan nya , kamu bisa mendatangi batagor Riri di jalan burangrang, batagor sukajadi di daerah  pasir kaliki maupun batagor abun di jalan lengkong besar, semuanya sudah terkenal akan kelezatanya guys.

  1. kamu belum ke bandung kalau belum mencicipi mie kocok bandung bro!

    Mie kocok bandung via gastronomy-aficionado.com

Kuliner ini sebenranya hanya memiliki bahan dasar mie kuning dan toge, tetapi dalam penyajian nya, mie kemudian diberi kuah dari kaldu daging sapid an ditambah topping kikil kaki sapi, seledri maupun bawang goring yang krenyes-krenyes. Wah nikmat deh pokoknya bikin ngilerrr.

  1. Berbagai makanan diatas ga afdol rasanya jika kamu belum menutupnya dengan es goyobod yang membuat tenggorokanmu segar!

    Es Goyobod Khas Bandung via resepdanmasakan,com

Selain es cendol Elizabeth, es goyobod salah satu minuman primadona di kota bandung , bahan-bahan yang membuat es goyobod ini nikmat adalah santan yang di mix dengan potongan kolang kaling, sagu, kelapa muda, alpukat dan berbagai macam bahan lain, dan tidak lupa topping susu melengkapi nikmatnya minuman ini.

Sudah bukan rahasia lagi bandung menjadi salah satu tujuan utama destinasi para penggila wisata kuliner, karena memang bandung menyimpan banyak sekali kekayaan kuliner, dan tidak salah lagi orang-orang bandung bakal bilang ngeuunahh bray!

 

Biaya kampung inggris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here