7 Tips Membuat Essay untuk Aplikasi Beasiswa 2017

0
517
http://galedu.com

Salah satu pra syarat dan bahan utama yang bisa dipertimbangkan saat pendaftaran beasiswa adalah essay. Terlepas apapun itu beasiswa yang ditawarkan dan jenjang nya semuanya memiliki persyaratan essay dan essay yang dibuat pun harus memiliki kualitas yang baik, berikut tips sukses menulis Essay yang bisa kamu aplikasikan.

  1. Ikuti dengan teliti petunjuk pembuatan essay beasiswa dengan seksama

Hal utama yang wajib kamu perhatikan baik-baik adalah bahwa esay yang kamu tulis sesuai dengan tema yang disyaratkan, atau sesuai denan pertanyaan-pertayaan yand dilontarkan oleh institusi pemberi beasiswa.

Selain itu juga kamu pun harus mengerti dari tujuan dan pertanyaan yang diberikan seperti jika kamu diminta untuk menjelaskan “buku apa saja yang bermakna bagi hisupmu”? ada kemungkinan bahwa ini merupakan pertanyaan yang ingin mendalamai lebih lanjut kepribadianmu, jenis buku apa yang kamu baca dan topic apa saja yang menggerakan hidup kamu dan apa yang menjadi motivasi dalam hidupmu.

Dan dari apa yang kamu tulis, pihak penyelenggara akan menilai apakah kamu menjadi orang yang sangat menjajinkan untuk menerima beasiswa ini, dan kalau kamu masih belum mengerti tentang tema yang dimaksudkan, sebaiknya kamu jangan malu untuk bertanya pihak penyelenggara untuk mendapatkan gambaran jelas tentang tema essay beasiswa.

  1. mencari contoh esay beasiswa di internet.

Untuk kamu yang masih ragu akan beasiswa yang dibuat dan untuk kamu yang masih belajar membuat aplikasi esay, sebaiknya kamu mencari referensi dengan mecari nya di internet sebagi inspirasi dalam penulisan, tetapi yang harus kamu ingat, menulis essay yang original lebih baik dari sekedar copas,

  1. sesuaika isi materi essay yang kamu tulis dengan misi penyelenggara.

Supaya essay yang kamu tulis menonjol diantara ribuan essay pendaftar lainya, pastika kalau kamu telah memahami tentang pihak penyelenggara yang memberikan beasiswa, dan yang lebih penting lagi kamu harus mengerti tentang tipe orang seperti apa yang dicari.

Dan juga pastikan kalau essay kamu menunjukan bahwa kamumemiliki kualitas dan memiliki banyak pengalaman yang sesuai dengan pihak penyelenggara, misalkan pihak penyelenggara mencari calon awardee yang aktif dalam berorganisasi dan memiliki jiwa kepemimpinan maka sebaiknya kamu menuliskan tentang pengalaman kamu di organisasi dan juga bagaimana kepemimpinan kamu di essay yang kamu tulis.

  1. tonjolkan kalau kamu berprestasi dan penuh dengan semangat di essay yang kamu tulis.

Buatlah kamu terlihat sangat berprestasi di aplikasi essay yang kamu tulis, bukan berarti terlihat sombong tetapi kamu memang harus menjual diri kamu semenarik mungkin, sebab pihak penyelanggara beasiswa hanya mencari kandidat yang terbaik dan tentunya memiliki kualias dan prestasi..

Dan yang kamu tulis jangan juga tampak terlalu arogan dan jangan juga melebih-lebihkan, cukup dengan kamu menunjukan prestasi yang relevan dan hasil yang telah kamu capai dari sebuah kegiatan, dan juga tuliskan dampak positif bagi kamu maupun orang sekitarmu.

  1. buatlah quotes untuk inspirasi essay yang kamu tulis.

Kamu bisa juga menulis beberapa kutipan orang-orang bijak terkenal saat kamu ingin menulis essay tersebut, dan quotes yang kamu tulis relevan dengan tema yang kamu angkat di essay kamu, seperti saat topic diharuskan menuliskan tentang kepemimpinan kamu bisa memasukan quotes leadership dari Abraham LincolnDan sebagai alternative kamu bisa juga memasukan kutipan keren dari kamu sendiri di awal atau di akgir essay yang kamu tulis..

  1. baca ulang, Revisi, Baca Ulang, Revisi

Pastikan essay yang kamu buat Terhindar dari berbagai kesalahan kecil yang tidak perlu seperti Salah pengejaan kata(typo) atau penulisan Grammar dalam bahasa inggris, dan pastikan apa yang kamu tulis mudah dimengerti dan tidak terlalu banyak bahasa ilmiah yang berlebihan sehinga sulit dimengerti, da kembali lagi harus sesuai dengan tema yang diajukan.

Dan kamu harus membuat strategi, kamu pikirkan bahwa panitia tidak membaca semua essay yang berjumlah ratusan, jadi baiknya kmau membuat essay yang menarik untuk dibaca seperti dalam pernyataan awal kamu buat semenarik mungkin.Dan kamu jangan pernah ragu untuk menulis ulang draft dari ide yang sudah ditulis!

7.minta masukan dari orang lain untuk menilai essay Beasiswa.

Dalam menilai sebuah karya ada pepatah bahwa semakin banyak kepala semakin baik, dan kamu harus terbuka untuk berbagai masukan yang kamu terima, dan sangat pentig untukmu untuk tidak tersinggung kalau apa yang kamu tulis dikrikitk dan mendapatkan masukan.Dan Intinya kamu harus selalu terbuka untuk belajar dari kesalahan sehingga bisa membuat essay yang terbaik, selain essay yang tidak kalah penting adalah menulis motivation letter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here