7 Tips Membuat Judul PKM yang Menarik

0
1887

PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa merupakan ajang yang sangat bergengsi bagi semua mahasiswa perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta di seluruh Indonesia. Selain menjanjikan pengalaman riset, program yang diselenggarakan oleh Dikti ini sangat royal terhadap pendanaan. Sayang sekali jika Anda tidak pernah merasakan mengikuti kompetisi ini.

Namun banyaknya pesaing dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi mengharuskan kamu untuk pandai memiliki tema yang menarik agar bisa mendapatkan pendanaan dan lolos seleksi awal. Berikut ini merupakan tips – tips untuk membuat judul PKM yang menarik.

  1. Update informasi

Salah satu kriteria penilaian yang akan dipertimabngkan bahwa proposalmu layak didanai atau tidak adalah keterbaruan tema yang akan diajukan. Jika kamu memiliki ide tertentu, kamu harus menggali sedalam mungkin informasi terbaru tentang tema yang akan kamu ulas. Apakah idemu pernah dilakukan orang lain. semakin orisinil ide yang kamu ajukan di dalam proposal, akan membuat peluangmu didanai semakin besar.

Jadi sebelum menentukan judul, mulailah membaca majalah atau literatur di internet yang sesuai dengan tema. Dengan cara ini bukan hanya membuat proposalmu bebas dari plagiat, namun juga dapat memberii ide gagasan baru sehingga penilai tidak akan ragu untuk mendanai penelitianmu.

Kolaborasi dengan fakultas lain

Selain sering membaca informasi terkini, berkolaborasi dengan kelompok lain akan membuat materimu lebih kaya dari pesaing lain. bergabung dengan bidang pengetahuan lain bisa membuka pikiranmu. Kamu akan sadar bahwa satu ilmu saja tidak cukup untuk menghasilkan penelitian yang berguna bagi masyarakat. Judul yang memiliki kompleksitas bidang ilmu akan mendapatkan peluang didanai lebih besar daripada yang hanya mengandalkan satu bidang keilmuan.

Gali masalah sosial yang belum ada solusi praktisnya

Tema merupakan indikator utama penilaian proposal PKM. Salah satu cara untuk membuat judul yang menarik yaitu dengan mengusung masalah sosial yang belum punya solusi praktis dimasyarakat.

Meski usulan proposalmu belum tentu terbukti bisa direalisasikan dalam kehidupan sehari – hari, namun tema yang dapat mengatasi masalah sosial memiliki nilai yang lebih menjual.

Judul harus menarik

Tema – tema yang sangat umum atau biasa juga bisa lolos pendanaan asal kamu dapat mengemasnya dengan judul yang sangat menarik. Hal ini dikarenakan judul merupakan first impression dari penilai. Jadi bisa saja jika meski isinya bagus namun judulnya tidak menarik akan membuat proposalmu mudah untuk ditolak.

Rancangan dana harus realistis

Rancangan daha merupakan sesuatu hal yang wajib ada dalam susunan proposalPKM. Kamu wajib membuat rancangan dana serealistis mungkin dan mengurangi biaya yang sebenarnya tidak perlu. Penilaian terbesar juga dilihat dari anggaran dana yang diajukan. Semakin masuk akal dana yang kamu usulkan pada proposal makan akan mendapatkan peluang lolos lebih besar.

Tawarkan program yang aplikatif

Teori tentang segala ilmu pengetahuan memang sangat penting untuk dipelajari, namun sangat perlu untuk menggali solusi yang aplikatif. Banyak sekali proposal – proposal yang memiliki tema aplikatif yang lolos ke PIMNAS.

Jadi kamu harus menciptakan sesuatu yang bisa memudahkan pekerjaan banyak orang. Dengan cara ini proposalmu akan lebih menarik ketika ditinjau oleh tim penilai.

Nah itulah enam tips yang dapat kamu lakukan untuk memilih judul PKM agar lolos pendanaan awal bahkan PIMNAS. Namun selain hal diatas, banyak faktor lain yang dapat menjadi indikator penilaian proposal yang kamu ajukan. Selamat mencoba!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here