8 Kata dalam Bahasa Inggris Dengan Penyebutan Mirip tapi Arti Berbeda

1413

Kursus Speaking Bandung – Mungkin anda pernah mendengar kata kata dalam bahasa inggris yang cukup membingungkan, yang dimana memiliki sebutan yang terdengar sama namun memiliki penulisan dan arti yang berbeda beda. Dalam bahasa inggris terdapat beberapa kata yang dikelompokkan ke dalam homofon, homonim, dan homograf.  

Homofon sendiri mengacu pada sebuah kata yang dari pengucapannya terdengar sama namun secara penulisan dan artinya berbeda, sedangkan Homonim merupakan sebuah kata yang memiliki penulisan dan pengucapan yang  sama namun mengandung arti yang berbeda beda, sementara homograf merupakan sebuah kata yang dimana memiliki tulisan yang sama namun memiliki lafal dan makna yang berbeda.

Kata kata tersebut sebenarnya dapat ditemukan dalam kamus bahasa inggris, namun meski demikian banyak orang yang kerap kali masih merasa kesulitan dalam membedakan kata kata yang terdengar tersebut. berikut 10 kata kata dalam bahasa inggris yang memiliki pengucapan yang sama namun mengandung arti dan ejaan yang berbeda.

 

Affect dan Effect

Affect dan Effect merupakan dua kata dalam bahasa inggris yang memiliki pengucapan yang sama persis, namun dari segi ejaan dan artinya berbeda. Dimana Affect mengacu kepada verb atau kata kerja dari perubahan. Sementara Effect merupakan kata benda dari perubahan. 

 

Assure dan Ensure

Assure dan Ensure merupakan dua kata yang juga memiliki penyebutan yang sama dengan arti yang berbeda dimana Assure memiliki arti menjamin sesuatu, sementara Ensure memiliki arti sesuatu akan benar benar terjadi.

 

Accept dan Except

Dua kata ini terkadang membuat banyak orang yang belum fasih berbahasa inggris kerap salah  mengartikannya. Accept merupakan kata yang memiliki arti setuju ketika melakukan atau menerima sesuatu, sedangkan Except merupakan kata yang digunakan untuk pengecualian.

 

Bare dan Bear

Sama halnya dengan beberapa kata sebelumnya, Bare dan Bear merupakan dua kata yang terdengar dari segi pengucapannya sama namun mengandung arti yang berbeda. Bear merupakan sebutan untuk hewan beruang atau menanggung sesuatu. Sementara bare merupakan kata yang memiliki arti telanjang atau memperlihatkan. 

 

Dessert dan Desert

Dessert dan Desert merupakan dua kata dalam bahasa inggris yang cukup sering banyak disalah artikan oleh kebanyakan orang yang belum fasih dalam berbahasa inggris. Bukan hanya dalam mengartikan penyebutannya saja, namun juga secara penulisannya juga terkadang banyak yang melakukan kesalahan karena memang hanya terletak perbedaan pada jumlah huruf “S” yang digunakan saja. Dessert merupakan kata yang memiliki arti makanan penutup atau makanan manis sementara desert berarti padang pasir.  

 

Complement dan Compliment

Complement merupakan kata yang memiliki arti ungkapan untuk memberikan sebuah pujian atau penghargaan, sedangkan Complement adalah sesuatu yang melengkapi sesuatu. Agar anda tidak salah mengartikan kedua kata yang hampir sama ini, anda dapat memperhatikan kata pendukung yang digunakan dalam kalimat pengungkapan nya.

Baca juga Teknik Fasih Berbahasa Inggris dalam 60 Hari

Further dan Farther 

Selain memiliki cara pengungkapan yang tampak sama, Further dan Farther juga merupakan dua kata yang digunakan untuk mengungkapkan jarak. Hanya saja, dalam penggunaan kalimat yang berbeda, dimana Further lebih digunakan untuk jarak yang jauh namun tidak terukur atau metaforis. Sementara farther digunakan untuk jarak yang bisa diukur.  

 

Lose dan Loose 

Kata dengan cara penyebutan yang sama terakhir adalah Lose dan Loose. Dua kata ini juga kerap membuat banyak orang yang mendengarkannya kerap merasa bingung terutama bagi yang masih dalam tahap belajar bahasa inggris. Lose berarti kehilangan sesuatu, sedangkan loose berarti membebaskan atau longgar. 

Selain 8 kata tersebut sebenarnya masih ada sekumpulan kata lain yang juga bersifat demikian. Kunci utama agar anda tidak salah mengartikan kata kata tersebut, adalah jangan terfokus pada kata yang memiliki penyebutan yang sama, namun fokuslah pada kata lain yang digunakan dalam pengungkapannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here