8 Parts of Speech yang Wajib Kamu Ketahui!

0
88

Apa itu parts of speech? Parts of speech adalah sebutan untuk ‘penggolongan kata yang dikategorikan berdasarkan peran dan fungsi kata tersebut dalam struktur kalimat sebuah bahasa.’

Parts of speech terdiri dari 8 jenis yaitu: noun, pronoun, verb, adjective, adverb, conjunction, preposition, dan interjection.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas 8 parts of speech yang wajib kamu ketahui!

  1. Noun (Kata Benda)

Noun atau yang biasa kita sebut kata benda adalah salah satu komponen parts of speech yang digunakan untuk menamai kata yang meliputi: nama orang (ex: Jacob) nama tempat (ex: California), nama benda (ex: Handphone), ide (ex: Happiness), dan konsep (ex: freedom).

  1. Pronoun (Kata Ganti)

Parts of speech yang kedua adalah pronoun atau kata ganti. Sesuai dengan istilahnya, pronoun memiliki peran sebagai pengganti kata benda atau noun, seperti: I, you, they, we. He, she, it, me, you, him, her, etc.

Salah satu tujuan dari penggunaan komponen parts of speech yang satu ini adalah menghindari pengulangan kata guna membentuk sebuah kalimat efektif.

  1. Verb (Kata Kerja)

Parts of speech yang selanjutnya adalah verb atau kata kerja. Komponen parts of speech yang satu ini berguna untuk menunjukkan tindakan atau peristiwa yang dilakukan oleh subject.

Verb dapat dibagi dalam beberapa jenis, antara lain seperti: Action verb transitive (ex: bring, buy, etc.), action verb intransitive (ex: act, adapt, etc.), dan linking verb (ex: am, is, are, was, etc.).

  1. Adjective (Kata Sifat)

Adjective atau kata sifat adalah salah satu dari komponen parts of speech yang berguna untuk menggambarkan atau memodifikasi noun atau pronoun.

Contoh adjective: Beautiful, smart, old, long, short, etc.

  1. Adverb (Kata Keterangan)

Parts of speech yang kelima adalah adverb atau kata keterangan. Komponen yang satu ini berfungsi untuk memberikan keterangan tambahan pada verb, adjective, atau adverb itu sendiri.

Contoh adverb: Beautifully, softly, quickly, etc.

  1. Conjunction (Kata hubung)

Conjunction atau kata hubung adalah salah satu komponen parts of speech yang berguna untuk menghubungkan kata, frasa, klausa, atau kalimat.

Contoh conjunction: for, and, but, after, although, not only… but also, etc.

  1. Preposition (Kata Depan)

Preposition atau kata depan adalah parts of speech yang terletak sebelum noun atau pronoun. Fungsi dari parts of speech yang satu ini adalah menunjukkan hubungan dari kata yang dimodifikasinya.

Contoh preposition: in, on, at, between, etc.

  1. Interjection (Kata Seru)

Interjection merupakan salah satu parts of speech yang berfungsi sebagai kata yang dapat mengekspresikan emosi.

Contoh interjection: Whoaa!, Oh no!, Ouch!, etc.

Itu dia 8 parts of speech yang wajib kamu ketahui! Coba buat kalimat denan menggunakan komponen parts of speech yang sudah kita bahas di kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here