Apa Itu Descriptive Text? Mari Kita Pelajari Lebih Lanjut!

1659

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas salah satu jenis teks bahasa inggris yang penting untuk kita pelajari. Namun seperti yang sudah kita bahas, jenis teks di dalam bahasa inggris ada banyak sekali jenisnya.

Nah! Dalam artikel kali ini kita akan membahas jenis teks bahasa inggris lainnya yang tak kalah penting untuk kita pelajari, yaitu descriptive text. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas bersama-sama!

Apa Itu Descriptive Text?

Descriptive text atau teks deskriptif diambil dari kata describe yang artinya menggambarkan. Jadi teks ini berisikan tulisan kamu yang isinya menggambarkan seseorang, sesuatu, atau suatu keadaan. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran detail atau menjelaskan sesuatu kepada pembaca.

Apa Sajakah Ciri-ciri Descriptive Text?

Adapun ciri-ciri descriptive text antara lain:

  • Hanya fokus pada suatu objek tertentu

Seperti namanya, descriptive text. Maka teks ini harus berisikan tulisan yang menjelaskan suatu objek, entah itu hewan, manusia, benda, tumbuhan, ataupun suatu keadaan. Biasanya objek itu akan dijelaskan berdasarkan rumus 5W1H, atau what, when, where, why, who, dan how.

  • Menggunakan simple present tense

Mengapa menggunakan simple present tense? Saat kita menggambarkan suatu objek, itu artinya kita mendeskripsikan fakta yang melekat pada objek tersebut. Salah satu fungsi simple present tense adalah mengungkapkan kalimat yang berisikan fakta.

  • Seringkali menggunakan kata sifat (adjective)

Saat kita menjelaskan suatu objek, tentu saja kita membutuhkan kata sifat.

Generic Structure dari Descriptive Text

Adapun generic structure dari descriptive text antara lain:

  • Identification

Hal pertama yang akan kamu jumpai di dalam descriptive text adalah identification atau identifikasi. Struktur yang pertama ini adalah paragraf pengenalan yang akan menjelaskan objek apa yang akan dibahas sebelum masih ke pembahasan yang lebih dalam.

  • Description

Kemudian paragraf akan berlanjut ke description atau deskripsi yang akan menjelaskan penggambaran lebih lanjut tentang objek yang dibahas.

Nah.. Itu dia informasi seputar descriptive text! Habis baca artikel ini kamu jadi tau kan informasi penting seputar descriptive text! Coba buat satu contoh paragraf yang menggambarkan descriptive text, sesuai dengan informasi yang sudah kamu baca tadi di kolom komentar!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here