Apa itu Infinitive Verb? dan Seperti Apa Contohnya?

267

Kursus Toefl Bandung – Sebelum memasuki pembahasan yang lebih mendalam, penting bagi Anda untuk memahami bahwa kata kerja infinitive merupakan bentuk dasar dari kata kerja yang mengalami perubahan bentuk dalam hal tenses atau penambahan akhiran huruf s/es/ies.

Infinitive terdiri dari dua bentuk, yaitu bare infinitive atau simple verb dan particle to. Fungsi dari kata kerja infinitive dapat berperan sebagai kata benda (noun), kata sifat (adjective), atau kata keterangan (adverb). Di samping infinitive, terdapat juga gerund dan participle sebagai bentuk verbal lainnya. Infinitive yang biasanya terdiri dari objek dan penjelas disebut sebagai frasa infinitive.

Ada beberapa kata kerja yang termasuk dalam kategori infinitive, seperti plan to, command to, encourage to, intend to, promise to, offer to, ask to, would to, like to, beg to, force to, hope to, appear to, pretend to, expect to, dan masih banyak lagi. Untuk memperjelas pemahaman Anda, artikel ini akan memberikan beberapa contoh kalimat sebagai ilustrasi.

Artikel ini berfokus pada memberikan contoh contoh, karena dengan adanya contoh contoh tersebut, Anda akan dapat memahami konsep tersebut dengan lebih baik.

 

Contoh Infinitive Verb

Infinitive Verb tidak seperti kata kerja lain pada umumnya, sebab Infinitive Verb ini tetap berbentuk kalimat tanpa konjungsi, Ada beberapa macam kata kerja Infinitive. Untuk lebih detailnya, simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Infinitive Verbs sebagai Kata Sifat

Infinitive verb dapat berperan sebagai kata sifat dalam kalimat. Misalnya, “She has a book to read” (Dia memiliki sebuah buku untuk dibaca). Di sini, “to read” berperan sebagai kata sifat yang menjelaskan buku tersebut dapat dibaca. Berikut adalah beberapa contoh lain penggunaan infinitive verb sebagai kata sifat

I have a car to sell. (Saya memiliki mobil untuk dijual.)

He needs a pen to write. (Dia membutuhkan sebuah pena untuk menulis.)

 

Infinitive Verbs sebagai Kata Benda

Infinitive verb juga dapat berperan sebagai kata benda dalam kalimat. Misalnya, “To swim is his favorite activity” (Berenang adalah aktivitas favoritnya). Di sini, “To swim” berperan sebagai subjek dalam kalimat. Berikut adalah beberapa contoh lain penggunaan infinitive verb sebagai kata benda

My dream is to travel the world. (Impian saya adalah untuk menjelajahi dunia.)

Her goal is to become a doctor. (Tujuannya adalah menjadi seorang dokter.)

 

Infinitive Verbs sebagai Kata Keterangan

Infinitive verb juga dapat berperan sebagai kata keterangan dalam kalimat, yang menjelaskan tujuan atau maksud dari suatu tindakan. Misalnya, “She went to the store to buy some groceries” (Dia pergi ke toko untuk membeli beberapa barang keperluan). Di sini, “to buy” berperan sebagai kata keterangan yang menjelaskan tujuan dari pergi ke toko. Berikut adalah beberapa contoh lain penggunaan infinitive verb sebagai kata keterangan

He woke up early to catch the train. (Dia bangun pagi untuk mengejar kereta.)

They study hard to pass the exam. (Mereka belajar dengan giat untuk lulus ujian.)

Baca juga Mengenal Beragam Jenis Verb dalam Bahasa Inggris

Bare Infinitives

Selain bentuk infinitive verb yang lengkap dengan particle “to,” terdapat juga bentuk dasar yang dikenal sebagai bare infinitives. Bare infinitives digunakan dalam beberapa kasus, seperti setelah kata kerja modal (can, could, may, might, must, shall, should, will, would) atau setelah beberapa kata kerja tertentu seperti let, make, dan help. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan bare infinitives

She can swim. (Dia bisa berenang.)

Let him go. (Biarkan dia pergi.)

They made her sing. (Mereka membuatnya bernyanyi.)

He helped me clean the house. (Dia membantu saya membersihkan rumah.)

Nah bagaimana? Apakah anda sudah memperoleh gambaran lebih jelas mengenai Infinitive Verb? pastikan jika anda sudah mempelajari dan memahaminya, agar lebih mudah bagi anda untuk dapat menjadi fasih berbahasa Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here