Apa Itu Jurusan Ilmu Perpustakaan.?

401

Kursus Speaking Bandung – Mungkin bagi kebanyakan orang, jurusan ilmu perpustakaan masih terdengar asing, karena memang jurusan yang satu merupakan jurusan yang tidak begitu populer. Akan tetapi, bukan berarti jurusan ini tidak bisa memberikan prospek kerja yang cerah di masa mendatang. Pengen tau lebih jauh mengenai jurusan ilmu perpustakaan.? Yuk kita bahas lebih lengkap mengenai jurusan yang satu ini.

 

Apa Itu Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan ilmu perpustakaan merupakan studi yang  akan mempelajari mengenai banyak keahlian di bidang  informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. 

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai  bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Kamu juga akan belajar mengenai mengelola informasi yang berbentuk tercetak maupun digital.

 

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

Bagi kamu yang suka dengan data, berkomunikasi dengan manusia dan berimprovisasi di lembaga informasi, maka kamu sangat cocok untuk mengambil jurusan ilmu perpustakaan. Di jurusan ini, kamu akan belajar untuk menjadi teliti dan rapi dalam mengelola sebuah data,

Jurusan ini akan mengajarkan kamu tentang etika keperpustakaan dan melatih daya analisis kamu, sehingga kamu akan dilatih untuk pustakawan yang kompeten dan membekali kamu dengan keterampilan mengelola, dan mengorganisasi sumber sumber informasi seperti misalnya film, buku, dan lain lain.

 

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Perpustakaan 

Sebagai satu jurusan yang akan mengajarkanmu akan mengelola data menjadi rapi, akan ada banyak prospek kerja yang menanti kamu setelah lulus kuliah nanti, berikut beberapa prospek kerja dari para lulusan jurusan ilmu perpustakaan.

 

Pustakawan

Prospek kerja pertama yang sudah cukup identik dengan lulusan ilmu perpustakaan adalah menjadi pustakawan. Seorang pustakawan ini memiliki tugas untuk mengelola buku buku yang ada di perpustakaan. Itulah mengapa untuk menjadi seorang pustakawan, setidaknya kamu harus memiliki minat yang tinggi terhadap buku buku atau suka membaca.

 

Arsiparis 

Prospek kerja selanjutnya untuk para lulusan jurusan ilmu perpustakaan adalah menjadi arsiparis. Menjadi seorang arsiparis ini, kamu akan dituntut untuk mengelola arsip arsip. Sebagai seorang yang bertugas mengurus arsip, tentunya kamu akan memegang peranan yang penting di perusahaan atau kantor tempat kamu bekerja. Dengan pengelolaan arsip yang baik tentunya perusahaan atau lembaga bisa mendapatkan informasi dengan mudah jika diperlukan. 

 

Instansi Pemerintahan 

Sebagai satu jurusan yang akan menyangkut sebuah data, seorang lulusan jurusan ilmu perpustakaan ini juga akan memiliki kesempatan untuk bekerja di instansi pemerintah. Tugas seorang pustakawan yang bekerja di instansi pemerintah ini umumnya akan bertugas untuk mengelola data data dan arsip instansi tersebut. sebagai seorang yang bekerja di instansi pemerintah tentu akan memperoleh gaji dan tunjangan yang cukup menjanjikan untuk masa depan.

Baca juga Bedah Jurusan Aktuaria Hingga Prospek Kerjanya

Information Specialist

Dengan kebiasaan dalam mengelola data, seorang lulusan ilmu perpustakaan ini juga akan memperoleh kesempatan untuk bekerja sebagai informasi spesialis yang dapat mengelola berbagai macam bentuk informasi mulai dari database, website sampai informasi penting lainnya.

 

Dinas Pendidikan 

Peluang kerja dari lulusan jurusan ilmu perpustakaan selanjutnya adalah bekerja di dinas pendidikan mulai dari daerah hingga pusat. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang memang memiliki passion di bidang pendidikan. Untuk masalah gai, profesi ini akan memberikan gaji beserta tunjangan yang cukup menjanjikan untuk masa depan nanti.

Itulah sekilas informasi mengenai jurusan ilmu perpustakaan. Semoga dengan mengenal lebih jauh mengenai jurusan ini dapat memberikan kamu keputusan yang tepat untuk memilih jurusan yang tepat di bangku kuliah nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here