Apa Itu Jurusan Kriminologi.?

413

Kursus Ielts Bandung – Kriminologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai berbagai aspek kejahatan. Kata kriminologi sendiri merupakan gabungan dari dua kata yaitu criemen dan logos. Dimana crimen ini merupakan kata yang memiliki arti kejahatan dan sementara logos memiliki arti ilmu.

Ketika kamu mempelajari ilmu kriminologi maka kamu akan diperkenalkan dengan berbagai faktor dari timbulnya suatu kejahatan. Maka dari itulah ketika kamu belajar di bangku kuliah dengan jurusan ini, kamu juga akan mempelajari mengenai ilmu ilmu lainnya seperti sosiologi, psikologi, ekonomi, sejarah, psikiatri, geografi, biologi, antropologi, filsafat, politik, hukum, dan bahkan ilmu jurnalistik akan kamu pelajari di jurusan yang satu ini.

Banyak yang menganggap bahwa para mahasiswa yang mengambil jurusan Kriminologi ini dapat menjadi seorang detektif. Apakah benar demikian.? Mari kita bedah lebih dalam mengenai jurusan Kriminologi ini.

 

Mengenal Jurusan Kriminologi

Kriminologi merupakan sebuah jurusan yang berfokus pada penelitian tentang jenis, penyebab hingga pengendalian kejahatan. Dalam proses penelitiannya, Kriminologi akan menerapkan beberapa bidang ilmu seperti Biologi, Geografi, Politik, Filsafat, Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Sejarah, Psikologi, hingga Psikiatri.

 

Apa Saja yang akan Dipelajari di Jurusan Kriminologi?

Pada jurusan Kriminologi ini kamu akan melakukan penelitian mengenai sosial untuk menganalisis faktor faktor dari penyebab terjadinya kejahatan, penyimpangan hingga pelanggaran hukum yang terjadi. Disini, kamu akan belajar untuk dapat melihat suatu tindakan kriminal dari pelaku dan juga korban.

Di sini, kamu akan difokuskan pada pembahasan mengenai pelaku kejahatan, korban kejahatan, kejahatan itu sendiri dan reaksi dari masyarakat. Di jurusan ini kamu akan lebih banyak belajar mengenai reka ulang, olah  tempat kejadian  perkara, rekam, sidik jari dan juga jejak darah. Di sini kamu juga akan menganalisis berbagai tindak kejahatan dengan lingkup yang cukup luas, seperti kenakalan remaja, hingga hal hal yang bersifat ghaib (santet) dan terorisme.

 

Mata Kuliah Jurusan Kriminologi

Ketika kamu memasuki bangku pendidikan di jurusan Kriminologi ini, kamu akan disambut dengan mata kuliah yang dimulai dari pengantar Kriminologi, kemudian dasar dasar teori sosial Kriminologi, hukum pidana, teori Kriminologi modern, penologi dasar, hukum pidana hingga Konflik Sosial dan Kejahatan.

Mata kuliah pembelajaran akan diberikan secara bertahap dan jurusan ini akan  lebih sering mengajak kamu untuk belajar di lapangan atau olah TKP.

 

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi 

Nah bagi kamu yang mungkin bertanya tanya apakah benar jika lulusan Jurusan Kriminologi ini bisa menjadi detektif, simak berikut prospek kerja setelah lulus nanti.

Kejaksaan

Prospek kerja pertama dari para lulusan  jurusan Jurusan Kriminologi ini dapat  menjadi kejaksaan. Dimana seperti yang  kita ketahui, kejaksaan bertugas sebagai jaksa yang akan bertanggung jawab atas kasus hukum yang sedang ditanganinya. Kejaksaan merupakan tempat dimana kasus kriminal diproses dan diselesaikan.

 

Lembaga Kepolisian

Selain bekerja di kejaksaan, lulusan dari Jurusan Kriminologi juga akan memperoleh kesempatan untuk bekerja di lembaga kepolisian. Disini,kamu akan ditugaskan untuk melakukan penyelidikan atas kasus kasus kriminal yang beredar. Di tempat ini, kamu akan menangani berbagai macam kasus mulai dari kasus ringan hingga berat.

Baca juga Mengenal Lebih Dekat Jurusan Kuliah Hubungan Internasional

KPK

Prospek kerja selanjutnya adalah dapat bekerja sebagai KPK. Seperti yang kita ketahui, KPK bertugas dalam memberantas kejahatan korupsi yang terjadi di negara indonesia. Kasus korupsi ini sangat banyak sehingga membutuhkan orang orang yang memang memiliki kemampuan hukum untuk menanganinya. 

 

Badan Intelijen Negara

Tidak hanya menjadi pekerja yang menjanjikan, menjadi intelijen negara juga menawarkan gaji yang cukup fantastis. Namun untuk dapat menjadi intelijen negara tentu kami memiliki skill yang  mumpuni. Seorang yang memiliki kecerdasan yang tinggi, intelek, mampu menjaga rahasia dan siap mati demi negara adalah karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang intelijen negara.

Nah bagaimana dengan prospek kerja dari para lulusan Jurusan Kriminologi tersebut.? apakah kamu tertarik ingin mengambil jurusan ini.?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here