Apa itu SVO? Ketahui Arti dan Fungsi dari Subject, Verb dan Object yuk!

0
87

Kalian yang pernah belajar struktur penulisan Bahasa Inggris pasti familiar dengan struktur dasar SVO. SVO merupakan singkatan dari subject, verb dan object. Tapi tahukah kamu funsgi sesungguhnya dan kata-kata apa saja yang merupakan bagian dari subject, verb ataupun object? Yuk disimak untuk info lebih lanjutnya!

 

  • Subject

 

Subject merupakan pelaku yang melakukan sesuatu di dalam suatu kalimat. Setelah mendengar penjelasan tadi mungkin kalian pikir berarti subject hanya terpacu pada manusia – jawabannya, gak juga kok! Subject tidak harus manusia tetapi bisa juga mengacu kepada benda, hewan maupun tanaman. 

 

Dalam Bahasa Inggris, subject dapat berbentuk seperti pronoun ataupun nama. Jadi, dalam Bahasa Inggris subject bisa menjadi I, You, They, We, He, She, It ataupun juga dapat menjadi nama atau julukan seperti Budi, Kakak atau Adik (brother atau sister).

 

Contoh penggunaan subject dalam sebuah sentence:

  • I am eating right now.

(Aku lagi makan sekarang.)

  • She likes that cake.

(Dia (perempuan) suka kue itu.)

  • Budi is very picky with his food.

(Budi itu sangat pemilih, apalagi kalau dalam memilih makanan.)

 

Subject merupakan hal yang penting untuk dipakai dalam suatu kalimat. Hal ini disebabkan karena subject dapat menjelaskan ‘siapa’ atau ‘apa’ yang dibicarakan. Jadi, tanpa subject suatu kalimat akan terdengar membingungkan karena kita tidak tahu kita sedang membicarakan apa.

 

 

  • Verb

 

Verb dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai kata kerja. Kata kerja merupakan kata yang dipakai jika ingin menggambarkan subject melakukan sebuah kegiatan atau tindakan. 

 

Seperti yang diketahui verb memiliki 3 bentuk yang berpacu pada waktu yang digunakan dalam kalimat tersebut yaitu verb 1, verb 2 dan verb 3.

 

Berikut merupakan contoh penggunaan kata kerja dalam Bahasa Inggris:

  • She likes food in general.

Dia suka makanan.

  • I was playing with him.

Aku tadi main dengan dia.

  • Kia went to the park to meet her friends.

Kia pergi ke taman untuk bertemu temannya.

 

Dalam Bahasa Inggris, verb ada yang berbentuk tindakan (melakukan suatu aktivitas) dan ada juga yang tidak menyatakan bahwa subject sedang melakukan sesuatu (seperti is, am, are).

 

Selain itu, verb juga dibagi menjadi dua jenis: intransitive verb dan transitive verb. Perbedaannya adalah intransitive verb merupakan kata kerja yang perlu dilengkapi dengan object sedangkan transitive merupakan kebalikannya. 

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai transitive dan intransitive verb, bisa dibaca disini ya!

 

 

  • Object

 

Object merupakan benda atau orang yang terkena dampak dari apa yang dilakukan si subject. Dalam Bahasa Inggris, seperti yang sudah disampaikan di atas, tidak semua verb perlu object. Tetapi, hampir semua kalimat boleh sekali ditambahkan dengan object atau compliment (keterangan) dalam kalimatnya.

 

Dibawah merupakan contoh kalimat yang menggunakan object:

 

  • He bakes something for you.

 

(Dia memanggang sesuatu untukmu.)

  • I dreamed of you.

(Aku mimpiin kamu.)

 

  • She likes you.

 

(Dia suka kamu.)

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai subject, verb dan object. Semoga mudah dimengerti ya!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here