Apa Sih Bedanya Probably, Perhaps, Maybe, dan Possibly?

0
384

Kamu pasti sering kan ditanya sesuatu yang tidak kamu yakini jawabannya, dan pada akhirnya kamu menjawab ‘Iya kali ya?’ atau ‘Mungkin kayak gitu’. Nah di dalam bahasa inggris, untuk menjawab seperti itu ada banyakkk sekali pilihannya. Kamu bisa menggunakan beberapa diantaranya; perhaps, maybe, probably, atau pun possibly. Tapi apa sih bedanya ke empat ekspresi ini?

Secara level keyakinannya, ke empat ekspresi ini bisa dibagi ke dalam tiga kategori. Yaitu yakin, setengah yakin, dan terakhir yang tingkat keyakinan kita akan sesuatu itu sangat kecil. Yuk kita bahas satu persatu!

  1. Yakin

Kalau kamu cukup yakin akan sesuatu, maka gunakanlah kata probably. Jika diberikan presentase keyakinan, probably memiliki angka 60-95% tingkat keyakinan. Jadi saat kamu mengatakan probably, itu artinya kamu percaya 60-95% bahwa hal yang kamu katakan akan terjadi.

Namun, apakah dia benar terjadi? Belum tentu! Jika kamu menggunakan kata probably (berasal dari probability) yang berarti kemungkinan atau peluang, itu artinya kamu mempercayai sesuatu bisa saja terjadi karena sudah mengukur banyak faktor yang membuat kamu yakin hal itu terjadi. Namun dugaanmu juga bisa salah. Karena saat kita membicarakan peluang, hal itu bukan sekedar ‘ya’ atau ‘tidak’. Namun lebih rumit dari itu.

Maka dari itu, saat kamu menggunakan kata ini, pastikan kamu sudah mempertimbangkan beberapa kemungkinan sampai kamu berada di titik yakin akan suatu hal.

  1. Setengah Yakin

Kalau kamu berada di tingkat keyakinan antara ‘ya’ atau ‘tidak’ kamu bisa menggunakan perhaps dan maybe. Presentase kamu yakin akan suatu hal saat menggunakan kedua ekspresi ini adalah berada di kisaran 50%. Perbedaan kedua kata ini ada di situasi saat kamu mengatakan ekspresi ini, baik di situasi formal atau kasual. Perhaps untuk situasi formal, dan maybe untuk situasi kasual.

  1. Tidak Yakin

Nah, jika tingkat keyakinanmu akan suatu hal itu terjadi sangat kecil, maka gunakanlah possibly. Presentase kamu yakin akan suatu hal saat menggunakan ekspresi ini ada dibawah 50%.

Sekarang kamu paham kan apa perbedaan dari probably, perhaps, maybe, dan possibly? Coba kamu kasih contoh dari masing-masing ekspresi ini di kolom komentar!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here