Apakah Perbedaan IELTS dan TOEFL?

0
51

Pada zaman sekarang, memiliki keahlian berbahasa asing dapat menjadi nilai plus untuk dirimu. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Untuk membuktikan keahlian kamu di bidang bahasa yang satu ini, biasanya kamu akan diminta sertifikasi IELTS atau TOEFL. Meski keduanya sama-sama berada di ranah Bahasa Inggris, namun ternyata mereka memiliki beberapa perbedaan.

Kamu penasaran? Mari kita bahas hal ini satu persatu!

  1. IELTS vs TOEFL

IELTS singkatan dari Internet English Language Testing System. Sedangkan TOEFL singkatan dari Testing of English as Foreign Language. TOEFL sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu TOEFL iBT (Interner Based Test) dan TOEFL ITP (Institutional Testing Program).

  1. Bahasa Inggris yang digunakan

Seperti yang kita ketahui, bahasa inggris sendiri memiliki jenis yang beragam. Kedua test ini memakai jenis bahasa inggris yang berbeda satu dengan yang lainnya. IELTS memakai bahasa inggris British, sedangkan TOEFL memakai bahasa inggris Amerika.

  1. Negara yang menerima hasil test

Untuk negara mana yang menerima hasil test IELTS atau TOEFL sebenarnya harus lebih diperhatikan lagi di persyaratan institusi yang ingin kamu datangi. Namun, IELTS cenderung diterima di negara Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Sedangkat TOEFL biasanya diterima dinegara Amerika Serikat dan Kanada.

  1. Pembagian Test

Untuk pembagian test nya sendiri, baik IELTS maupu TOEFL sama-sama memiliki empat bagian, yaitu: Writing, reading, speaking, dan listening. Namun format yang keduanya gunakan berbeda.

  1. Cara pengambilan test

Perbedaan keduanya juga dapat di lihat dari cara pengambilan test nya. Jika kamu mengikuti test IELTS kamu harus mengerjakan seluruh section nya secara manual atau tulis tangan. Sedangkan untuk TOEFL, semua jawaban kamu akan terekam di komputer.

  1. Durasi test

Pengerjaan test IELTS berdurasi kurang lebih 2 jam 45 menit. Sementara pengerjaan test TOEFL berdurasi kurang lebih 4 jam.

  1. Format penilaian

Poin terakhir adalah format penilaian. Jika test IELTS akan memberikan kamu nilai dengan format 0-9,0. TOEFL iBT akan memberikanmu nilai maksimal 120, sedangkan TOEFL ITP akan memberikanmu nilai paling banyak 600.

Itu dia perbedaan IELTS dan TOEFL!! Jadi sejauh ini test bahasa inggris mana yang sudah kamu coba, atau mungkin ingin kamu coba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here