Asking and Giving Attention, Ungkapan Meminta dan Memberikan Perhatian

368

Les Bahasa Inggris untuk Karyawan – Saat berbicara, pernahkah Anda meminta perhatian dari lawan bicara Anda? Atau sebaliknya, apakah lawan bicara Anda meminta perhatian Anda sejenak?

Situasi tersebut sering terjadi, terutama jika Anda berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari ungkapan-ungkapan yang berkaitan dengan meminta dan memberikan perhatian dalam bahasa Inggris.

 

Asking Attention (Meminta Perhatian)

Apa itu “asking attention”?

“Asking attention” adalah tindakan meminta perhatian seseorang. Hal ini dapat dilakukan melalui ucapan langsung, bahasa tubuh, atau ekspresi wajah yang menunjukkan keinginan untuk berkomunikasi.

Ketika kita meminta perhatian, itu berarti kita memiliki sesuatu yang ingin dikomunikasikan, seperti perasaan, pemikiran, atau kebutuhan.

 

Berikut adalah beberapa contoh ungkapan untuk meminta perhatian

“Excuse me, could I have your attention for a moment?”

(Permisi, bisakah saya meminta perhatianmu sebentar?)

 

“Hey, could you please listen to me for a minute?”

(Hei, bisakah kamu mendengarkan saya sebentar?)

 

“I have something important to discuss. Can you spare a moment to hear me out?”

(Saya punya sesuatu yang penting untuk dibicarakan. Bisakah kamu meluangkan waktu untuk mendengarkan saya?)

 

Giving Attention (Memberikan Perhatian)

 

Apa itu “giving attention”?

“Give attention” adalah tindakan memberikan perhatian penuh kepada orang yang meminta atau kepada siapa kita berkomunikasi. Ini melibatkan fokus, pendengaran aktif, dan menunjukkan minat terhadap apa yang dikatakan atau dilakukan oleh orang lain.

Dalam memberikan perhatian, kita menunjukkan bahwa kita peduli, menghormati, dan mendengarkan dengan baik.

 

Berikut adalah beberapa ungkapan untuk memberikan perhatian:

“I’m here, go ahead and talk. I’m listening.” (Saya di sini, lanjutkan dan bicaralah. Saya mendengarkan.)

“Please, tell me what’s on your mind. I’m all ears.” (Tolong, katakan apa yang ada di pikiranmu. Saya siap mendengarkan.)

“I’m interested in hearing your perspective. Please, continue.” (Saya tertarik mendengar pandanganmu. Silakan, lanjutkan.)

Baca juga Belajar Bahasa Inggris Dengan Materi Linking Verb

Contoh Dialog Asking and Giving Attention

A: Hi, I noticed you’ve been looking a bit down lately. Is everything okay? (Hai, saya perhatikan Anda terlihat agak murung akhir-akhir ini. Apakah semuanya baik-baik saja?)

B: Oh, it’s nothing. Just some personal stuff I’ve been dealing with. (Oh, tidak apa-apa. Hanya beberapa hal pribadi yang telah saya tangani.)

A: I understand. If you ever need someone to talk to or vent, know that I’m here to listen. You don’t have to go through it alone. (Saya mengerti. Jika Anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara atau curhat, ketahuilah bahwa saya di sini untuk mendengarkan. Anda tidak harus melewatinya sendirian.)

B: Thank you, I really appreciate that. It’s been a tough time for me, and having someone who cares means a lot. (Terima kasih, saya sangat menghargai itu. Ini adalah waktu yang sulit bagi saya, dan memiliki seseorang yang peduli sangat berarti)

A: Of course, you’re important to me. Sometimes talking about what’s bothering us can help alleviate the burden. So, please feel free to share if and when you’re ready. (Tentu saja, Anda penting bagi saya. Terkadang berbicara tentang apa yang mengganggu kita dapat membantu meringankan beban. Jadi, jangan ragu untuk berbagi jika dan kapan Anda siap)

B: I might take you up on that offer. It’s nice to know I have someone who genuinely cares and is willing to listen without judgment. (Saya mungkin menerima tawaran itu. Senang mengetahui bahwa saya memiliki seseorang yang benar-benar peduli dan bersedia mendengarkan tanpa menghakimi)

A: Absolutely, I’m here to support you. Just remember, you don’t have to carry the weight on your own. We can face challenges together. (Tentu saja, saya di sini untuk mendukung Anda. Ingatlah, Anda tidak harus memikul beban sendiri. Kita bisa menghadapi tantangan bersama)

B: Thank you for being such a great friend. Your attention and understanding mean a lot to me. (Terima kasih telah menjadi teman yang baik. Perhatian dan pengertian Anda sangat berarti bagi saya)

A: The feeling is mutual. Friendship is about being there for each other. So, don’t hesitate to reach out whenever you need someone to talk to. I’m here for you. (Perasaan itu saling menguntungkan. Persahabatan adalah tentang berada di sana untuk satu sama lain. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kapan pun Anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara. Aku di sini Untukmu)

B: I won’t forget that. Thanks again for your giving attention and support. It truly means the world to me. (Saya tidak akan melupakan itu. Sekali lagi terima kasih atas perhatian dan dukungannya. Itu benar-benar berarti dunia bagi saya)

A: You’re welcome. Remember, you’re never alone in this journey. We’ll navigate through it together. (Sama-sama. Ingat, Anda tidak pernah sendirian dalam perjalanan ini. Kami akan menavigasi melalui itu bersama-sama)

Demikianlah artikel tentang meminta dan memberikan perhatian. Dengan menguasai ungkapan-ungkapan tersebut, Anda dapat lebih lancar dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here