Awal Kuliah Adalah Awal untuk Berburu Beasiswa Short Course & Student Exchange

0
565
debt.org

Awal kuliah adalah awal kesuksesan kamu untuk lebih berkembang dibandingkan ketika di jenjang SMA. Apa salahnya jika kamu seorang mahasiswa baru dan sedang bersemangat mencari beasiswa? Semakin banyak beasiswa yang ditawarkan dan akan membuat peluang semakin banyak untuk kamu berkesempatan mendapatkannya. Tidak  perlu bingung harus memulainya darimana untuk mencari beasiswa di awal kuliah. Salah satu yang bisa lakukan adalah mendapatkan berbagai informasi beasiswa dari website kampus dan juga media sosial lainnya. Simak Tips mendapatkan beasiswa pada awal kuliah.

1. Cobalah Mulai Sekarang Rajin Cek Website Kampus

Terkadang pada universitas atau perguruan tinggi akan mengumumkan pembukaan beasiswa pada website kampus. Jadi mulai sekarang cobalah untuk sering mengecek informasi beasiswa di sana. Jika kamu memenuhi kriteria yang disebutkan untuk mengajukan beasiswa, jangan ragu untuk segera mendaftarkan diri kamu.

2. Membuat essay

Pada beberapa program beasiswa yang ditawarkan, terkadang ada beberapa beasiswa yang miliki syarat agar penerimanya membuat essai terlebih dahulu. Jadi, mulai sekarang banyak-banyaklah berlatih dan membiasakan diri untuk membuat essai atau karya tulis ilmiah lainnya.

3. Menjalin hubungan yang baik dengan dosen

Sejak menjadi mahasiswa baru, kamu harus berupaya agar mempunyai hubungan yang baik dengan dosen. Hubungan yang baik dalam artian sering berkomunikasi dalam hal studi, berkonsultasi mengenai bayangan skripsi atau proyek yang ingin kamu kerjakan nanti, dan sebagainya. Dari hubungan yang baik tersebut, kamu akan lebih mudah mendapatkan rekomendasi beasiswa dari dosen tersebut. Tidak menutup kemungkinan, kamu juga memiliki kemungkinan bisa mendapatkan informasi beasiswa dari dosen tersebut.

4. Menyiapkan dokumen pendukung

Jika kamu berniat mendaftar beasiswa, biasanya terdapat beberapa dokumen yang selalu diminta oleh pihak penyedia beasiswa, seperti transkrip nilai, slip gaji orangtua, kartu keluarga, serta surat rekomendasi dosen. Jadi persiapkan dokumen tersebut seperti memiliki fotocopy atau salinan dari dokumen-dokumen tersebut. Sehingga jika ada pembukaan beasiswa, kamu dapat langsung mendaftar.

5. Komitmen

Jika kamu siap mendapatkan beasiswa artinya kamu juga harus siap berkomitmen dengan persyaratan yang diberikan. Misalnya, beasiswa akan diberikan dengan perjanjian kamu dapat mempertahankan IPK di semester berikutnya. Sehingga penting untuk mempertahankan IPK agar beasiswamu tidak dicabut. Selain itu, dokumen-dokumen yang telah kamu serahkan juga harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan bukan hasil plagiat.

 

Source: indbeasiswa.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here