Bagaimana Cara Menggunakan Kata Penghubung “which” yang Benar?

200

Kursus Speaking Bandung – Dalam bahasa Inggris, “which” adalah salah satu jenis relative pronoun yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat dan menerangkan noun (kata benda). Kata benda ini bisa berupa manusia, hewan, atau benda. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan cara penggunaan “which” dalam bahasa Inggris:

Mengacu pada subjek yang berupa benda atau hewan: “Which” biasanya digunakan untuk merujuk pada subjek dalam kalimat yang berupa benda atau hewan. Misalnya, “I broke the ballpoint which you lent to me” (Saya merusakkan pena yang kamu pinjamkan kepada saya).

Sebagai subjek dalam suatu kalimat: “Which” juga dapat digunakan sebagai subjek dalam suatu kalimat. 

Contoh

“Which sports do you like?” (Olahraga apa yang kamu sukai?).

Which is your favorite book? (Buku mana yang paling kamu sukai?)

Which of these shirts do you think looks better? (Kemeja mana menurutmu yang terlihat lebih baik?)

Which is the quickest way to the airport? (Jalan mana yang paling cepat ke bandara?)

Which of the movies you’ve seen recently do you recommend? (Film mana yang baru saja kamu tonton dan kamu rekomendasikan?)

Which sounds better, Italian or Chinese for dinner? (Mana yang terdengar lebih baik, makan malam dengan masakan Italia atau Cina?)

Digabungkan dengan preposition (kata depan): “Which” dapat digabungkan dengan preposition seperti “in which”, “of which”, “at which”, “from which”, atau “for which”. Gabungan ini berfungsi sebagai penjelas dalam kalimat. Misalnya, “There are several hotels in which we can stay tonight” (ada beberapa hotel untuk kita menginap malam ini).

Mengacu kepada keseluruhan kalimat: “Which” juga dapat digunakan untuk merujuk kepada keseluruhan kalimat. Misalnya, “We won’t have much time to prepare for the graduation party, which is this week” (kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan pesta kelulusan yang dilakukan pekan ini).

Menanyakan pilihan: Fungsi utama dari “which” adalah untuk menanyakan pilihan. Misalnya, “Which boy do you like?” (anak laki-laki mana yang kamu sukai?).

Penggunaan dengan “is”: Dalam bahasa Inggris, penggunaan kata “which” tidak selalu diikuti dengan “is”. Kata “which” sendiri biasanya digunakan untuk menambahkan informasi yang berkaitan dengan klausa sebelumnya di kalimat yang sama.

 

Harap diingat bahwa penggunaan “which” dalam bahasa Inggris harus selalu memperhatikan konteks kalimatnya.

 

Apa perbedaan antara which dan that?

“which” dan “that” adalah relative pronoun dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat dan menerangkan noun (kata benda). Meskipun  keduanya hampir sama, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara “which” dan “that”:

Penggunaan dalam klausa relatif

“That” hanya bisa digunakan dalam klausa relatif yang sudah jelas sedangkan “which” dapat digunakan baik dalam klausa relatif yang sudah jelas maupun yang belum jelas.

Baca juga Memahami Penggunaan “whose” dengan “who” dalam Bahasa Inggris

Referensi ke subjek

“That” dapat digunakan untuk merujuk pada benda dan juga orang, sedangkan “which” biasanya hanya digunakan untuk merujuk pada benda.

 

Penggunaan dalam kalimat

“That” dalam relative pronoun bisa digunakan untuk menjelaskan suatu objek atau subjek berupa orang dan benda. Sementara “which” hanya bisa digunakan untuk menjelaskan benda saja.

 

Contoh penggunaan “that” dan “which” dalam kalimat

“The book that you gave me is interesting.” (Buku yang kamu berikan padaku menarik.)

“The book, which has a red cover, is interesting.” (Buku tersebut, yang memiliki sampul merah, menarik.)

Dalam contoh pertama, “that” digunakan untuk merujuk pada buku yang spesifik (buku yang kamu berikan padaku). Dalam contoh kedua, “which” digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang buku (buku tersebut memiliki sampul merah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here