Bandung Creative Hub, Wadah Kolaborasi Komunitas Kreatif di Kota Bandung

0
1484
ilustrasi bandung creative hub
sumber : https://bandung.merdeka.com/halo-bandung/pembangunan-bandung-creative-hub-rampung-desember-ini-161206r.html

 

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi memberikan dampak yang besar bagi setiap sektor industri, termasuk industri kreatif. Para pelaku industri kreatif kini memiliki banyak saluran untuk menjual produknya, baik berupa barang maupun jasa.

Hal tersebut lantas mendorong lahirnya komunitas-komunitas kreatif di berbagai kota besar di Indonesia. Kota Bandung salah satunya yang pada tahun 2015 berhasil masuk dalam jaringan kota kreatif UNESCO (UNESCO Creative City Network).

UNESCO Creative City Network sendiri bertujuan untuk mendorong kerjasama internasional antar kota yang berkomitmen investasi pada kreativitas sebagai pendorong pembangunan berkelanjutan, inklusi sosial dan budaya.

Pencapaian Kota Bandung itu tentu tak lepas dari peran komunitas-komunitas kreatif yang ada di dalamnya. dune 3 crack

Pemerintah Kota Bandung juga merespons positif pencapaian tersebut dengan membuat sebuah gedung yang bernama Bandung Creative Hub, tempat berkumpulnya para komunitas kreatif. nexus vst crack

Pada tahun 2017, Bandung Creative Hub diresmikan oleh Wali Kota Bandung pada saat itu yaitu M. Ridwan Kamil dan Wakilnya Ode M. Danial. Alamat Gedung Bandung Creative Hub berada di Jalan Laswi No.7 Kota Bandung.

Keberadaan Bandung Creative Hub dapat mempermudah komunikasi dan kolaborasi antar komunitas kreatif sehingga mampu berkontribusi dalam menggerakkan dan memajukan industri kreatif di Indonesia.

Menurut Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), industri atau ekonomi kreatif terdiri dari 17 sub-sektor antara lain pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fashion, kuliner, film, animasi dan video, fotografi, desain komunikasi visual, televisi dan radio, kriya, periklanan, seni pertunjukkan, penerbitan dan aplikasi. omnisphere 2 crack

Bandung Creative Hub dirancang untuk menjadi wadah pengembangan kreativitas, edukasi dan laboratorium untuk berbagai sektor industri/ekonomi kreatif. Upaya tersebut ditunjang dengan menyediakan sarana dan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas yang dimiliki oleh Bandung Creative Hub terdiri dari co-working space, perpustakaan, auditorium, ruang tari, studio musik, photography space, ruang game dan animasi, ruang kelas jahit dan fashion, ruang aula serta basement.

Jika kamu memiliki komunitas kreatif atau sebagai pelaku industri kreatif kemudian ingin berkegiatan di Bandung Creative Hub, tentu sangat diperbolehkan dengan melakukan pengajuan kegiatan terlebih dahulu kepada pengelolanya yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung.

Semoga dengan adanya Bandung Creative Hub dapat menginspirasi kota-kota lainnya untuk membuat sarana yang serupa sehingga melahirkan kota kreatif baru. Pada akhirnya industri kreatif di Indonesia semakin maju dan perekonomian negara juga terbantu.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
sektor di creavtive hub

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here