Bedah Jurusan Aktuaria Hingga Prospek Kerjanya

332

Kursus Speaking Bandung – Bicara mengenai jurusan perkuliahan, setiap jurusan memiliki prospek kerja yang menjanjikan di bidangnya masing masing. Sama halnya dengan jurusan Aktuaria yang juga mampu memberikan kamu prospek kerja yang menjanjikan di masa mendatang.

Memang sih, jurusan Aktuaria ini tidak sepopuler jurusan hukum, ekonomi, kedokteran atau jurusan lainnya, namun meski demikian bukan berarti jurusan ini tidak mampu memberikan kamu masa depan yang baik di dunia kerja. Nah agar kamu tidak salah menilai jurusan ini, yuk kita bedah jurusan Aktuaria ini hingga ke prospek kerjanya.

 

Mengenal Jurusan Aktuaria

Jurusan Aktuaria merupakan program studi yang berakar dari ilmu matematika, statistika dan keuangan. Selama berada di bangku pendidikan dengan jurusan Aktuaria ini, kamu akan mempelajari mengenai actuarial science, yaitu ilmu yang merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri asuransi, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan, serta industri lainnya.

Jurusan Aktuaria ini kerap disebut sebagai jurusan “Matematika Asuransi” sebab Aktuaria ini akan mempelajari mengenai ilmu tentang asuransi atau ilmu pengelolaan risiko keuangan di masa mendatang. Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan materi pembelajaran yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, statistika, keuangan, matematika, pemrograman komputer hingga data science atau big data.

Dari materi dan fokus mata kuliah dalam pendidikannya dapat disimpulkan jika jurusan ini akan membuat kamu tumbuh menjadi ahli madya asuransi. Maka tidak heran jika banyak lulusan dari jurusan Aktuaria ini bekerja di perusahaan asuransi.

 

Prospek Kerja Aktuaria Paling Menjanjikan

Tidak hanya dapat bekerja di perusahaan asuransi saja, ada banyak prospek kerja yang juga akan terbuka lebar bagi para lulusan jurusan Aktuaria ini. berikut beberapa prospek kerja dari lulusan jurusan Aktuaria.

 

1. Aktuaris

Prospek kerja yang sudah cukup identik dengan lulusan jurusan Aktuaria ini adalah menjadi aktuaris. Dimana di profesi ini kamu akan memiliki tugas untuk menetapkan suatu harga produk keuangan dengan menggunakan tingkatan investasi, mortalita, hingga mobidita.

Untuk masalah gaji, pada posisi ini kamu dapat memperoleh gaji yang berkisaran 4 hingga 7 juta, namun tergantung juga dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

 

2. Auditor

Seorang  auditor ini akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan di berbagai bidang mulai dari pajak, forensik, independen, pemerintah, dan internal auditor. Semua jenis auditor tersebut memegang  kode etik yang tidak berpihak terhadap siapapun. Untuk masalah gaji, di profesi ini kamu dapat  memperoleh gaji yang berkisaran 3 hingga 7 juta yang juga bisa mendapatkan lebih dari itu yang tergantung dari tingkat pengalaman dan profesional kamu bekerja.

 

3. Manajer Investasi

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi manajer investasi. Manajer investasi ini memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan dana nasabah dari berbagai instrumen investasi yang dimulai dari saham, obligasi, hingga reksadana. Tujuan dari seorang manajer investasi ini adalah memberikan keuntungan kepada investor yang bekerja sama dengan mereka.

Baca juga Mengenal Jurusan Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)

4. Akuntan

Prospek kerja selanjutnya yang juga akan menjadi peluang karir bagi kamu para lulusan jurusan Aktuaria adalah menjadi seorang akuntan. Untuk menjadi seorang akuntan, setidaknya kamu memiliki beberapa sertifikat yang mampu menunjukkan bahwa kamu mampu menjadi akuntan yang baik. Sertifikat yang kamu miliki tersebut, nantinya akan menjadi pertimbangan dari tiap perusahaan untuk memberikan kamu posisi yang tepat berdasarkan dengan level kemampuan kamu yang tentunya juga akan mempengaruhi besaran dari gaji yang bisa kamu peroleh nantinya.

Kurang lebih itulah beberapa prospek kerja dari para lulusan jurusan Aktuaria tersebut. nah bagaimana.? Apakah kamu tertarik ingin memilih jurusan ini.? apapun jurusan yang akan kamu pilih nantinya, pastikan jurusan tersebut sesuai dengan minat kau agar proses belajar dapat berjalan dengan lebih menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here