Bedah Jurusan Matematika Hingga Prospek Kerjanya

514

Les Bahasa Inggris di Bandung – Bicara mengenai ilmu matematika, ilmu ini sudah diperkenalkan kepada kita sejak duduk dibangku Sekolah Dasar, dimana matematika merupakan mata pelajaran yang akan mengangkut ke dalam hal hitung hitungan, seperti pengurangan, tambahan, perkalian hingga pembagian. 

Memasuki dunia perkuliahan, ilmu terkait perhitungan atau matematika ini masih dapat dijumpai di jurusan matematika. Lantas apa yang akan dipelajari di bangku perkuliahan dengan jurusan matematika ini, apakah masih seputar pengurangan, tambah, perkalian atau pembagian.? Nah mari kita bedah  secara mendalam mengenai jurusan matematika ini.

 

Sekilas Tentang Jurusan Matematika

Ketika kita di bangku pendidikan yang dimulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, ilmu matematika ini masih membahas seputar perhitungan, seperti perkalian, pembagian, tambah hingga pengurangan. Namun akan tetapi, ketika memasuki ranah perkuliahan, jurusan matematika tidak hanya sekedar metode pembelajaran yang akan mempelajari hal tersebut, melainkan akan mempelajari mengenai tentang angka dan kombinasi antara matematika murni dan terapan. Pada jurusan ini, para mahasiswa akan mempelajari matematika secara lebih mendalam lagi seperti mempelajari seputar aljabar, geometri, statistika, komputasi, aktuaria, hingga matematika diskrit. 

 

Mata Kuliah Jurusan Matematika

Dalam proses pembelajaran kuliah pada jurusan matematika ini, para mahasiswa awalnya akan diperkenalkan dengan materi pembelajaran campuran ilmu matematika murni dan aplikasi. Dimana pada tahap ini kemampuan amasiswa akan diasah secara logika layaknya seperti Algoritma dan Pemrograman.

Jika di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, mungkin anda akan dilatih untuk mencari jawaban atas sebuah soal, namun akan tetapi menginjak bangku perkuliahan, anda akan lebih dilatih untuk mencari dari mana datangnya rumus rumus yang sering  digunakan untuk mencari jawaban ketika di bangku sekolah dulu.

Mungkin anda masih dapat membayangkan betapa sulitnya pelajaran matematika dulu, nah di bangku perkuliahan ini anda pastinya juga akan diasah kembali dalam mempelajari berbagai materi dari ilmu matematika ini. Maka dari itu lah, bagi calon mahasiswa yang ingin masuk jurusan ini, setidaknya senang dengan mengotak atik angka seperti masalah dalam perhitungan.

 

Prospek Kerja Lulusan dari Jurusan Matematika

Bagi anda yang masih penasaran dengan prospek kerja dari lulusan jurusan matematika ini, berikut kami mengulas sekilas gambaran prospek kerja yang dapat  diperoleh oleh seorang lulusan matematika nantinya setelah lulus.

 

Programmer atau Ahli Komputer

Kebanyakan orang berpikir bahwa profesi sebagai seorang programer harus berasal dari jurusan teknik informatika. Nyatanya, seorang lulusan matematika juga dapat menjadi seorang programer, sebab pada dasarnya seorang programer akan dituntut untuk mampu menguasai aljabar dan logika matematika, sebagaimana materi pembelajaran yang telah ditekuni oleh seorang mahasiswa di jurusan matematika ini.

 

Ahli Statistika

Matematika dan statistika merupakan dua ilmu yang serupa namun tidak sama. Namun statistik sangat erat hubungannya dengan matematika. Matematika peminatan statistika mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan statistika terapan dengan melakukan pengolahan dan analisa data. maka dari sinilah seorang lulusan jurusan matematika ini juga dapat bekerja sebagai ahli statistika.

Baca juga Bedah Jurusan Geofisika Hingga Prospek Kerjanya

Tenaga Pengajar

Serang guru pembimbing atau pengajar bukanlah pekerjaan yang hanya dapat dipilih oleh seorang lulusan matematika, namun juga oleh semua jurusan lainnya, karena memang profesi ini sudah menjadi profesi yang cukup lumrah bagi setiap orang di berbagai jurusan dan termasuk juga jurusan matematika.

Selain dari beberapa gambaran prospek kerja tersebut, pastinya masih ada banyak prospek pekerjaan lainnya yang juga dapat menjadi peluang pekerjaan bagi para lulusan kuliah pada jurusan matematika ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here