Bedah Jurusan Teknik Pertambangan yang Memiliki Prospek yang Menjanjikan

387

Kursus Ielts Bandung – Prospek penghasilan dari industri pertambangan memang terkenal menarik. Prospek kerja dari teknik pertambangan saat ini menawarkan penghasilan yang bekisar 4-15 juta per bulannya. Dengan besarnya kisaran pendapatan yang dapat diperoleh dari industri pertambangan tersebutlah yang membuat jurusan ini kerap diidolakan oleh banyak calon mahasiswa. Namun sebelum kamu melangkah lebih jauh untuk mengambil jurusan ini, yuk sebaiknya kita kenalan lebih jauh dengan jurusan teknik pertambangan ini.

 

Apa Itu Jurusan Teknik Pertambangan?

Jurusan teknik pertambangan merupakan ilmu yang mempelajari mengenai proses penggalian dan pengelolaan mineral berharga seperti batubara dari alam dengan penerapan teknologi. Seperti yang kita ketahui, negara kita indonesia ini kaya akan emas, batubara, minyak bumi dan material hasil pertambangan lainnya. Tidak heran jika jurusan yang satu ini cukup populer di indonesia. 

 

Mata Kuliah Di Jurusan Teknik Pertambangan

Ketika kamu menduduki bangku perkuliahan tepatnya di jurusan teknik pertambangan ini, kamu akan menemukan beberapa mata kuliah yang meliputi fisika dan kimia dasar, manajemen eksplorasi, geologi fisik, geologi struktur, pengeboran dan penggalian, kristal dan mineral, mekanika batuan, dan materi materi pembelajaran lainnya yang berhubungan dengan pertambangan.

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Sebagai sarjana lulusan kuliah jursan teknik opertambangan, tentu kamu akan memperoleh prospek kerja yang berkaitan dengan masalah pertambangan. Berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah nanti.

 

Industri Minyak dan Gas Bumi

Prospek kerja dari para lulusan teknik pertambangan yang pertama adalah bekerja di industri minyak dan gas bumi. Umumnya, perusahaan perusahaan yang bergerak di industri minyak dan gas bumi merupakan perusahaan perusahaan besar yang menjadi tempat kerja impian dari banyak orang. 

Sebagai perusahaan besar, tentu kisaran penghasilan atau gaji yang akan kamu dapatkan cukup menjanjikan. Bagi kamu yang bekerja di industri minyak dan gas bumi yang berasal dari jurusan teknik pertambangan ini, kamu akan memiliki tugas untuk mencari sumber-sumber minyak dan gas bumi yang terdapat di bawah permukaan bumi.

 

Konsultan pertambangan

Prospek kerja dari lulusan teknik pertambangan selanjutnya adalah menjadi seorang konsultan pertambangan. Pekerjaan ini paling cocok bagi kamu yang memiliki tingkat keseriusan kerja yang tinggi, sebab memegang profesi sebagai konsultan pertambangan ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Seorang konsultan pertambangan ini akan membantu dalam mengetahui sifat mineral apa yang akan ditambang, apa kegunaannya, dan bagaimana mineral tersebut akan diolah dan dimanfaatkan oleh manusia nantinya.

 

Ahli tambang dan geologi

Sebagai lulusan dari jurusan teknik pertambangan, kamu juga akan memperoleh prospek kerja sebagai ahli tambang dan geologi. Di sini kamu, akan bertanggung jawab dalam melakukan survei lapisan permukaan bumi. Hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi apakah tempat itu cocok untuk menjadi situs pertambangan.

Pemegang profesi ini, kamu akan ditugaskan untuk mendukung proses pertambangan yang ramah lingkungan dan memastikan tingkat keamanan peralatan serta keadaan kerja di area pertambangan. 

Baca juga Mengenal Jurusan Kuliah Oseanografi

Ahli pengeboran bumi

dengan ilmu yang kamu pelajari selama duduk di bangku kuliah dengan jurusan tekhnik pertambangan ini, kamu akan mendapatkan wawasan mengenai metode dan hal hal yang menyakit pengeboran bumi. Berbekal pengetahuan yang kamu pelajari tersebutlah yang akan memberikanmu peluang bekerja menjadi ahli pengeboran bumi.,

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk tahu cara pengoperasian pengeboran yang lebih ekonomis. Untuk masalah gaji dari pekerjaan ini, tentu akan cukup menggiurkan.

Nah bagaimana setelah mengenal lebih jauh mengenai jurusan teknik pertambangan ini.? apakah kamu tertarik ingin menjadikannya sebagai jurusan pilihan kamu di bangku kuliah nanti.? Jika kamu memilih jurusan yang satu ini, pastikan jika kamu sudah dibekali dengan semangat yang tinggi, karena prospek kerja yang akan menjadi pilihan kamu merupakan prospek kerja yang membutuhkan tingkat keahlian yang tinggi dan tidak ada waktu buat kamu main main.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here