Bedah Prospek Kerja dari Jurusan Kuliah Antropologi

403

Kursus Speaking Bandung – Satu harapan dari para calon mahasiswa ketika menentukan jurusan yang akan diambilnya adala mendapatkan prospek kerja yang bagus setelah menyelesaikan pendidikan kuliah nanti. Sebenarnya, semua jurusan kuliah yang tersedia di universitas memiliki projek kerja yang baik di bidangnya masing masing, seperti halnya dengan jurusan Antropologi ini. Memang jurusan Antropologi ini tidak sepopuler jurusan kuliah kedokteran, perawat dan jurusan jurusan lainnya, bukan berarti Antropologi memiliki prospek kerja yang buruk. Nah ingin tau prospek kerja dari jurusan yang  satu ini.? ikuti terus artikel ini sampai selesai.

 

Sekilas Tentang Jurusan Kuliah Antropologi

Antropologi merupakan studi yang mempelajari tentang perilaku manusia mulai dari kebudayaan, hubungan persaudaraan, biologi, hingga mengenai bahasa, musik, seni arsitektur dan jejak atau bekas tempat tinggal manusia. Sederhananya, jurusan ini akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan hidup serta aktivitas dari manusia.

Antropologi terbagi menjadi empat bidang yang cukup luas yaitu antropologi budaya, linguistik, antropologi fisik dan arkeologi. Setiap bidang mengajarkan teori dan keahlian yang berbeda, termasuk metode penelitian yang khas, rumusan dan hipotesis, serta data yang unik.

 

Prospek Kerja Jurusan Antropologi

Berbekal dengan ilmu yang  mempelajari tentang manusia, jurusan Antropologi ini memiliki banyak prospek kerja yang bagus di masa depan nanti. Berikut beberapa prospek kerja dari para lulusan kuliah jurusan Antropologi.

 

1. Ahli Forensik

Prospek kerja pertaa dari luluan jurusan Antropologi adalah menjadi ahli forensik, namun ilmu forensik yang dipelajari oleh para mahasiswa selama kuliah di jurusan Antropologi hanya berfokus pada tulang. Sehingga hanya dapat mengdentifikasi jenis kelamin, umur, tinggi badan, riwayat penyakit dan ekerjaan semasa hidup melalui tulang  yang tersisa.

Meskipun ilmu forensik yang dipelajari mahasiswa kedokteran dan antropologi berbeda, ahli forensik dari antropologi bisa merekonstruksi wajah dan tengkorak dalam 2 atau 3 dimensi.

 

2. Ahli Sejarah dan Museum

Bagi lulusan kuliah jurusan Antropologi juga akan mendapatkan peluang bekerja sebagai ahli sejarah dan museum. Dengan bekal yang dipelajari mengenai sebagian  besar sejarah manusia, seorang lulusan Antropologi ini dapat menjadi ahli sejarah.

Selain dari itu, para lulusan jurusan ini juga dapat bekerja sebagai kurator seni yang bekerja di museum atau di bidang kesenian. Seorang kurator seni ini akan bertanggung jawab atas suatu benda yang memiliki nilai sejarah.

Tugasnya termasuk melakukan pemeriksaan, penelitian, pengumpulan, penyimpanan benda-benda bersejarah hingga pengelolaan pameran benda kesenian tersebut.

 

3. Dosen Antropologi

Sama halnya dengan jurusan  kuliah pada umumnya, dimana lulusan Antropologi ini juga akan memiliki kesempatan untuk menjadi guru pembimbing atau dosen yang mengajarkan seputar ilmu mengenai Antropologi.namun untuk menjadi seorang dosen, setidaknya anda menyelesaikan pendidikan di jenjang S2.

 

4. Pekerja Kemanusiaan

Prospek kerja selanjutnya dari lulusan kuliah jurusan Antropologi adalah sebagai pekerja kemanusiaan. Dimana dalam hal mereka lulusan Antropologi dapat membentuk komunitas atau yayasan dengan tujuan utnuk mengebangkan potensi sumber daya manusia.

Baca juga Mengenal Lebih Dalam Jurusan Kuliah Teknik Elektro

5. Antropolog

Satu prospek kerja yang sudah cukup identik dengan mahasiswa dari lulusan Antropologi ini adalah menjadi seorang Antropolog. Dimana seorang Antropolog ini bertugas memahami dan mengapresiasi manusia sebagai entitas biologi homo sapiens dan makhluk sosial dalam kerangka kerja yang interdisipliner dan komprehensif. Seorang Antropolog ini biasanya akan melakukan penelitian, evaluasi dan menetapkan kebijakan publik.

Selain dari prospek prospek kerja yang telah dijelaskan di atas, pastinya masih ada banyak lagi prospek kerja lainnya yang dapat diperoleh bagi para lulusan jurusan Antropologi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here