Belajar Mengenal Noun Phrase dalam Mempelajari Bahasa Inggris

159

Les Bahasa Inggris di Bandung РDalam mempelajari bahasa Inggris, noun phrase (frasa benda) memiliki peran yang sangat penting. Noun phrase adalah kombinasi kata benda dan kata kata lain yang memperkuat makna benda tersebut. nah, melalui kesempatan  kali ini, kami akan mencoba membahas sekilas mengenai Noun Phrase yang mungkin bisa mempermudah teman teman dalam proses belajar.

 

Kegunaan Noun Phrase dalam Mempelajari Bahasa Inggris

Ada beberapa peran dari Noun Phrase dalam berbahasa inggris dan berikut beberapa diantaranya.

 

Seringkali Berperan sebagai Objek pada Sebuah Kalimat Bahasa Inggris

Noun phrase sering kali berfungsi sebagai objek dalam kalimat bahasa Inggris. Objek adalah unsur kalimat yang menjadi sasaran dari tindakan yang dilakukan oleh subjek. Noun phrase biasanya terletak setelah kata kerja transitif (transitive verb) dalam kalimat, yang memungkinkan subjek melakukan tindakan pada objek tersebut.

Contoh

  1. She reads an interesting book. (Dia membaca buku yang menarik.)
  2. They bought a new car. (Mereka membeli mobil baru.)
  3. The teacher explains the lesson. (Guru tersebut menjelaskan pelajaran.)

Dalam contoh-contoh di atas, noun phrase “an interesting book,” “a new car,” dan “the lesson” berperan sebagai objek karena menerima tindakan dari subjek dalam kalimat.

 

Menyempurnakan Kegiatan Subjek dalam Kalimat Menggunakan Kata Benda

Noun phrase juga berfungsi untuk menyempurnakan kegiatan subjek dalam kalimat dengan memberikan informasi tambahan tentang subjek. Noun phrase yang digunakan untuk tujuan ini seringkali berada di awal kalimat dan dapat berupa kata ganti benda atau kata benda yang spesifik.

Contoh

  1. The talented artist painted a beautiful mural. (Pelukis berbakat itu melukis mural yang indah.)
  2. A diligent student studies diligently. (Seorang murid yang rajin belajar dengan tekun.)
  3. An old man walks slowly. (Seorang pria tua berjalan perlahan.)

 

Dalam contoh-contoh di atas, noun phrase “The talented artist,” “A diligent student,” dan “An old man” memberikan informasi tambahan tentang subjek dan menyempurnakan kegiatan yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat.

 

Rumus Noun phrase

Frasa benda ini berfungsi sebagai sebuah unit yang menyatakan orang, tempat, benda, atau konsep dalam kalimat. Berikut rumus dasar untuk membentuk noun phrase 

[Noun] + [Determiner] + [Adjective] + [Prepositional Phrase] + [Relative Clause]

 

Noun (Kata Benda)

Kata benda atau noun adalah inti utama dari frasa benda dan harus ada dalam noun phrase. Contohnya: book (buku), dog (anjing), house (rumah).

 

Determiner (Penentu)

Determiner adalah kata-kata yang mendahului kata benda dan membantu menentukan atau mengidentifikasi benda yang dimaksud. Contohnya: a, an, the, this, that, my, his, her, our, some, any.

 

Adjective (Kata Sifat)

Kata sifat memberikan informasi tambahan tentang benda yang dimaksud. Adjective dapat ditempatkan sebelum atau sesudah kata benda. Contohnya: beautiful (indah), tall (tinggi), red (merah).

 

Prepositional Phrase (Frasa Preposisi)

Frasa preposisi adalah kelompok kata yang terdiri dari preposisi dan kata benda. Frasa ini memberikan informasi tambahan tentang hubungan antara benda dalam noun phrase dengan unsur lain dalam kalimat. Contohnya: in the box (di dalam kotak), on the table (di atas meja), under the tree (di bawah pohon).

Baca juga Pengertian dan Contoh Kalimat dari Participle Adjective Sebagai Kata Sifat

Relative Clause (Klausa Relatif)

Klausa relatif adalah klausa yang berfungsi sebagai penjelas atau penegas tambahan tentang benda yang dimaksud. Klausa ini diawali dengan kata penghubung seperti who, which, that, whose. Contohnya: The book that I borrowed from the library (Buku yang saya pinjam dari perpustakaan).

Dengan memahami Noun phrase maka pastinya kita akan menjadi lebih mudah dalam merangkai dan membentuk sebuah kalimat dalam bahasa inggris jadi sempurna. Sebagai bagian dari Noun yang menjadi dasar belajar bahasa inggris, sudah menjadi hal yang wajib untuk dipelajari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here