Belajar Pengertian, Rumus dan Contoh dari Future Perfect Tense

271

Les Bahasa Inggris untuk Mahasiswa – Future Perfect Tense merupakan bentuk tata bahasa dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyampaikan suatu tindakan yang akan telah selesai dilakukan di masa depan. Dengan menggabungkan unsur future tense dan perfect tense, bentuk ini memungkinkan kita untuk mengekspresikan kejadian yang sudah terjadi pada waktu tertentu di masa depan.

Misalkan, bayangkan anda akan menyelesaikan presentasi anda hingga esok hari. 

Dalam bahasa Inggris, Anda dapat menggunakan future perfect tense untuk menyampaikan hal tersebut, contohnya seperti ini

By this time tomorrow, I will have finished my presentation. (Pada waktu ini besok, saya akan telah menyelesaikan presentasi saya.)

Dengan demikian, ketika esok hari, anda telah selesai menyelesaikan presentasi anda, bukan sedang dimulai atau proses memulainya. Pada contoh kalimat di atas, merupakan salah satu ciri khas dari future perfect tense adalah penggunaan modal auxiliary verb “will” dan auxiliary verb “have”.

Jadi, jika Anda ingin mengidentifikasi kalimat yang menggunakan future perfect tense suatu saat nanti, Anda dapat melihat apakah kedua kata tersebut ada dalam kalimat.

 

Fungsi dari Future Perfect Tense

Fungsi dari future perfect tense adalah untuk membahas atau memprediksi suatu tindakan yang akan selesai dilakukan pada waktu tertentu di masa depan. Penting untuk dicatat bahwa tindakan tersebut sudah selesai pada waktu yang spesifik yang disebutkan. Oleh karena itu, future perfect tense digunakan ketika ingin menekankan tenggat waktu suatu tindakan yang akan selesai dilakukan di masa depan.

 

Rumus Future Perfect Tense 

[Subject] + will + have + [past participle verb]

Pada rumus ini, kita menggunakan kata kerja bantu “will” diikuti dengan kata kerja bantu “have” dan bentuk kedua (past participle) dari kata kerja utama.

Baca juga Belajar Pengertian, Rumus dan Contoh Continuous Tense

Contoh Penggunaan Rumus Future Perfect Tense

I will have finished my work by 5 p.m. (Saya akan telah menyelesaikan pekerjaan saya pada pukul 5 sore.)

They will have gone home before we arrive. (Mereka akan telah pulang sebelum kita tiba.)

She will have completed her studies by the end of the year. (Dia akan telah menyelesaikan studinya menjelang akhir tahun.)

By tomorrow, he will have traveled to three different cities. (Besok, dia akan telah mengunjungi tiga kota yang berbeda.)

We will have reached our destination by noon. (Kita akan telah mencapai tujuan kita menjelang siang.)

By the time you come back, I will have prepared dinner. (Pada saat kamu kembali, saya akan telah menyiapkan makan malam.)

The team will have won the championship by the end of the season. (Tim tersebut akan telah memenangkan kejuaraan menjelang akhir musim.)

He will have saved enough money to buy a car next month. (Dia akan telah mengumpulkan cukup uang untuk membeli mobil bulan depan.)

By the age of 30, she will have published her first novel. (Pada usia 30 tahun, dia akan telah menerbitkan novel pertamanya.)

They will have finished the construction of the building by next year. (Mereka akan telah menyelesaikan konstruksi bangunan tersebut pada tahun depan.)

Dengan memahami beberapa contoh kalimat dari Future Perfect Tense di atas, pastinya sudah 

Memberikan gambaran yang jelas terkait cara penggunaan serta fungsi dari Future Perfect Tense. Nah semoga melalui penjelasan singkat belajar mengenai Future Perfect Tense tersebut, bisa membantu mempermudah proses belajar anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here