Cara Ampuh Meningkatkan Konsentrasi Dalam Belajar Bahasa Inggris

334

Kampung Inggris Bandung – Meningkatkan konsentrasi sudah menjadi satu hal yang  sangat penting ketika kamu ingin mempelajari sesuatu, termasuk dalam belajar bahasa inggris. Tidak hanya belajar mengikuti tes juga akan membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi guna mendapatkan nilai terbaik dalam mengikuti tes. Nah melalui kesempatan kali ini, kami akan mengajak teman teman untuk melatih tingkat konsentrasi agar jadi lebih baik untuk belajar bahasa inggris, maupun mengikuti berbagai jenis tes bahasa inggris seperti TOEFL.

 

Tips Meningkatkan Konsentrasi Dalam Belajar Bahasa Inggris

Beda halnya dengan melatih kemampuan, melatih konsentrasi ini tidak harus berkaitan dengan materi pembelajaran, namun lebih ke melatih kemampuan otak dan kesehatan fisik. Nah berikut kami punya beberapa tips yang dapat  dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi.

 

Permainan Asah Otak

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan permainan yang dapat mengasah otak seperti TTS dan Catur. Kedua permainan ini akan membuat kamu terus berpikir untuk mencari jawaban dan jalan keluarnya.

Namun jika kamu tidak hobi melakukan permainan tersebut, kamu bisa memilih permainan dalam bentuk digital yang banyak tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone. Dengan memainkan permainan yang dapat mengasah otak ini akan secara perlahan meningkatkan kemampuan kognitif, menguji kemampuan otak dalam hal perhatian dan juga kecepatan.

 

Menghirup Aroma Rosemary

Tidak dapat dipungkiri jika jiwa yang terasa tenang akan membuat konsentrasi dapat lebih meningkat. Nah bagi kamu yang mungkin kerap merasa kurang efektif dalam belajar bahasa inggris karena kurang konsentrasi, maka kamu dapat mencoba metode menghirup aromaterapi.

Namun tidak semua jenis aromaterapi mampu meningkatkan konsentrasi, sebab setiap aromaterapi umumnya memiliki efek yang berbeda beda. Nah untuk jenis aromaterapi yang dapat meningkatkan konsentrasi adalah Aroma Rosemary, Vetiver, Cedarwood, Peppermint, dan Kenanga. 

Maka ketika kamu ingin menerapkan metode meningkatkan konsentrasi dengan menghirup aromaterapi ini, kamu bisa mempertimbangkan memilih jenis jenis aroma tersebut.

 

Meditasi

Sama halnya dengan menghirup aromaterapi, meditasi juga bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk meningkatkan konsentrasi kamu. Namun bedanya, meditasi membutuhkan situasi yang nyaman dan tenang untuk melakukannya. Itulah mengapa ketika kebanyakan orang melakukan meditasi, umumnya akan disertai dengan aromaterapi yang dapat menenangkan pikiran.

 

Latihan Mendengarkan

Tidak hanya sekadar untuk kebutuhan intelektual, konsentrasi ternyata juga dibutuhkan untuk membangun bahkan memperbaiki hubungan. Ketika kamu sedang mendengarkan percakapan dalam bahasa inggris baik secara langsung atau dalam tes listening TOEFL, sebaiknya difokuskan pendengaran kamu terhadap percakapan yang sedang kamu dengar.

Alih alih, pendengaran yang tidak difokuskan pada satu objek akan membuat kamu sulit untuk dapat berkonsentrasi sehingga akan lebih sulit bagi kamu untuk dapat memahami percakapan yang diperdengarkan dalam tes listening.

Baca juga Cara Jadi Mahir Public Speaking dengan Bahasa Inggris

Olahraga

Tidak hanya otak yang butuh olahraga, akan tetapi olahraga fisik juga akan sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi kamu. Dalam program studi  yang melakukan percobaan terhadap seluruh siswanya untuk melakukan kegiatan fisik ringan sebelum menghadapi ujian. Hasilnya daya ingat dan konsentrasi para siswa yang melakukan olahraga meningkat pesat dibandingkan dengan yang tidak melakukan olahraga.

Hal ini dikarenakan sel sel otak akan ikut fokus dan ikut dipanaskan ketika berolahraga. Maka tidak hanya kerja otak saja, hormon endorfin pada tubuh juga dapat dihasilkan ketika berolahraga. Hormon ini memberikan energi positif dan meningkatkan mood baik pada tubuh.

Nah itulah beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin meningkatkan konsentrasi ketika ingin belajar atau ingin mengikuti tes bahasa inggris. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here