Cara Daftar IELTS Online dengan Mudah dan Cepat

189

Les Bahasa Inggris untuk Mahasiswa – IELTS, singkatan dari International English Language Testing System, telah menjadi tolok ukur universal dalam mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi individu di seluruh dunia. Dengan semakin banyaknya permintaan akan sertifikat IELTS untuk tujuan pendidikan, imigrasi, atau pekerjaan, proses pendaftaran untuk tes ini semakin disederhanakan dan ditingkatkan. Artikel ini akan memberikan panduan rinci tentang IELTS, termasuk cara daftar IELTS dan langkah-langkah pendaftaran IELTS online.

 

Pentingnya IELTS

IELTS adalah tes yang sangat diakui secara internasional, digunakan untuk menilai kompetensi bahasa Inggris seseorang. Terdiri dari empat komponen utama, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking, tes ini adalah alat yang vital bagi mereka yang bercita-cita untuk belajar, bekerja, atau berimigrasi ke negara-negara berbahasa Inggris. Oleh karena itu, mengetahui bagaimana cara daftar IELTS merupakan langkah penting menuju perjalanan berbahasa Inggris yang sukses.

 

Materi, Durasi, dan Biaya

Tes IELTS melibatkan empat aspek bahasa Inggris yang berbeda. Bagian Listening memiliki durasi 40 menit, sementara Reading memakan waktu 60 menit, dan Writing serta Speaking masing-masing berdurasi 60 dan 11-14 menit. Total waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh tes adalah sekitar 2 jam 45 menit. Biaya pendaftaran IELTS di Indonesia berkisar antara IDR 2.5 juta hingga IDR 3 juta, tergantung pada lokasi tes dan penyelenggara yang dipilih.

 

Lokasi Tes IELTS di Indonesia

Indonesia menawarkan beberapa pilihan lokasi tes IELTS yang diselenggarakan oleh dua penyelenggara terkemuka, yaitu IDP dan British Council. Beberapa kota tuan rumah tes IELTS di Indonesia meliputi

Jakarta (dengan penyelenggaraan oleh IDP dan British Council)

Bandung (dengan penyelenggaraan oleh IDP dan British Council)

Yogyakarta (dengan penyelenggaraan oleh IDP dan British Council)

Surabaya (dengan penyelenggaraan oleh IDP dan British Council)

Denpasar (dengan penyelenggaraan oleh IDP dan British Council)

 

Proses Pendaftaran IELTS Online

Pendaftaran IELTS online adalah langkah awal yang mudah dan nyaman untuk mempersiapkan diri menghadapi tes berbahasa Inggris ini. Berikut adalah langkah-langkahnya

 

1. Kunjungi Situs Resmi Penyelenggara IELTS

Pertama, kunjungi situs web resmi penyelenggara IELTS, seperti IDP atau British Council, sesuai dengan preferensi Anda.

 

2. Pilih Opsi “Daftar IELTS”

Setelah tiba di situs web penyelenggara, pilih opsi “Daftar IELTS” atau “Register for IELTS.”

 

3. Isi Formulir Pendaftaran

Selanjutnya, lengkapi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang diperlukan. Pastikan Anda memberikan data yang akurat dan lengkap.

 

4. Pilih Lokasi dan Tanggal Tes

Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memilih lokasi dan tanggal tes sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan Anda memilih jadwal yang cocok dengan jadwal Anda.

Baca juga Mengenal Cara Penggunaan Have Been dan Has Been yang Benar

5. Lanjutkan ke Pembayaran

Setelah memilih lokasi dan tanggal tes, Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang berlaku. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Cara daftar IELTS online adalah langkah awal yang mudah dan dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama Anda memiliki akses internet dan perangkat yang sesuai. Dengan memahami pentingnya sertifikasi IELTS dalam mencapai tujuan pendidikan, imigrasi, atau karier, serta dengan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang mudah, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes berbahasa Inggris yang menantang ini. Ingatlah bahwa IELTS adalah kunci menuju pintu kesuksesan berbahasa Inggris, dan dengan persiapan yang baik, Anda dapat mencapai skor yang diinginkan dan mencapai tujuan Anda dengan sukses. Selamat mendaftar dan semoga sukses dalam perjalanan bahasa Inggris Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here