Cara Jadi Mahir Public Speaking dengan Bahasa Inggris

267

Kursus Speaking Bandung – Public speaking atau berbicara di depan umum bukanlah hal yang mudah, apalagi jika hal tersebut dilakukan dengan menggunakan bahasa inggris, pastinya akan membuat kita sedikit lebi canggung dan grogi yang meskipun sudah pandai dan mahir dalam berbahasa inggris.

Banyak orang yang terkadang  sudah pandai dan mahir bahasa inggris namun menjadi kaku ketika berbicara di depan publik. Selain takut salah hal ini juga dapat disebabkan oleh rasa kurang percaya diri. Nah agar public speaking kamu bisa berjalan dengan baik dan lancar, kami punya beberapa tips buat kamu. Seperti apa tipsnya.? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Tips Lancar Public Speaking Bahasa Inggris

Jika kamu merasa grogi akan sebelum naik panggung untuk berbicara, maka hal tersebut sudah menjadi hal yang lumrah terjadi, terutama bagi kamu yang sebelumnya memang belum memiliki pengalaman berbicara di hadapan publik dengan menggunakan bahasa inggris. Nah untuk mempermudah kamu dalam melakukan public speaking, berikut beberapa tips yang  mungkin akan sangat membantu kamu.

 

1. Grogi itu normal

Merasa grogi sebelum ngomong di depan publik merupakan suatu hal yang normal. Orang  yang merasa grogi umumnya orang orang yang ingin tampil baik sebagaimana yang diinginkan pada dirinya sendiri. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa grogi kamu, salah satunya adalah dengan melakukan persiapan yang baik dan matang. Dengan adanya persiapan yang sangat baik, pastinya rasa grogi kamu akan jadi menurun sehingga public speaking kamu akan diamin dapat berjalan dengan mulus.

 

2. Kuasai materi yang akan disampaikan

Sebagai salah  satu persiapan diri, kamu sebaiknya belajar dan menguasai terlebih dahulu terkait materi yang akan disampaikan dalam public speaking kamu. Hal ini bisa kamu lakukan jauh jauh hari sebelum pertunjukkan di depan umum akan dilakukan.

Semakin baik kamu menguasai materi yang akan disampaikan, maka akan semakin mudah buat kamu untuk menjawab pertanyaan yang mungkin akan dilontarkan oleh para audiens dalam proses berlangsungnya acara.

 

3. Cari tahu siapa audiens mu

Sebelum kamu akan tampil, sebaiknya kamu mencari tahu lebih dulu siapa yang  menjadi audiens kamu. Dengan mengenal siapa yang akan menjadi audiens kamu, kamu akan mendapatkan dua keuntungan, yang pertama kamu bisa dengan mudah memilih cara berbicara yang sesuai, dan kedua kamu dapat dengan mudah menebak bagaimana cara berpikirnya audiens kamu nantinya, sehingga kamu sudah memiliki persiapan atas tanggapan dari pertanyaan yang mungkin akan mereka sampaikan di dalam proses acara.

Baca juga Trik Mudah Menguasai Grammar Untuk Mahir Berbahasa Inggris

4. Wajib praktik sebelum tampil

Praktik sebelum tampil menjadi satu hal yang juga cukup penting untuk kamu lakukan. Praktik sebelum tampil ini bisa membantu kamu untuk tampil secara sempurna, karena semakin sering kamu belajar maka akan semakin mudah untuk kamu jadi sosok yang profesional.

Sebelum kamu akan tampil, tidak ada salahnya kamu meminta orang terdekat seperti kerabat, teman atau orang lainnya untuk berperan seakan menjadi audiens kamu. Dengan  begini, rasa grogi yang nantinya akan kamu rasakan ketika akan tampil bisa dikurangi.

Ingat, hal yang paling penting untuk tampil atau public speaking yang baik adalah tergantung dari pengucapan kata atau kalimat dalam menggunakan bahasa inggris. Semakin baik kamu menguasai materi bahasa inggris maka akan semakin besar potensi kamu bisa tampil menjadi yang terbaik.

Dengan menerapkan beberapa tips tersebut pastinya akan lebih mudah bagi kamu untuk dapat tampil dengan baik. Kunci utama menjadi seorang public speaking yang baik adalah percaya diri, karena percuma kamu pandai bahasa inggris apabila kamu tidak percaya diri. Maka dari itu, yakinkan diri kamu jika kamu bisa menjadi yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here