Cara Membaca Jam Menggunakan British dan American Style

0
481

Jam atau waktu adalah salah satu topik penting yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Entah untuk menanyakan ‘pukul berapa sekarang?’, kapan waktu untuk bertemu, atau pukul berapa suatu acara selesai. Kamu penasaran ga sih gimana cara membaca jam dengan menggunakan bahasa inggris?

Untuk membaca jam dalam bahasa inggris kita bisa menggunakan dua cara, yaitu American dan British style. Perbedaan diantara keduanya cukup terlihat. American style nampak lebih mudah untuk diikuti jika dibandingkan dengan British style. Hal ini terjadi karena cara membaca jam versi American hampir mirip dengan orang Indonesia.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu!

1.American Style
Cara membaca jam American style dimulai dari jam lalu ke menit. Persis seperti orang Indonesia. Sebagai contoh, membaca waktu 05.50 di dalam bahasa Indonesia adalah ‘lima lebih lima puluh’. Di dalam American style, 05.50 dibaca five-fifty.

Example:
I left my office at 03.30
Nah, 03.30 disini bisa dibaca Three-thirty.

2. British Style
Setelah mempelajari cara yang mudah, mungkin kamu akan sedikit kaget melihat cara membaca dengan British style. Karena di dalam British style ada beberapa peraturan yang harus kita tahu sebelum kita belajar bagaimana cara membacanya.

Dibawah ini adalah beberapa peraturan yang harus kita tahu agar bisa membaca jam dalam bahasa inggris dengan menggunakan gaya british:

• Sebut menitnya terlebih dahulu, baru jamnya.
Sebagai contoh cara membaca 08.20 dimulai dari menit dua puluh lalu beralih ke angka jam delapan.

• Kita menyebut menit 15 dengan kata ‘quarter’
Apabila kita menemukan menit 15, baik itu ‘kurang 15 menit’ atau ‘lebih 15 menit’, kita bisa mengganti pengucapan ‘fifteen’ dengan ‘quarter’.

• Kita menyebut menit 30 dengan kata ‘half’
Apabila kita menemukan menit 30 kita bisa mengganti pengucapan ‘thirty’ dengan ‘half’. Namun untuk ‘half’ kita hanya bisa menggunakan kata ‘past’, tidak bisa menggunakan ‘to’.

Kurang dari 30 menit maka kita menggunakan ‘past’.

Lebih dari 30 menit, maka kita menggunakan ‘to’.
Kata ‘to’ sendiri memiliki arti ‘menuju’, sehingga angka yang kita sebutkan adalah waktu yang tersisa dari jam yang ada. Sebagai contoh, waktu yang menunjukkan pukul 07.50 di anggap sepuluh menit lagi menuju pukul delapan. Maka dalam british style pukul 07.50 dibaca ‘Ten to eight’.

Example:
It’s 07.23
Dalam British style waktu pukul 07.23 dibaca Twenty-three past seven.
It’s 07.50
Dalam British style waktu pukul 07.50 dibaca Ten to eight.
It’s 07.15

Dalam British style waktu pukul 07.15 dibaca A quarter past seven.
It’s 07.30
Dalam British style waktu pukul 07.30 dibaca Half past seven.

Nah itu dia cara membaca jam dengan menggunakan American dan British style. Sekarang kamu sudah mengerti perbedaan keduanya kan? Habis ini kamu ga akan bingung lagi dehh kalo ditanya ‘What time is it?’ sama orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here