Cara Penggunaan Further dan Farther dalam Bahasa Inggris

255

Les Bahasa Inggris untuk Karyawan – Bahasa Inggris seringkali menyajikan perbedaan subtanstial yang membingungkan, terutama ketika kata-kata yang mirip secara tampilan memiliki makna yang hampir serupa. Salah satu pasangan kata yang kerap membingungkan adalah “further” dan “farther”. Meskipun terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia serupa, kedua kata ini memiliki perbedaan yang signifikan dalam konteks penggunaannya.

 

Further

Pertama-tama, mari bahas kata “further”. Kata ini digunakan untuk menyatakan jarak atau perbedaan yang tidak dapat diukur dengan satuan panjang tertentu. Sebagai contoh, ketika kita berbicara tentang pemikiran seseorang yang lebih jauh ke depan, tidak ada satuan ukur yang dapat menggambarkan sejauh mana pikiran tersebut merentang. Oleh karena itu, dalam hal-hal abstrak seperti pemikiran, ide, atau konsep, “further” digunakan. Misalnya

  • I need further information about the project. (Saya membutuhkan informasi lebih lanjut tentang proyek ini.)

Dalam kalimat ini, “further” digunakan untuk menyatakan kebutuhan akan informasi tambahan atau lebih mendalam mengenai proyek tersebut. Penggunaan “further” menekankan bahwa informasi yang ada saat ini belum mencukupi dan perlu diperluas.

 

  • She wants to further her studies abroad. (Dia ingin melanjutkan studinya ke luar negeri.)

Di sini, “further” mengindikasikan keinginan seseorang untuk melanjutkan studi mereka ke tingkat yang lebih tinggi atau ke lokasi yang lebih jauh, yaitu ke luar negeri.

 

  • The company plans to invest further in renewable energy sources. (Perusahaan berencana untuk berinvestasi lebih lanjut dalam sumber energi terbarukan.)

Dalam kalimat ini, “further” menunjukkan niat perusahaan untuk meningkatkan investasi mereka dalam sumber energi terbarukan ke level yang lebih besar atau mendalam, menunjukkan peningkatan dari investasi sebelumnya.

 

Farther

Di sisi lain, kata “farther” digunakan ketika kita berbicara tentang jarak atau perbedaan yang dapat diukur dengan satuan panjang tertentu seperti kilometer, mil, centimeter, dan sebagainya. Dalam konteks ini, “farther” menggambarkan jarak fisik yang dapat dihitung. Misalnya:

  • The nearest gas station is farther than I thought, about 10 kilometers away. (Pom bensin terdekat lebih jauh dari yang saya kira, sekitar 10 kilometer dari sini.)

Dalam kalimat ini, “farther” digunakan untuk menunjukkan jarak fisik yang dapat diukur antara lokasi saat ini dengan pom bensin terdekat. Penggunaan “farther” menekankan jarak yang dapat dihitung dalam satuan kilometer.

  • The campground is farther from the city center than the beach. (Tempat berkemah ini lebih jauh dari pusat kota dibandingkan dengan pantai.)

Di sini, “farther” digunakan untuk membandingkan dua lokasi fisik (campground dan beach) dan menunjukkan bahwa lokasi kemping berada pada jarak yang lebih jauh dari pusat kota daripada pantai.

Baca juga Perbedaan Live, Life, dan Lives dalam Bahasa Inggris

  • She walked farther into the forest, exploring its depths. (Dia berjalan lebih jauh ke dalam hutan, menjelajahi kedalamannya.)

Dalam kalimat ini, “farther” digunakan untuk menyatakan kedalaman penetrasi atau eksplorasi ke dalam hutan. Kata ini menunjukkan perjalanan fisik yang jauh masuk ke dalam hutan.

Dengan memahami perbedaan subtil antara “further” dan “farther”, Anda dapat menghindari kesalahan umum dalam penggunaan keduanya. Ingatlah bahwa “further” digunakan untuk hal-hal abstrak dan non-materi, sedangkan “farther” digunakan untuk menggambarkan jarak fisik yang dapat diukur. Dengan memahami konteksnya, Anda akan dapat menggunakan kedua kata ini dengan tepat dan efektif dalam komunikasi bahasa Inggris Anda. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami perbedaan antara kedua kata ini dan mengaplikasikannya dengan benar dalam percakapan sehari-hari Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here