Cara yang Efektif dan Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak

307

Les Bahasa Inggris untuk Mahasiswa – Mengajarkan anak belajar bahasa inggris merupakan satu investasi yang sangat baik untuk anak di masa depannya. Sebagaimana seperti yang kita ketahui, bahasa inggris merupakan bahasa terbesar di dunia yang juga menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di berbagai negara sebagai bahasa komunikasi sehari hari.

Maka ketika anak mendapatkan pengajaran atau pendidikan bahasa inggris, maka di saat  itu juga mereka sudah memiliki bekal yang cukup baik untuk masa depannya nanti. Berkemampuan bahasa inggris yang baik akan memberikan peluang yang cukup besar terhadap anak untuk dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri maupun menjenjang karir di luar negeri.

Meskipun anda telah memasukkan anak anda ke sekolah atau les bahasa inggris, peran anda sebagai orang tua untuk mengajarkan anak di rumah juga penting. Ketika anda yang menjadi pendidik atau guru dalam mengajari mereka berbahasa inggris, akan lebih mudah bagi mereka untuk dapat menyerap materi belajar, karena kecanggungan antara anda dengan anak tidak ada, sehingga akan terasa lebih fleksibel. 

 

Cara yang Efektif dan Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak

Untuk memudahkan anda dalam mengajarkan anak belajar bahasa inggris, berikut beberapa tips yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk proses belajar anda bersama dengan anak.

 

Rutin Berbahasa Inggris

Untuk membuat anak akrab dengan kata-kata bahasa Inggris, penting bagi orang tua untuk membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris secara rutin. Anda dapat memulainya dengan membuat sesi khusus untuk belajar bahasa Inggris bersama anak-anak. Pastikan sesi ini menyenangkan karena anak-anak mudah bosan dengan metode pembelajaran yang membosankan. Anda dapat mengajarkan bahasa Inggris melalui bermain, menggunakan kartu kata, atau bahkan bermain game.

 

Jadikan Bahasa Inggris Menyenangkan

Membuat anak senang saat belajar bukanlah hal yang mudah. Untuk mengatasi hal ini, melibatkan mereka dalam permainan adalah cara terbaik untuk mengajarkan bahasa Inggris dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Anda dapat menggunakan permainan seperti scrabble, game di smartphone, atau game lain yang menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan usia anak. Semakin anak tertarik dengan kegiatan tersebut, semakin mudah mereka mengingatnya.

 

Jangan Terlalu Fokus pada Tata Bahasa (Grammar)

Saat mengajarkan bahasa Inggris kepada anak, jangan terlalu memaksakan tata bahasa (grammar). Mulailah dengan memperkenalkan kosakata bahasa Inggris kepada mereka. Jika mereka membuat kesalahan saat berbicara, Anda tidak perlu terus-menerus membenarkannya. Tujuannya adalah untuk membuat anak terbiasa mengekspresikan diri dan tidak kehilangan minat dalam belajar bahasa Inggris.

 

Gunakan Lagu

Tahukah Anda bahwa lagu masih merupakan cara efektif untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak? Lagu adalah cara yang sangat efektif untuk belajar kosakata baru dan memperbaiki pengucapan. Menggunakan lagu dengan tarian juga bagus untuk anak-anak karena mereka dapat mengikuti gerakan meskipun mereka belum bisa menyanyikan lagu tersebut. Tarian tersebut sering menggambarkan makna atau arti dari lagu. Selain itu, irama lagu anak-anak yang mudah diingat akan membuat anak lebih mudah mengingat kata-kata bahasa Inggris.

 

Manfaatkan Situasi Sehari-hari

Memanfaatkan situasi sehari-hari dengan mendeskripsikannya dalam bahasa Inggris akan membuat pembelajaran bahasa menjadi lebih mudah. Hal ini karena anak-anak terbiasa berbicara tentang topik apa pun dalam berbagai situasi sehari-hari.

Baca juga Keuntungan Belajar Bahasa Inggris di Masa Globalisasi

Gunakan Topik yang Disukai Anak

Untuk memudahkan anak mengingat kosakata bahasa Inggris, Anda dapat menyesuaikannya dengan topik yang disukai oleh anak-anak. Hal ini dapat dilakukan melalui menyanyi, membacakan buku cerita, atau mendengarkan lagu. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menggali lebih dalam mengenai minat anak agar dapat mengetahui kegiatan apa yang mereka sukai, sehingga dapat memotivasi minat mereka dalam belajar.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, semoga proses belajar bisa jadi lebih efektif. Hal yang paling penting ketika mengajarkan anak belajar bahasa inggris adalah buat mereka senyaman mungkin, karena anak yang merasa nyaman akan lebih mudah untuk menyerap materi belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here