Correlative Conjunction: Penjelasan dan contohnya!

0
122

Di dalam bahasa inggris terdapat beberapa kata hubung yang memiliki pasangannya masing-masing. Dimana ada kata sambung ini, pasangannya akan turut mengikuti. Hal ini disebut correlative conjuction atau paired conjunction. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk kita bahas sama-sama!

Apa Itu Correlative Conjunction?

Correlative conjunction atau paired conjuntion adalah konjungsi berpasangan yang bertugas menghubungkan dua elemen, entah itu frasa, klausa, atau kata. Dalam hal ini, kedua elemen harus memiliki bentuk yang sama. Apabila satu kata itu adalah sebuah noun, maka kata yang lainnya juga harus sebuah noun.

Penjelasan dan Contoh Correlative Conjunction

Mari kita bahas beberapa bentuk correlative conjunction! Disini kita akan mempelajari cara penjelasan, cara penggunaan, dan contohnya.

  1. Either… or…

Kata Either sudah pasti berpasangan dengan or. Konjungsi yang satu ini dipakai ketika kita ingin menyatakan bahwa kita setuju dengan kedua hal yang disebutkan atau bisa dibilang bahwa keduanya ‘iya’.

Verb yang digunakan dalam konjungsi ini mengikuti subjek terakhir. Perhatikan contoh dibawah ini!

Example:

Either the UK or Australia is the country that I want to be traveled.

Baik UK ataupun Australia keduanya adalah negara yang ingin saya kunjungi.

Either Jacob or his friends are handsome.

Baik Jacob ataupun teman-temannya keduanya tampan.

  1. Neither… nor…

Sebaliknya, neither…nor adalah konjungsi yang menunjukkan bahwa kita menganggap bahwa keduanya adalah sesuatu yang tidak kita setujui atau keduanya ‘tidak’. Verb yang berlaku dalam konjungsi ini pun sama seperti pasangan either…or, yaitu mengikuti subjek terakhirnya.

Example:

Neither Eric nor Kevin is there.

Baik Eric maupun kevin keduanya tidak disana.

He is neither at the office nor home.

Dia tidak ada di kantor maupun di rumah.

  1. Both… and…

Pasangan konjungsi ketiga yang akan kita bahas adalah both…and. Dimana ada both pasti ada and. Pasangan konjungsi ini berguna untuk menyatakan bahwa kedua hal itu adalah sesuatu yang sama.

Tidak seperti neither..nor dan either..or, pasangan konjungsi both…and selalu memiliki verb yang plural. Hal ini terjadi karena kita merujuk keduanya sebagai hal yang sama.

Example:

Both math and English are my favorite subject.

Baik matematika dan matematika adalah pelajar favorit saya.

  1. Not only… but also…

Pasangan konjungsi terakhir yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah not only…but also. Pasangan konjungsi ini digunakan ketika kita ingin menyampaikan informasi tambahan akan sesuatu.

Example:

She is not only trustworthy but also responsible.

Dia tidak hanya dapat dipercaya tapi juga bertanggung jawab.

Itu dia empat pasangan konjungsi yang wajib kamu ketahui. Selain empat contoh diatas masih ada banyak correlative conjunction lainnya. Ayo coba sebutkan di kolom komentar correlative conjunction lainnya yang kamu tahu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here