Daftarkan Dirimu dalam Program Beasiswa LPDP 2021 dan Raih Mimpimu!

0
150

Halo teman-teman semuanya! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga teman-teman dalam keadaan sehat selalu ya!

Teman-teman, siapa diantara kalian yang masih belum mengetahui beasiswa LPDP? Sepertinya hampir seluruh pelajar maupun mahasiswa sudah tidak asing ya dengan program beasiswa tersebut. Program beasiswa LPDP ini merupakan cetusan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang terus dibuka setiap tahunnya.

Adapun prosedur pendaftaran yang harus teman-teman lalui untuk mengikuti program beasiswa LPDP ini adalah sebagai berikut:

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP (klik disini)
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran

Setidaknya ada 8 jenis program beasiswa yang ditawarkan, yang terbagi ke dalam 3 kategori, yakni Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted dan Beasiswa Umum. Beasiswa Afirmasi terdiri dari Beasiswa Berkebutuhan Khusus Difabel, Beasiswa Daerah Afirmasi dan Beasiswa Prasejahtera. Kemudian untuk Beasiswa Targeted terdiri dari Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI serta Beasiswa Kewirausahaan. Sedangkan untuk Beasiswa Umum terdiri dari Beasiwa Reguler, Beasiswa PTUD (Perguruan Tinggi Utama Dunia) dan Beasiswa Co Funding.

Untuk persyaratan hingga cakupan dari setiap jenis program beasiswa yang ditawarkan oleh LPDP ini dapat teman-teman akses secara langsung melalui laman resmi LPDP atau klik disini. Teman-teman dapat membuka dokumen yang tertera di laman tersebut.

Kemudian untuk waktu pendaftaran program beasiswa ini terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang 1 diperuntukkan bagi teman-teman yang sudah memiliki LoA Unconditional, sedangkan gelombang 2 diperuntukan bagi teman-teman yang belum memiliki LoA Unconditional.

LoA Unconditional sendiri merupakan surat resmi dari perguruan tinggi(official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima di perguruan tinggi dengan tanpa persyaratan lagi yang memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta intake studi.

Pendaftaran gelombang 1 akan dibuka mulai dari tanggal 4 Mei 2021 hingga tanggal 1 Juni 2021 untuk Beasiswa Umum, sedangkan untuk Beasiswa Afirmasi dan Targeted dibuka mulai dari tanggal 8 Mei 2021 hingga tanggal 4 Juni 2021. Kemudian untuk pendaftaran gelombang 2 akan dibuka mulai dari tanggal 1 Agustus 2021 hingga tanggal 8 September 2021 untuk semua jenis beasiswa.

Akan ada beberapa tahapan seleksi program LPDP ini, mulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Subtansi Akademik dan Kebangsaan hingga Seleksi Wawancara.

Jika teman-teman tertarik, tunggu apalagi. Segera daftarkan diri teman-teman ya! Semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here