Download Aplikasi Cek Bansos, Cara Agar Bisa Mendaftar Sendiri

25500

Untuk kamu yang mengalami kesulitan dalam mendaftar untuk mendapatkan bantuan sosial, Pemerintah Melalui Kemensos telah meluncurkan sebuah aplikasi yang sangat berguna, yaitu Cek Bansos. Aplikasi ini dapat membantu masyarakat untuk mengecek penyaluran sejumlah bantuan sosial (bansos) serta memiliki fitur baru yang sangat berguna bernama Usul dan Sanggah.

Menu Usul dan Sanggah merupakan terobosan baru dari permasalahan data bansos selama ini, di mana ada warga yang seharusnya mendapatkan bansos namun tidak dapat (exclusion error), atau sebaliknya, ada yang tidak berhak menerima bansos namun malah mendapatkan bantuan (inclusion error). Melalui menu Usul, masyarakat dapat mendaftarkan diri sendiri, tetangga, atau orang lain untuk mendapatkan bansos dengan hanya menyiapkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP.

Untuk menggunakan aplikasi Cek Bansos, masyarakat perlu melakukan pendaftaran dan membuat akun User ID. Pastikan bahwa aplikasi yang diunduh benar-benar dari Kemensos melalui Google Play Store. Setelah mendaftar, masyarakat akan diminta untuk menunggu data-data diverifikasi oleh petugas sebelum dapat mengakses menu pada aplikasi Cek Bansos.

Ada empat menu dalam aplikasi Cek Bansos, yaitu Profil, Cek Bansos, Tanggapan Kelayakan, dan Daftar Usulan. Bila ingin mengusulkan untuk memperoleh bantuan, maka klik Daftar Usulan dan mendaftarkan dirinya, keluarga atau masyarakat lain, atau fakir miskin secara langsung pada tombol Tambah Usulan. Pastikan seluruh data yang diisi sesuai dengan data kependudukan karena sama seperti menu Register dan akan langsung dipadankan dengan data Dukcapil.

Pada menu Pilih Bansos, hanya akan muncul apabila NIK yang diinput ada data dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pendaftar hanya tinggal menunggu saja kelanjutan dari penyaluran bansos tersebut. Semoga aplikasi Cek Bansos dapat menjadi solusi terhadap masalah yang selama ini terjadi dalam setiap penyaluran bansos. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Berikut adalah cara untuk menggunakan aplikasi Cek Bansos Kemensos untuk mendaftar dan mengusulkan bantuan sosial:

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos

Unduh aplikasi Cek Bansos dari Google Play Store pada perangkat seluler Anda. Pastikan bahwa pembuat aplikasi tersebut adalah Kementerian Sosial. Ini penting karena terdapat banyak aplikasi serupa di Google Play Store. Pastikan bahwa aplikasi yang Anda unduh benar-benar berasal dari Kemensos.

Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos >> Ketuk disini

  1. Registrasi

Sebelum dapat menggunakan seluruh fitur dalam aplikasi Cek Bansos, Anda harus terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun User ID. Persiapkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP. Kemudian, isilah sejumlah data seperti nomor KK, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Aplikasi Cek Bansos juga meminta Anda untuk memfoto diri dengan KTP dan mengunggah foto KTP. Setelah mendaftar, isilah kode OTP yang dikirimkan ke email Anda. Tunggulah hingga data-data tersebut diverifikasi oleh petugas.

Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos >> Ketuk disini

  1. Usul dan Sanggah

Di dalam aplikasi Cek Bansos terdapat menu baru bernama Usul dan Sanggah yang sangat berguna bagi warga yang mengalami masalah dalam menerima bantuan sosial. Melalui menu Usul, masyarakat dapat mendaftarkan diri sendiri, keluarga, atau orang lain untuk mendapatkan bantuan sosial. Pengguna aplikasi perlu mempersiapkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP untuk mengajukan usulan. Setelah diusulkan, data akan diverifikasi oleh petugas dan apabila berhasil, pengusul dapat menunggu kelanjutan penyaluran bansos tersebut.

Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos >> Ketuk disini

Penutup

Dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos Kemensos, masyarakat dapat dengan mudah mengecek penyaluran sejumlah bantuan sosial (bansos) dan mengusulkan diri sendiri atau orang lain untuk mendapatkan bantuan tersebut. Pastikan bahwa data yang diisi dalam aplikasi Cek Bansos sesuai dengan data kependudukan karena akan langsung dipadankan dengan data Dukcapil. Semoga aplikasi ini dapat menjadi solusi terhadap masalah yang selama ini terjadi dalam setiap penyaluran bansos. Terima kasih, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here