Ekspresikan Rasa Bahagiamu Dengan Ungkapan Idiom Bahasa Inggris Ini!

0
476

Saat kita merasa bahagia, seringkali kita mengungkapkannya dalam bentuk kata-kata seperti ‘Wah, aku bahagia’ atau ‘Senang sekali rasanya hari ini’, dan kata-kata yang mengeksperikan perasaan bahagia lainnya. Tapi kamu tau ga sih gimana cara mengungkapkan rasa bahagia itu dalam idiom bahasa inggris? Yuk kita bahas satu-satu!

1. Jump For Joy
Jump for Joy arti literalnya melompat untuk kebahagiaan. Istilah ini bisa kamu pake saat kamu ngerasa bahagiaaaa banget. Saking bahagianya sampe kamu tuh serasa melompat-lompat bahagia. Tapi saat kamu mengucapkan ini bukan berarti kamu beneran lagi loncat-loncat yaa.. Ini Cuma istilah pengandaian yang mengekspresikan perasaan bahagia kamu.

Example:
I jump for joy because I can buy the book that I want.
Saya bahagia karena saya bisa membeli buku yang saya inginkan.

2. Over the Moon
Nah kalo kalimat ini secara literal artinya diatas bulan. Istilah pengandaian over the moon memiliki arti perasaan bahagia yang bikin kamu tuh berasa terbang sampe bulan. Tapi sama halnya kayak idiom yang pertama, hal ini ga beneran terjadi ya!

Example:
She was over the moon when she got a job.
Dia sangat bahagia ketika dia mendapatkan pekerjaan.

3. On Cloud Nine
Nah.. kalo kalimat pengandaian on cloud nine ini secara literal artinya di awan kesembilan. Idiom ini serupa dengan idiom di Indonesia yaitu ‘langit ke tujuh’. Pengandaian ini menjelaskan bahwa rasa bahagia kamu itu lagi diposisi maksimal, dimana ga ada satu hal pun yang bakalan merusak kebahagiaan kamu (saking bahagianya yaa).

Example:
I am on cloud nine right now because I can meet my idol.
Saya sangaaat bahagia sekarang karena saya dapat bertemu dengan idola saya.

4. Music to your ears
Idiom yang satu ini secara literal memiliki makna musik di telingamu. Namun, pengandaian ini tidak benar-benar mengungkapkan perasaan seseorang yang mendengarkan musik ya! Istilah ini bisa kamu gunakan saat kamu merasa bahagia karena mendengar seseorang menyanjungmu atau memujimu. Saking senangnya sampai perkataan orang tersebut layaknya alunan musik indah yang kamu dengarr (eaaak).

Example:
My crush’s compliment on me was music to my ears.
Pujiaan gebetanku terhadapmu adalah suatu kebahagiaan yang kudengar.

5. Like a dog with two tails
Idiom yang satu ini memiliki arti secara literal seperti anjing dengan dua ekor. Salah satu cara mengekspresikan bahagia seekor anjing adalah dengan menggerak-gerakan ekornya ke kanan dan ke kiri. Saat anjing menggerakan ekornya, terasa seperti ia memiliki dua ekor. Maka dari itu orang yang enerjik, bahagia, dan sangat antusias di ibaratkan dengan antusiasnya seekor anjing yang sedang menggerak-gerakkan ekornya. Jadi kalau kamu menggunakan idiom ini bukan berarti kamu kayak anjing ya, tapi rasa bahagiamu itu terlihat seantusias saat seekor anjing yang menunjukkan kebahagiaanya.

Example:
I just got a bunch of money. I’m as happy as a dog with two tails.
Aku baru saja mendapatkan segepok duit. Rasanya aku sangat bahagiaa.

Nah itu dia tadi 5 idiom bahasa inggris yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan rasa bahagiamu. Dari kelima kalimat pengandaian ini, mana yang menurutmu paling menarik? Boleh juga sharing di kolom komentar idiom ‘expressing of happiness’ lainnya yang kamu tahu ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here