Expressing Possibility and Impossibility in English (Ungkapan Kemungkinan dan Kepastian dalam Bahasa Inggris)

542

Les Bahasa Inggris di Bandung – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berhadapan dengan situasi di mana kita perlu mengungkapkan apakah suatu hal mungkin terjadi atau tidak mungkin terjadi. Dalam bahasa Inggris, kita menggunakan ekspresi Possibility (kemungkinan) dan Impossibility (kepastian) untuk menyampaikan ide-ide ini. Mungkin Anda masih belum yakin tentang cara mengungkapkan kemungkinan atau ketidakmungkinan ini. Jangan khawatir! Mari kita pelajari bersama-sama cara-cara yang tepat untuk mengungkapkan kemungkinan dan ketidakmungkinan, atau dengan kata lain, menguasai ungkapan Possibility and Impossibility dalam Bahasa Inggris.

 

Expression of Possibility (Ekspresi Kemungkinan)

Ketika kita ingin menyatakan bahwa suatu hal mungkin terjadi, ada beberapa ungkapan yang dapat digunakan. Contoh-contoh ungkapan ini meliputi:

Mungkin (May)

Contoh kalimat

It may rain later this evening, so you might want to bring an umbrella. (Mungkin akan hujan nanti malam ini, jadi kamu mungkin ingin membawa payung.)

They may have forgotten about the meeting; that’s why they are not here yet. (Mereka mungkin sudah lupa tentang pertemuan itu; itulah mengapa mereka belum ada di sini.)

The new technology may revolutionize the way we communicate in the future. (Teknologi baru mungkin akan merevolusi cara kita berkomunikasi di masa depan.)

Bisa Jadi (Might)

Contoh kalimat

She might join us for dinner if she finishes her work on time. (Dia mungkin akan bergabung dengan kami makan malam jika dia menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.)

It might be a good idea to call them to confirm the reservation. (Mungkin ide bagus untuk menelepon mereka untuk mengonfirmasi reservasi.)

Pasti (Certainly)

Contoh kalimat

He certainly knows the answer. (Dia pasti tahu jawabannya.)

 

Mungkin (Possibly)

Contoh kalimat

It’s possible that the flight could be delayed due to bad weather. (Mungkin penerbangan bisa ditunda karena cuaca buruk.)

He could possibly win the competition with his outstanding performance. (Dia mungkin bisa memenangkan kompetisi dengan penampilannya yang luar biasa.)

There’s a chance that she will pass the exam if she studies diligently. (Ada kemungkinan bahwa dia akan lulus ujian jika dia belajar dengan tekun.)

It’s possible for you to achieve your goals if you work hard and stay dedicated. (Mungkin kamu bisa mencapai tujuanmu jika kamu bekerja keras dan tetap berdedikasi.)

He might be the one who took your pen; I saw him near your desk earlier. (Mungkin dia yang mengambil pulpenmu; aku melihatnya dekat meja kamu tadi.)

Baca juga Perbedaan It’s dan Its dalam Konteks Bahasa Inggris

Expression of Impossibility (Ekspresi Kepastian)

Ketika kita ingin menyatakan bahwa suatu hal tidak mungkin terjadi, berikut adalah beberapa ungkapan yang dapat digunakan untuk mengungkapkan ketidakmungkinan

Tidak Mungkin (Impossible)

Contoh kalimat

It is impossible for him to finish the work in one day.

It is impossible to travel faster than the speed of light. (Ini tidak mungkin untuk melakukan perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya.)

It’s impossible for them to have reached the summit without proper equipment. (Mustahil bagi mereka mencapai puncak tanpa peralatan yang tepat.)

Tidak Mungkin (Cannot/Could Not)

Contoh kalimat

She could not have solved the complex math problem without any assistance. (Dia tidak mungkin menyelesaikan masalah matematika kompleks tanpa bantuan apapun.)

He cannot be the culprit; he was with me the entire evening. (Dia tidak bisa menjadi pelaku; dia bersama saya sepanjang malam itu.)

Sangat Tidak Mungkin (Highly Unlikely): Contoh kalimat: It is highly unlikely that he will arrive on time.

Mustahil (Inconceivable)

Contoh kalimat

It is inconceivable that she could have finished the project so quickly. (Sulit dipercaya bahwa dia bisa menyelesaikan proyek begitu cepat.)

Dengan menguasai ekspresi kemungkinan dan ketidakmungkinan ini, kita dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut dengan tepat dalam percakapan sehari-hari maupun dalam bentuk tulisan formal.

Semoga penjelasan ini bermanfaat dalam memperkaya pengetahuan Anda tentang Expressing Possibility and Impossibility dalam Bahasa Inggris. Mari terus belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita bersama-sama!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here