Gimana sih Cara Membedakan In, On, dan At?

0
137

Di dalam bahasa inggris terdapat banyak sekali preposisi. Baik yang menjelaskan posisi, tempat, waktu, dan lain-lain. Namun ada tiga preposisi yang cara penggunaanya sering membingungkan banyak orang. Yaitu preposisi in, on, dan at.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas gimana sih cara membedakan penggunaan in, on, dan at. Kamu penasaran? Yuk kita bahas satu persatu!

Preposisi In

Sebelum ke penjelasan, mari kita lihat dua kalimat dibawah ini:

She lives in Jakarta. (keterangan tempat)

I was born in 1998. (keterangan waktu)

Berdasarkan contoh kalimat diatas, preposisi in digunakan untuk menunjukkan tempat dan waktu yang general.

Ciri-ciri bahwa tempat dan waktu tersebut termasuk kategori yang general atau umum adalah saat kamu menyebutkan tempat tersebut orang akan meminta tempat yang lebih spesifik dari tempat yang kamu sebutkan. Seperti contoh diatas, kamu hanya menyebutkan kota Jakarta. Sedangkan kita tahu bahwa Jakarta itu luas. Namun dalam kalimat tersebut tidak ditunjukkan lebih spesifik jakarta bagian mana. Maka dapat dipastikan Jakarta adalah kategori tempat general. Adapun kategori tempat general lainnya adalah benua, negara, kota, provinsi, dan lain-lain.

Begitupun dengan kalimat kedua, yaitu waktu. Waktu dalam kalimat tersebut tidak dijabarkan secara lengkap, karena hanya tertera tahunnya saja. Nah selain tahun, waktu yang terkategori general antara lain abad, bulan, dan keterangan waktu seperti morning, afternoon, dan evening.

Preposisi On

Sebelum ke penjelasan, mari kita lihat dua kalimat dibawah ini:

She lives on Sudirman street. (keterangan tempat)

I was born on 11th May. (keterangan waktu)

Lain halnya dengan in, preposisi on menunjukkan tempat dan waktu yang sedikit lebih spesifik.

Preposisi on yang menunjukkan tempat seperti kalimat diatas menunjukkan tempat yang lebih spesifik karena ia memberikan keterangan jalan. Selain nama jalan, preposisi on juga digunakan untuk menunjukkan nama pulau, sungai, pantai, dll.

Sementara itu, preposisi on yang menunjukkan waktu terlihat seperti kalimat diatas. Menyebutkan tanggal dan bulan menandakan bahwa kita jadi lebih tahu lagi akan keterangan waktu tersebut. Kategori ini belum termasuk paling rinci dikarenakan belum menyebutkan spesifik menit dan waktu. Namun preposisi on bisa digunakan untuk menunjukkan hari, seperti on Sunday, on Tuesday, dll.

Preposisi At

Sebelum ke penjelasan, mari kita lihat dua kalimat dibawah ini:

She lives at 23rd Sudirman street. (keterangan tempat)

I was born at 9.30 PM. (keterangan waktu)

Preposisi yang terakhir, yaitu preposisi at menunjukkan tempat dan waktu yang paling spesifik diantara on dan in.

Seperti yang terlihat di kalimat pertama, preposisi at menunjukkan tempat yang tak hanya menunjukkan nama jalan, namun beserta nomor rumahnya. Karena nama tempat yang disertai dengan nomor bisa dikategorikan sebagai alamat lengkap. Jadi nanti kalo kamu mau memberikan alamat lengkap rumahmu, maka jangan lupa untuk menggunakan preposisi at, ya!

Tak hanya tempat, preposisi at yang menunjukkan waktu pun menandakan waktu yang paling spesifik. Jika kamu sudah menyebutkan waktu sampai ke jam, menit, dan detiknya, maka gunakanlah at, ya!

Itulah cara membedakan penggunaan in, on, dan at. Sekarang kamu udah ga akan ketuker lagi cara pakenya, kan? Hayo coba kamu bikin contoh kalimat yang menggunakan in, on, dan at di kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here