Ini Dia 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Kota Bandung

0
1000
Ilustrasi kuliah
sumber : freepik/student

Kuliah menjadi salah satu pilihan setiap orang setelah lulus jenjang sekolah menengah atas. Setidaknya 5 dari 10 orang siswa berupaya mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

Memilih antara kuliah di kampus negeri atau swasta selalu menjadi pertimbangan utama para siswa, selain faktor biaya tentunya.

Namun ada satu faktor lain yang tidak kalah penting dalam menentukan kampus mana yang akan dipilih yaitu faktor lokasi. Ya, lokasi kampus juga perlu dipertimbangkan karena beberapa orang lebih memilih kuliah di kota yang dekat dengan tempat tinggalnya meskipun itu kampus swasta.

Akan tetapi, tidak sedikit pula yang memilih merantau ke kota, provinsi bahkan pulau yang berbeda demi mengejar kampus impian.

Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan mengapa kamu harus kuliah di Bandung. Semoga bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Bandung layak kamu pilih sebagai tempat menuntut ilmu dalam dunia perkuliahan.

  1. Banyak kampus top yang berdekatan

Bandung memiliki banyak kampus top yang berdekatan satu sama lain, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Padjajaran ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) diantaranya Telkom University dan Universitas Parahyangan (Unpar).

Kamu dapat mencari teman dari berbagai kampus yang berbeda, apalagi jika aktif dalam kegiatan organisasi atau komunitas, bukan tidak mungkin kamu dapat memiliki jejaring pertemanan yang lebih luas.

Jejaring pertemanan tentu akan bermanfaat untuk kamu sebagai penunjang kegiatan akademik di kampus.

  1. Udaranya yang sejuk

Suasana kampus yang nyaman tentu akan meningkatkan hasrat untuk belajar lebih giat, apalagi lokasi kampus yang kamu pilih memiliki udara yang sejuk.

Bayangkan jika kampus kamu memiliki udara yang panas ditambah banyak tugas, alih-alih fokus belajar, konsentrasimu justru akan buyar.

Tapi tenang, persoalan ini tidak akan terjadi jika kamu kuliah di Bandung yang secara umum memiliki suhu udara yang sejuk, terutama di Bandung Utara.

 

Suhu udara rata-rata di Kota Bandung berkisar antara 21 -23 Derajat Celcius. Ini lebih rendah dibandingkan dengan kota besar lainnya seperti Surabaya dengan suhu rata-rata 27-29 derajat celcius, Yogyakarta 25-27 derajat celcius dan Jakarta 28-30 derajat celcius.

  1. Dukungan ekosistem kreatif

Bandung termasuk salah satu kota kreatif dengan banyak komunitas di dalamnya. Bahkan, pada tahun 2015, UNESCO mengumumkan bahwa Kota Bandung termasuk dalam jaringan kota kreatif dunia.

Keberadaan komunitas-komunitas kreatif di Kota Bandung dapat menjadi opsi untukmu menambah jejaring di luar kampus. Komunitas tersebut terdiri dari beragam sektor mulai dari musik, seni rupa, fotografi, fashion, developer dan lain-lain sehingga kamu dpat memilih komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat.

Ilmu yang kamu dapat dari kampus ditambah dengan up-skilling melalui komunitas kreatif akan sangat bermanfaat ketika kamu masuk dalam dunia kerja atau dunia usaha.

Maka dari itu, dukungan ekosistem kreatif menjadi salah satu alasan kenapa kamu harus kuliah di Kota Bandung.

  1. Sarana pendidikan yang menunjang

Menentukan tempat dimana kita kuliah perlu mempertimbangkan sarana pendidikan yang memadai di luar kampus. Tujuannya sebagai pelengkap apabila sarana dan prasarana kampus memiliki kekurangan.

Perpustakaan, misalnya, kadangkala koleksi buku yang ada di kampus kita kurang lengkap sehingga harus mencari referensi buku di perpustakaan lain. Bayangkan jika kota dimana kampus kamu berada juga tidak memiliki ekosistem perpustakaan yang memadai, mungkin kamu harus menyisihkan uang lebih  banyak untuk membeli buku yang penggunaannya hanya untuk sementara waktu.

Ini tidak akan terjadi di Kota Bandung yang memiliki ratusan perpustakaan, kamu dapat meminjam buku ke kampus tetangga yang berdekatan atau menjadi anggota perpustakaan Kota Bandung. Dengan demikian, kamu tidak akan kekurangan koleksi buku untuk referensi kuliah.

Belum lagi sarana pendidikan lain, seperti co-working space, tempat yang nyaman untukmu belajar secara berkelompok dan juga taman-taman dengan tema tertentu yang edukatif sebagai pengetahuan umum.

Kota Bandung akan membuatmu nyaman untuk belajar dengan sarana pendidikan yang menunjang.

  1. Biaya hidup relatif murah

Terakhir, biaya hidup yang relatif murah. Ya, setidaknya menurut saya biaya hidup di Kota Bandung cukup murah dengan segala ekosistem pendidikan di dalamnya. Memang sih, tidak semurah di Yogyakarta yang terkenal dengan biaya hidup yang rendah.

Biaya untuk keperluan kost-an dan makan sehari-hari masih terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah, kecuali emang gaya hidup kamu yang tinggi, tentu ini tidak bisa menjadi tolak ukur yang pas.

Biaya hidup di Kota Bandung tentu lebih rendah daripada di Jakarta atau Surabaya, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di Kota Bandung. Semoga dapat menjadi pertimbangan buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Semoga diterima di kampus impian ya. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here